loading...
Seperti sama-sama kita ketahui, menatap layar komputer sepanjang hari bisa saja melukai mata. Setiap harinya, semakin banyak dari kita yang mulai berpindah dari layar komputer, ke ponsel, ke TV dan komputer tablet dan terus-menerus, sehingga tidak heran beban mata semakin meningkat. Dan untuk sedikit menjaga mata kita, berikut adalah lima tips yang patut anda lakukan.

"Tips Atasi Kelelehan Mata Akibat Laptop"
Tips Atasi Kelelehan Mata Akibat Laptop

1. Istirahat sejenak.
Berilah diri Anda beberapa menit untuk istirahat, buat mata merasa nyaman, tutup mata Anda, lepas kacamata jika Anda memakainya, bersantai dan tarik napas dalam-dalam. Hanya untuk beberapa menit agar mata Anda benar-benar istirahat.

2. Ketika Anda tiba di rumah, hindari pekerjaan selama beberapa waktu.
Anda telah bekerja dengan layar komputer sepanjang hari, jadi jangan langsung memeriksa email ketika sampai di rumah, atau melihat ponsel Anda atau bahkan membaca, selama sekitar satu jam.

3. Mengubah pencahayaan.
Yang terbaik adalah cahaya lembut yang tidak terlalu terang atau terlalu intens, tetapi masih menyinari dengan pas. Cobalah redupkan cahaya, atau menyalakan lampu kecil, bukan lampu utama. Rasakan bagaimana reaksi mata Anda sesudahnya jangan sampai merusak mata akibat cahaya yang terlalu sedikit atau terlalu banyak.

4. Berkedip.
Kita sedikit berkedip ketika kita sedang melakukan pekerjaan yang intens dan akibatnya, kita jarang sadar bahwa mata kering. Istirahat sejenak akan sangat membantu, begitu juga berkedip, selaraskan mata Anda dan rasakan bagaimana mereka terasa sesudahnya. Jika mata terasa kering, tutuplah mata atau jika masih tidak cukup, gunakan tetes mata.

5. Pijat.
Ketika kita bekerja di depan layar komputer otot dahi kita akan menjadi sangat tegang dan cobalah luangkan beberapa menit memijat kepala, alis dan leher. Jika ada orang yang bisa memijat Anda, itu akan sangat membantu meringankan tekanan.

Saran: Periksa mata setiap tiga tahun sekali, walaupun anda tidak memiliki masalah, karena beberapa penyakit, seperti glaukoma, yang dapat menyebabkan kebutaan, tidak memiliki gejala.
loading...
 
Top