Puisi: Doa Si Kecil (Karya Taufiq Ismail)

Puisi "Doa Si Kecil" karya Taufiq Ismail mengajak kita untuk merenungkan ketulusan dan keinginan anak dalam berdoa. Puisi ini mengungkapkan rasa ....
Doa Si Kecil


Tuhan Yang Maha Kaya
Beri mama kasur tebal di surga

Tuhan Yang Pemurah
Belikan ayah pipa yang indah

Amin.


1963

Sumber: Sajak Ladang Jagung (1973)

Analisis Puisi:
Puisi "Doa Si Kecil" karya Taufiq Ismail menghadirkan ungkapan ketulusan dan keinginan seorang anak dalam berdoa kepada Tuhan. Puisi ini mencerminkan kepolosan dan kejujuran hati seorang anak dalam menyampaikan harapan dan permohonan kepada Sang Pencipta.

Puisi ini dimulai dengan pengakuan bahwa Tuhan adalah Yang Maha Kaya. Dalam doa ini, anak memohon agar ibunya diberikan kasur tebal di surga. Permohonan ini mencerminkan keinginan anak untuk memastikan bahwa ibunya mendapatkan kenyamanan dan kebahagiaan yang sempurna di sisi Tuhan. Anak tersebut menunjukkan kepedulian dan kasih sayang yang tulus terhadap ibunya.

Selanjutnya, anak berdoa kepada Tuhan yang Pemurah, memohon agar ayahnya diberikan pipa yang indah. Permohonan ini mengungkapkan keinginan anak untuk memberikan kebahagiaan dan kepuasan kepada ayahnya. Pipa yang indah mungkin melambangkan keindahan dan kepuasan dalam hal-hal yang disukai atau dihargai oleh ayah.

Puisi ini diakhiri dengan kata "Amin", yang merupakan penutup doa yang umum digunakan untuk mengekspresikan persetujuan dan harapan agar doa dikabulkan.

Puisi "Doa Si Kecil" karya Taufiq Ismail mengajak kita untuk merenungkan ketulusan dan keinginan anak dalam berdoa. Puisi ini mengungkapkan rasa cinta dan perhatian anak terhadap orang tuanya serta keyakinan bahwa Tuhan sebagai Maha Kaya dan Pemurah akan mendengarkan dan mengabulkan doanya.

Melalui kepolosan dan kejujuran hati seorang anak, puisi ini menggambarkan kekuatan dan keindahan dalam doa. Anak dengan tulus menyampaikan permohonan untuk kebahagiaan orang tuanya, memperlihatkan kasih sayang yang tulus dan keinginan untuk memberikan yang terbaik kepada mereka.

Puisi "Doa Si Kecil" mengingatkan kita akan pentingnya menjaga ketulusan dan kepolosan hati dalam berdoa. Puisi ini mengajak kita untuk menghargai dan merenungkan nilai-nilai seperti cinta, kasih sayang, dan kepedulian terhadap orang yang kita cintai dalam doa-doa kita kepada Tuhan.

Puisi Taufiq Ismail
Puisi: Doa Si Kecil
Karya: Taufiq Ismail

Biodata Taufiq Ismail:
  • Taufiq Ismail lahir pada tanggal 25 Juni 1935 di Bukittinggi, Sumatera Barat.
  • Taufiq Ismail adalah salah satu Sastrawan Angkatan '66.
© Sepenuhnya. All rights reserved.