loading...

Apa itu Desktop Window Manager (dwm.exe) ?

Desktop Window Manager adalah Manajer Kompositing Window yang sanggup memberikan efek seperti transparansi, menghidupkan Taskbar Thumbnail, jendela 3D switching, dan beberapa lainnya. Desktop Window Manager ini hanya bekerja pada Windows, baik Windows Vista sampai Windows 8/8.1 (Windows 10 juga).

Desktop Window Manager (dwm.exe)


Terkadang kita berfikir bahwa Desktop Window Manager terlalu banyak menyita memori. Tapi kita masih bertanya, apa gunanya Desktop Window Manager sehingga begitu menguras memori?

Desktop Window Manager biasanya menggunakan 18-50 MB memori. Sebenarnya Memori yang digunakan itu tidak tergantung pada laptop apa yang anda gunakan, tapi sangat bergantung pada berapa jendela yang anda gunakan. Karena setiap jendela tersebut membutuhkan penyangga tersendiri untuk menyimpan isi dari jendela tersebut. Jadi, semakin banyak anda membuka jendela, semakin banyak pula memori yang terkuras.

Saya tidak menyarankan anda mematikan pekerjaan dari DWM tersebut, kecuali anda sedang bermain game dan menggunakan sistem FullScreen, walau sebenarnya tidak begitu berpengaruh dengan kecepatan laptop.

Satu-satunya cara untuk menghentikan proses dari DWM tersebut, adalah gunakan startup dan cari file dwm.exe pada bagian Details. Lalu klik kanan pada file tersebut dan pilih End Task. Itu adalah jika anda ingin mematikannya.
loading...


EmoticonEmoticon