loading...

Tips Untuk Blogger Pemula (Part 1)

Pilih Topik yang ingin anda bagikan
Jangan pernah berfikir untuk membagikan apa saja di dalam blog, karena blog semacam itu akan rumit mencari pengunjung tetap. Hal terbaik yang harus anda lakukan adalah pilih satu topik yang menurut anda sesuai dengan kemampuan anda dalam menulis. Atau setidaknya pilih topik yang selalu bisa mengikuti perkembangan jaman. Misal: Berbagi Tutorial atau Berbagi Tips Kesehatan. Ada beberapa lagi, tapi saya rasa dengan contoh tersebut anda pasti sudah membayangkan beberapa topik lainnya.

Jangan Copy Paste
Terlihat tidak penting, tapi dampaknya sangat buruk di mata google. Lagi pula untuk apa membuat blog kalau hanya untuk Copy sana Copy sini? Hal buruk yang bisa saja terjadi adalah anda akan terkena pasal "Hak Cipta" (jika ada korban yang menggugat). Jangan berpikir anda tidak akan ketahuan, sekarang ini google sudah punya situs untuk mengecek artikel copy paste dan situs untuk melaporkan jika ketahuan. Jadi, itulah alasan saya mengapa anda harus memilih topik yang sesuai dengan kemampuan anda, agar anda terhindar dari kehabisan ide.

Buatlah Artikel yang 100% Unik (berbeda)
Untuk membuat artikel yang 100% unik sekarang ini sangatlah mudah, karena setelah anda menulis artikel? Anda bisa langsung melakukan cek apakah hasil tulis anda 100% unik atau tidak. Dan jika pun anda tidak bisa membuat artikel 100% unik, saran saya silahkan buat setidaknya 85% unik.

Mulailah mempromosikan blog ke dalam Forum
Jika anda ingin memiliki pengunjung, maka hal ini wajib anda lakukan. Tidak mungkin anda membuat blog hanya untuk menulis dan membaca sendiri, bukan? Jadi, mulailah mempromosikan blog anda di forum-forum terbaik, silahkan cari forum yang sesuai dengan untuk blog anda. Cukup banyak Forum yang bisa anda pilih (jika anda memilih). Dan untuk saran dari saya, promosikan saja di Facebook (Grup) atau G+. Itu juga cukup membantu untuk beberapa pembahasan.

Membuat Backlink berkualitas
Jika anda ingin membuat backlink, maka buatlah backlink yang berkualitas. Karena backlink yang tidak berkualitas akan banyak efeknya. Maksud dari backlink berkualitas adalah, backlink dari situs yang berkualitas tinggi atau setidaknya dari situs yang satu topik dengan blog anda. Jika blog anda berbagi topik "Tutorial" maka backlink berkualitas yang saya maksud adalah berasal dari situs "Tutorial" pula.

Sekedar Info: Jika anda tidak bisa membuat backlink yang banyak, maka setidaknya buatlah backlink yang berkualitas. Dan jika anda kurang paham tentang backlink silahkan cari tau di google.

"Tips Untuk Blogger Pemula"

Teratur (konsisten) dalam hal update artikel
Tidak hanya memilih satu topik saja untuk menjadi artikel blog, tapi juga harus teratur. Misalnya anda merasa mampu berbagi 4 artikel dalam satu minggu, maka berbagilah dengan konsisten tiap minggu 4 artikel. Saran saya buatlah artikel satu hari setidaknya satu artikel. Dengan begitu, para pengunjung blog anda pun akan singgah setiap hari untuk membaca artikel harian anda.

Lakukan Ping setiap kali anda berbagi artikel
Fungsi dari ping artikel adalah agar artikel yang baru saja anda bagikan tersebut terdaftar di search engine. Walaupun ping artikel itu memiliki fungsi yang baik, tapi jangan pernah melakukannya terlalu sering, karena jika terlalu sering akan dianggap SPAM oleh google. Dan saran saya, lakukan ping setiap kali anda memperbaharui artikel saja.

Follow blog/situs yang satu topik dengan anda
Jika anda terlalu fokus pada blog anda, maka saya sarankan untuk mengikuti blog atau situs yang satu topik dengan anda. Itu akan membuat anda menambah inspirasi dalam menulis artikel.

Secara keseluruhan, tips ini akan berguna untuk semua blogger. Baik yang sudah terlalu senior atau untuk yang baru memulai. Dan yang perlu anda ingat, jangan pernah meremehkan hal kecil, karena dalam pembahasan blogger, biasanya hal kecil sangat sering berdampak serius.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

9 comments

loading...
loading...