loading...

Cara Matikan Klik Kanan pada Desktop Laptop

Cara Matikan Klik Kanan pada Desktop Laptop - Apakah anda benar-benar ingin menjadikan Laptop anda sebagai laptop anti Klik Kanan? Jika niat anda sudah kuat, sebaiknya bookmark dulu artikel ini. Untuk antisipasi, agar jika nantinya anda lupa cara memperbaikinya kembali, anda masih bisa membaca kembali. Karena sedikit saja kesalahan, bisa saja menjadi petaka tersendiri bagi anda.

Tutorial kali ini adalah salah satu cara untuk mempercantik layar desktop laptop, agar tidak bisa diotak-atik oleh teman, adik, atau mungkin siapa saja yang sering memakai laptop anda. Siapa tau diantara sekian banyak yang memegang laptop, ada yang iseng mengubah pengaturan pada layar anda. Nah, jika anda ingin mematikan Klik Kanan seperti yang akan kita bahas ini, tentu saja bisa mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang seperti demikian itu.

Yang akan kita bahas bukanlah hal Ilegal, jadi anda tidak perlu khawatir. Pengaturan ini menamakan diri Registry Editor yang sudah tertanam di Windows anda untuk menyimpan segala macam pengaturan di dalam laptop. Seperti yang pernah kita bahas pada pembahasan Cara menghapus Panah Pada Shortcut beberapa hari yang lalu. Anda hanya perlu sedikit teliti dalam hal mempraktekkan tutorial ini.

Perlu diketahui: sistem kerja "anti klik kanan" ini berfungsi pada dua (2) tempat saja, yaitu di Layar Desktop dan Windows Explorer, tidak di tempat lain. Berikut tutorialnya:

Cara Matikan Klik Kanan pada Desktop Laptop
  • Buka Aplikasi Run di laptop anda (Cara cepat: Tekan tombol Windows+R).
  • Di sana, ketik saja "regedit", lalu tekan OK.
"Cara Matikan Klik Kanan pada Desktop Laptop"
  • Tiba di Registry Editor, langsung menuju pada key:
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer
  • Jika sudah, silahkan klik kanan, dan buat "new registry" dengan "Data Type": REG_DWORD (DWORD)
"Cara Matikan Klik Kanan pada Desktop Laptop"
  • Kemudian ubah "Value Name" menjadi: NoViewContextMenu
"Cara Matikan Klik Kanan pada Desktop Laptop"
  • Kemudian Klik kanan pada D_Word (NoViewContextMenu), pilih "Modifi..." dan ubah "Value data" menjadi: angka 1, kemudian klik OK
"Cara Matikan Klik Kanan pada Desktop Laptop"
(0=disebled, 1=enabled)
  • Kemudian silahkan disimpan.
  • Untuk melihat hasilnya silahkan Restart Laptop anda terlebih dahulu.
  • Selesai.

Dan jika anda ingin mengembalikan lagi, anda hanya perlu mengulangi semua langkah di atas, namun ganti bagian "Data Value" menjadi Enabled (0= disebled, 1=enabled). Sekali lagi saya ingatkan, berhati-hatilah ketika bermain dengan "Registry Editor", jangan otak-atik pengaturan yang ada di sana. Karena semua pengaturan di sana adalah pengaturan laptop anda. Silahkan ditanya jika kurang mengerti, tutorial ini berfungsi untuk semua Windows.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 comments

loading...
loading...