loading...

Menjaga Kolom Komentar blog dari SPAM

SPAM adalah sebuah kata yang erat kaitannya dengan blogger. Dan yang perlu anda ketahui, salah satu alasan mengapa SPAM erat kaitannya dengan blogger adalah karena kolom komentar blog. Mengapa demikian? Karena komentar blog bukanlah hasil tulis tangan kita, melainkan tulis tangan orang lain. Dan tentunya setiap orang berbeda-beda dalam memfungsikan kolom komentar mereka.

Beberapa orang profesional memfungsikan kolom komentar blog sebagai sarana simpan link (backlink). Hal tersebut bisa anda cegah dengan membaca tutorial ini sampai habis. Saya rasa saya tidak perlu menjelaskan apa fungsi dari backlink.

Cara mencegah SPAM di kolom komentar

1. Aktifkan Catcha pada kolom komentar blog. Dengan demikian, auto komentar tidak akan bisa bekerja pada blog anda.

2. Aktifkan Moderasi pada kolom komentar. Dengan demikian semua komentar bisa anda saring dulu sebelum anda terbitkan. Hal ini terkadang membuat para komentator agak malas, namun tetap saja mereka tidak akan marah jika komentarnya disaring.

Nah, dua hal di atas saya rasa sudah sangat lebih dari cukup untuk menjaga komentar anda bebas dari SPAM. Selengkapnya, cara mengaktifkan Catcha dan Moderasi pada kolom komentar blog:
  • Buka akun blogger anda.
  • Kemudian langsung menuju bagian Setelan > Pos dan Komentar.
"Menjaga Kolom Komentar blog dari SPAM"
  • Pada bagian Moderasi silahkan anda pilih Selalu.
  • Pada bagian Verifikasi Kata silahkan anda pilih Ya.
  • Kemudian simpan.
  • Selesai.
Semoga tutorial singkat ini mudah untuk dimengerti. Dan untuk melengkapi tulisan saya yang satu ini, saya sudah menyiapkan satu lagi tulisan saya yang berjudul Cara menghapus Name/URL pada kolom komentar Blog. Tujuan dari tulisan tersebut hampir sama dengan tulisan ini, yaitu untuk menghindari kolom komentar dari link yang bisa saja menjadi SPAM. Selamat mencoba!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

35 comments

loading...
loading...