loading...
Anchor Text bukan satu-satunya yang perlu kita kuasai untuk menjadikan blog kita berkualitas SEO, namun tetap saja merupakan salah satu yang sangat perlu diperhatikan. Baik, kita artikan dulu apa itu Anchor Text?

Anchor Text (Anchor Tesk) adalah tulisan yang terlihat di sebuah link (backlink) yang kita buat. Contoh Sepenuhnya Ganteng. Jika kita melakukan klik pada tulisan tersebut, kita akan diarahkan pada sebuah situs tujuan. Kita akan menyebut situs yang diarahkan tersebut sebagai link, dan tulisan Sepenuhnya Ganteng adalah Anchor Teks.

"Cara Membuat Anchor Text yang baik"

Selanjutnya, kita akan membahas cara penggunaan yang baik terhadap Anchor Text tersebut.

Baik itu Dofollow atau Nofollow? Anchor Text tetap akan diperhitungkan keberadaannya. Memang ada beberapa pendapat tentang baik tidaknya dofollow dan nofollow, namun semua blogger masih tetap berpendapat kedua link tersebut dapat memberi dampak positif, walau Dofollow jelas lebih baik dibanding Nofollow, namun saya tidak menyarankan anda untuk tidak menggunakan yang nofollow (selama anda tau cara menggunakannya dengan baik).

Cara membuat Anchor Text di dalam Blog Sendiri
Membuat tulisan bersambung atau artikel yang saling berkaitan adalah salah satu hal yang membuat blog kita disinggahi pengunjung dalam waktu yang sedikit lebih lama. Namun yang perlu diperhatikan dalam membuat tulisan berkesinambungan tersebut adalah, jangan pernah membuat Anchor Text dengan tulisan sejenis "klik Di sini". Anchor Text yang seperti itu tidak ada dampak apa pun di mata search engine untuk perhitungan SEO. Jadi, hal terbaik yang harus anda lakukan, setidaknya buatlah Anchor Text dengan keyword (kata kunci) yang tepat untuk artikel terkait tersebut, misalnya Tips Untuk Blogger (Part 1). Dengan demikian, link tersebut akan memberikan  energi linkjuice (dampak positif untuk artikel anda) di mata Mesin Pencari.

Cara Membuat Anchor Text Yang Baik Untuk Backlink
Seperti halnya seperti membangun Anchor Text di dalam blog sendiri, untuk membuat Achor Teks di luar blog (baclink) pun sangat perlu diperhatikan. Terkadang kita berkomentar di dalam blog orang lain dengan hanya membuat backlink tanpa memperhatikan kebaikan dari backlink itu sendiri. Hal tersebut tidak berarti apa-apa untuk Optimasi SEO blog anda. Format Anchor Text yang harus anda hindari adalah tulisan sejenis "silahkan kunjungi artikel saya". Dalam hal ini saya sarankan, buatlah Anchor Text seperti halnya dalam pembahasan di atas.

Kesimpulannya:
Hal yang perlu dituliskan dalam membuat Anchor Text adalah kata kunci (keyword) yang tepat untuk situs atau artikel yang dituju (bukan sekedar kata-kata saja). Misalnya judul artikel anda "Menjaga Kolom Komentar Blog dari SPAM", maka buatlah Anchor Text setidaknya seperti judul artikel tersebut "Menjaga Kolom Komentar blog dari SPAM". Atau dengan keyword yang sangat anda harapkan, misalnya "Menjaga Blog Dari SPAM". Pada dasarnya kedua Anchor Text tersebut memang mengarah pada artikel yang sama, namun yang perlu diperhatikan adalah, keyword dari artikel bukan hanya sekedar kata.

Kelebihan yang anda dapatkan dalam menggunakan Anchor Text dengan baik adalah, artikel yang anda targetkan akan semakin baik di mata search engine (mesin pencari). Sebenarnya memang banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk Optimasi SEO. Jadi, mulailah dari hal kecil dan membiasakan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk menjadi bahan kajian!

Post a Comment

  1. Wah, bermanfaat sekali artikel ini gan apalagi untuk newbie seperti ane. Lanjutkan gan

    ReplyDelete
  2. wah begitu caranya sangat mudah

    ReplyDelete
  3. Tips yang bermanfaat ni... Share tips lainnya gan

    ReplyDelete
  4. wah bermanfaat nih artikelnya :D
    saya coba di blog saya gan :D

    ReplyDelete
  5. Gan anchor text itu harus ya? Artikel ane kebanyakan gak ada anchor text nya

    ReplyDelete
  6. artikelnya bagus , supaya artikel cepat ke index

    ReplyDelete
  7. owh jadi begitu ok makasih gan :D ditunggu di lasida dot co

    ReplyDelete
  8. kira kira bagusan ditaruh di depan postingan atau di tengah tengah postingan mas anchor text ini ? mohon bantuannya masta

    ReplyDelete
  9. sebenarnya dengan menggunakannya saja sudah cukup bagus (dimana pun itu).
    tapi fokus yang ingin saya sampaikan adalah cara penggunaannya (baik tempat atau penulisan). jika bagus cara menggunakannya, maka dimana pun tempatnya akan tetap berdampak bagus :)

    ReplyDelete
  10. thanks infonya :D bisa coba nih

    ReplyDelete
  11. Anchor text sama dengan link tulisan biru kan gan ? hehe newbie blog gan soalnya, nice post gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas... sorry kalau penjelasannya kurang jelas.

      Delete
  12. oh seperti ituu, siap di coba ini mah, thanks infonya

    ReplyDelete
  13. wah nice info gan,,,
    slama ini cuma sering denger tp ga tau cara nya

    ReplyDelete
  14. newbie datang, berkat postingan ini ilmu saya bisa bertambah tentang SEO. thanks pak udah berbagi :D

    ReplyDelete
  15. Maksih gan...
    Sangat berguna sekali untuk tambah wawasan belajar SEO...

    ReplyDelete
  16. Makasi udah dishare yah. sangat bermanfaat buat saya lohh.

    ReplyDelete
  17. bener tuh gan, kata kunci juga harus tepat, tapi keseringan buat judul itu panjang bingit, hehe

    ReplyDelete
  18. Anchor text memang penting banget sob, makasih informasinya

    ReplyDelete
  19. siph gan akan ane buat referensi deh :D . . . ..

    ReplyDelete
  20. menarik buat bahan referensi sob, terimakasih ya

    ReplyDelete
  21. selama ini ane msih sulit menentukan anchor text yg baik untuk seo, makasih sharenya gan

    ReplyDelete
  22. lho mas, bukannya narok link hidup di kolom komentar itu ga boleh? yg dimaksud anchor text di kolom komentar tu yg warna biru itu kan? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, maksud saya membuat "anchor text" di dalam komentar itu artinya ketika kita berkomentar menggunakan "Name/URL". Dan itu bukan hal yang dilarang (syarat dan ketentuan berlaku). Dan terlebih, jika kita berkomentar menggunakan "Name/URL" itu dilarang, maka blogger tidak akan membuat yang namanya kolom komentar "Name/URL".

      Delete
  23. Oi mas bro, sudah aku jawab alasan nya kenapa terjadi index di google dua kali dari keyword ini "Cara membuat Anchor text yang baik Untuk SEO" coba kamu cek lagi di bersosial.com. Jangan lupa di hapus link nya, semakin banyak link /?m=1 semakin menurun kualitas artikel kamu. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, terimakasih banyak mas, sudah capek-capek mampir cuma buat ngingatin saya...
      terimakasih banyak (y)

      Delete

loading...
 
Top