loading...

Cara Membuat Anchor Text Yang Baik (Untuk SEO)

Anchor Text bukan satu-satunya yang perlu kita kuasai untuk menjadikan blog kita berkualitas SEO, namun tetap saja merupakan salah satu yang sangat perlu diperhatikan. Baik, kita artikan dulu apa itu Anchor Text?

Anchor Text (Anchor Tesk) adalah tulisan yang terlihat di sebuah link (backlink) yang kita buat. Contoh Sepenuhnya Ganteng. Jika kita melakukan klik pada tulisan tersebut, kita akan diarahkan pada sebuah situs tujuan. Kita akan menyebut situs yang diarahkan tersebut sebagai link, dan tulisan Sepenuhnya Ganteng adalah Anchor Teks.

"Cara Membuat Anchor Text yang baik"

Selanjutnya, kita akan membahas cara penggunaan yang baik terhadap Anchor Text tersebut.

Baik itu Dofollow atau Nofollow? Anchor Text tetap akan diperhitungkan keberadaannya. Memang ada beberapa pendapat tentang baik tidaknya dofollow dan nofollow, namun semua blogger masih tetap berpendapat kedua link tersebut dapat memberi dampak positif, walau Dofollow jelas lebih baik dibanding Nofollow, namun saya tidak menyarankan anda untuk tidak menggunakan yang nofollow (selama anda tau cara menggunakannya dengan baik).

Cara membuat Anchor Text di dalam Blog Sendiri
Membuat tulisan bersambung atau artikel yang saling berkaitan adalah salah satu hal yang membuat blog kita disinggahi pengunjung dalam waktu yang sedikit lebih lama. Namun yang perlu diperhatikan dalam membuat tulisan berkesinambungan tersebut adalah, jangan pernah membuat Anchor Text dengan tulisan sejenis "klik Di sini". Anchor Text yang seperti itu tidak ada dampak apa pun di mata search engine untuk perhitungan SEO. Jadi, hal terbaik yang harus anda lakukan, setidaknya buatlah Anchor Text dengan keyword (kata kunci) yang tepat untuk artikel terkait tersebut, misalnya Tips Untuk Blogger (Part 1). Dengan demikian, link tersebut akan memberikan  energi linkjuice (dampak positif untuk artikel anda) di mata Mesin Pencari.

Cara Membuat Anchor Text Yang Baik Untuk Backlink
Seperti halnya seperti membangun Anchor Text di dalam blog sendiri, untuk membuat Achor Teks di luar blog (baclink) pun sangat perlu diperhatikan. Terkadang kita berkomentar di dalam blog orang lain dengan hanya membuat backlink tanpa memperhatikan kebaikan dari backlink itu sendiri. Hal tersebut tidak berarti apa-apa untuk Optimasi SEO blog anda. Format Anchor Text yang harus anda hindari adalah tulisan sejenis "silahkan kunjungi artikel saya". Dalam hal ini saya sarankan, buatlah Anchor Text seperti halnya dalam pembahasan di atas.

Kesimpulannya:
Hal yang perlu dituliskan dalam membuat Anchor Text adalah kata kunci (keyword) yang tepat untuk situs atau artikel yang dituju (bukan sekedar kata-kata saja). Misalnya judul artikel anda "Menjaga Kolom Komentar Blog dari SPAM", maka buatlah Anchor Text setidaknya seperti judul artikel tersebut "Menjaga Kolom Komentar blog dari SPAM". Atau dengan keyword yang sangat anda harapkan, misalnya "Menjaga Blog Dari SPAM". Pada dasarnya kedua Anchor Text tersebut memang mengarah pada artikel yang sama, namun yang perlu diperhatikan adalah, keyword dari artikel bukan hanya sekedar kata.

Kelebihan yang anda dapatkan dalam menggunakan Anchor Text dengan baik adalah, artikel yang anda targetkan akan semakin baik di mata search engine (mesin pencari). Sebenarnya memang banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk Optimasi SEO. Jadi, mulailah dari hal kecil dan membiasakan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk menjadi bahan kajian!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

31 comments

loading...
loading...