loading...

Menghapus Name/URL Di Komentar Blog

Sebelum beranjak terlalu jauh menuju pembahasan, kita bahas sedikit apa bahayanya kolom komentar Name/Url. Kolom komentar Name/Url adalah tempat yang biasanya digunakan Para Blogger untuk menyimpan link mereka di blog orang lain atau sering disebut dengan backlink.

Dengan mengaktifkan Komentar Name/URL di komentar blog, blog anda akan menjadi sarana simpan link bagi Para Komentator dari blog lain. Dampak baiknya adalah blog anda akan sering disinggahi Para Komentator tersebut. Namun dampak buruknya adalah blog anda akan buruk di mata google atau search engine lainnya (kita bahas lain kali).

Jadi sebelum terlalu terlambat, anda bisa memulai dari sekarang untuk menghilangkan yang namanya kolom komentar Name/Url. Dan selain Kolom komentar tersebut anda juga harus menghilangkan kolom komentar Anonymous, yang juga sering difungsikan untuk hal tersebut. Yang pastinya, untuk menghilangkan kedua kolom komentar tersebut, akan saya bahas lengkap dalam tutorial kali ini.

Cara Menghapus Kolom Komentar Name/URL dan Komentar Anonymous.
  • Buka akun blogger anda.
  • Kemudian langsung menuju bagian Setelan dan pilih setelan post dan komentar.
"menghapus komentar Name/Url"

Ada empat (4) pilihan di sana. Perhatikan gambar di atas.

Pilihan Pertama: Semua Orang
Itu artinya anda membebaskan siapa saja berkomentar di dalam blog anda, termasuk "Anonymus" dan "Name/Url".

Pilihan Kedua: Pengguna Terdaftar
Itu artinya anda melarang "Anonymus" dan "Name/Url" untuk berkomentar, karena kedua pilihan tersebut bukanlah openID.

Pilihan Ketiga: Pengguna Akun Google
Itu artinya anda hanya membolehkan pengguna "Google Plus" yang memberi komentar pada blog anda. Saya rasa pilihan ini terlalu berlebihan.

Pilihan keempat: Hanya anggota Blog ini
Itu artinya anda melarang siapapun untuk berkomentar, kecuali anda sendiri dan anggota blog anda (pengikut). Saya rasa ini bagian yang bukan keinginan anda.

Kesimpulannya, untuk menghilangkan kolom komentar "Anonymus" dan "Name/Url", anda harus memilih pilihan selain Pilihan pertama. Saya sarankan anda untuk memilih pilihan kedua. Namun tetap, pilihan masih ada ditangan anda.

Dan sekarang, apakah komentar blog kita sudah aman? Jawabannya belum. Ada beberapa lagi yang harus anda lakukan agar blog anda bebas dari SPAM dan link tersebut, saya menyarankan anda untuk membaca tulisan ini: Menjaga Kolom Komentar blog dari SPAM
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

9 comments

loading...
loading...