loading...

Apa Itu Client Server Runtime Process?

Client Server Runtime Prosess atau csrss.exe adalah komponen Windows NT dari Sistem Operasi yang menyediakan sisi modus pengguna subsystem Win32 dan termasuk juga ke dalam Windows 2000 hingga versi seterusnya. Karena sebagian besar operasi subsystem Win32 telah dipindahkan ke driver kernel mode pada Windows NT 4 hingga Windows seterusnya, (sebut saja) CSRSS terutama bertanggung jawab untuk penanganan konsol Win32 dan GUI shutdown. Hal ini penting untuk sistem operasi. Oleh karena itu, mematikan proses ini akan menghasilkan kegagalan pada sistem. Dalam keadaan normal, CSRSS tidak dapat dihentikan dengan perintah taskkill atau juga dengan Task Manager, meskipun bisa saja dilakukan pada Windows Vista jika Task Manager dijalankan dalam mode Administrator.
"Apa Itu Client Server Runtime Process?"
Pada Windows 7 dan seterusnya, Task Manager akan memberitahukan pengguna bahwa mematikan proses akan menghasilkan kegagalan sistem, dan meminta jika mereka untuk terus menggunakannya. Beberapa email tipuan mengklaim bahwa csrss.exe adalah virus yang telah dikonfirmasi oleh Microsoft, hingga kemudian para pengguna harus menghentikan segera. Hal ini jelas benar-benar akan menyebabkan kegagalan sistem dan akan membuat laptop menampilkan layar biru saja (tidak bisa dijalankan).

Fungsi CSRSS:
CSRSS berjalan sebagai user-mode layanan sistem. Ketika user-mode melakukan proses memanggil fungsi yang melibatkan jendela konsol, proses/pembuatan benang, atau dukungan side-by-side, bukannya mengeluarkan system call, perpustakaan Win32 (kernel32.dll, user32.dll, gdi32.dll) mengirim panggilan antar-proses untuk proses CSRSS yang melakukan sebagian besar pekerjaan yang sebenarnya tanpa mengorbankan kernel. Jendela manajer dan layanan GDI ditangani oleh kernel mode driver (win32k.sys) sebagai gantinya.

CSRSS sendiri berjalan beserta dengan winlogon.exe pada start-up Windows. Jika salah satu file rusak atau tidak dapat diakses, kernel NT akan menutup proses start-up dengan Tampilan Biru pada layar laptop. Hal ini disebabkan oleh kegagalan untuk keluar dari mode kernel sampai ke User-mode. Kode untuk Kesalahan ini adalah: 0XC000021A.

Sejarah Client Server Runtime Process
Windows NT seri 3.x rilis dalam komponen "Graphics Device" antarmuka di CSRSS, tapi kemudian pindah ke mode kernel dengan Windows NT 4.0 untuk meningkatkan kinerja grafis. Proses start-up Windows telah berubah secara signifikan sejak Windows Vista.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

10 comments

loading...
loading...