loading...

Mengapa Artikel Tidak muncul Di Search Engine?

Mengapa artikel saya tidak muncul di search Engine? Pertanyaan usang dan masih sangat sering dipertanyakan, semakin bertambahnya tahun, semakin bertambah pula manusia (blogger) yang mempertanyakan masalah ini (sangat tidak bisa dipungkiri).

Bertambah hari tentu saja bertambah juga orang-orang yang berminat untuk mendaftarkan diri di blogger, untuk sekedar hobi atau mungkin tujuan finansial. Dan dengan semakin banyaknya pendaftar baru, tentu saja semakin sengit juga persaingan untuk membuat artikel berada di atas pencarian Mesin Pencarian (SERP), baik itu Google, Bing, dan sebagainya.

Permasalahan dasar yang akan saya terangkan pertama kali adalah, bagaimana caranya agar artikel setidaknya dideteksi oleh mesin pencarian. Mari menyimak...

Cara Agar Tulisan Kita Muncul Di Mesin Pencarian
  1. Hal pertama dan sangat paling utama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan blog anda ke Mesin Pencarian (caranya? Silahkan baca di sini: Cara daftar blog ke semua Search Engine).
  2. Kemudian submit blog anda ke webmaster. (Caranya? Silahkan baca di sini: Cara mendaftar dan Panduan Webmaster).
  3. Langkah selanjutnya adalah lakukan ping untuk setiap artikel yang baru saja anda buat. Perlu diingat!!! Ping memang perlu dilakukan untuk mempercepat indeks, tapi dilarang berlebihan. Sebaiknya lakukan hanya sekali dalam sehari. Saya kasih cara mudah untuk melakukan Ping Otomatis secara bersamaan ke semua Mesin Pencarian). Masuk ke Pingler.com dan isi semua data yang diperlukan (saya rasa semuanya sudah mengerti cara memasukkan data), dan jika sudah diisi, langsung lakukan PING!.
Jika sudah melakukan 3 hal yang saya anjurkan di atas, sekarang masuk ke tahap pembuktian, apakah tulisan saya sudah berada  di pencarian google atau belum? Silahkan ikuti langkah berikut ini berikut...

Cara Melihat Apakah Tulisan Kita Sudah Muncul Di Mesin Pencarian
  • Masuk ke google.
  • Kemudian tulis salah satu judul tulisan anda di Pencarian Google. Contoh lihat gambar:
"Mengapa Artikel Tidak muncul Di Search Engine?"
  • Jika dengan memasukkan judul tulisan, namun tulisan anda tidak muncul? Silahkan cari sampai ke Halaman 2 Google. Dan jika memang tidak muncul juga? Silahkan anda ganti dengan memasukkan Link/URL tulisan anda tersebut. Contoh lihat gambar:
"Mengapa Artikel Tidak muncul Di Search Engine?"
  • Jika anda sudah memasukkan URL tulisan anda? Sudah pasti tulisan anda akan terlihat di Mesin Pencarian. Hal itu sedikit membuktikan bahwa tulisan anda bukan tulisan yang berada di Halaman Atas Mesin Pencarian. Hal yang demikian itu penyebabnya cukup banyak. Hal itu sudah saya bahas di tulisan saya yang lain.
Jika sudah melakukan 3 langkah di atas namun tulisan anda masih tidak terdeteksi? Maka sekarang kita masuk ke judul pembahasan artikel ini.

Mengapa Artikel Saya Tidak muncul Di Search Engine?

1. Blog Anda Mengandung Virus.
Untuk anda yang terlalu sering melakukan otak-atik widget, sebaiknya gunakan widget yang sudah disediakan oleh pihak blogger. Karena widget yang tersebar begitu banyak di internet tidak pernah bisa menutup kemungkinan bahwa tidak disisipkan virus di dalamnya. Jadi, saya sarankan anda untuk lebih berhati-hati dalam hal memilih template anda. Hal ini juga berlaku untuk jalur iklan yang anda pilih.

2. Pengaruh Google Sandbox
Jika anda terkena dampak dari Google Sandbox, maka itu berarti anda sudah melakukan kesalahan fatal. Memang banyak yang melakukan kesalahan fatal, namun tidak terkena dampak (itu hanya masalah waktu saja). Dampak dari Google Sandbox (atau sering disebut Google Penalti) itu sendiri harus anda atasi sedari dini; dimana ketika anda pertama kali mendaftar blog dan sampai seterusnya. Semua itu bisa anda pelajari di dalam ketentuan blogger (tidak mungkin saya bahas di sini).

3. Kalah Bersaing dengan Blog Lain
Kalah Bersaing itu sebenarnya tidak berarti bahwa tulisan anda tidak muncul; hanya saja tulisan anda berada di urutan bawah Mesin Pencarian. Saya tidak memiliki tips jitu untuk urusan ini, karena setiap pakar pun memiliki pendapat yang berbeda-beda. Saya hanya menyarankan untuk setidaknya buatlah tulisan yang benar-benar unik (jadi anda tidak perlu bersaing? 😀). Dan kalau pun anda ingin bersaing, maka bersainglah dengan sehat, bidik Kata Kunci (Keyword) yang mampu anda kuasai.

4. Duplikat Konten/Tulisan
Saya sangat tidak suka dengan orang yang suka copy paste (begitu juga google). Saya rasa hal ini tidak perlu kita bahas lagi, lagi pula sudah sangat sering saya ungkit di dalam tulisan saya yang lain. Tulisan semacam ini bisa masuk ke dalam pembahasan Google Penalti yang sudah saya bahas di atas. Hal semacam ini sangat perlu anda hindari.

5. Perubahan Algoritma Mesin Pencarian
Mengapa tidak ada tips jitu untuk membuat artikel selalu berada di Halaman Atas Mesin Pencarian? Ya, salah satu alasannya adalah karena Algoritma Mesin Pencarian selalu berubah-ubah setiap waktu. Jadi, jika bulan ini tulisan anda berada di halaman atas mesin pencarian, belum tentu bulan depan akan berada di sana. Bisa saja tulisan anda di tendang atau dikeluarkan dari Mesin Pencarian. Hal itu karena memang algoritma google selalu berubah-rubah setiap saat.

Nah, sekarang saya serahkan kepada anda untuk menjawab pertanyaan mengapa artikel saya tidak muncul di search engine? Namun sekali lagi, jika ada kesalahan di dalam penulisan saya atau memang ada yang tidak anda mengerti, silahkan anda tanyakan di kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

59 comments