Terlalu banyak memang yang berbicara tentang backlink, namun tetap saja ada yang bertanya apa itu backlink? Dan hal itulah yang ingin saya perjelas lagi dalam pembahasan kali ini, dengan penyampaian yang tentunya berdasarkan versi saya.

Apa itu backlink? Backlink adalah spanduk iklan untuk blog dengan tujuan untuk mencari peminat blog kita (iklan promosi); baik itu di dalam blog kita sendiri, di dalam blog orang lain, di dalam template, di dalam widget, di dalam posting, di dalam komentar, atau dimana pun itu. Yang pastinya iklan (backlink) tersebut berisikan link yang mengarah ke blog kita. Namun perlu digarisbawahi, yang disebut backlink itu bukan iklan dari luar internet, tapi iklan yang berada di dalam jaringan internet.

Berdasarkan bentuk dan cara membuatnya, backlink dibedakan menjadi: dofollow, nofollow, live link, link di balik gambar dan beberapa lainnya.

"Membahas Tentang Backlink"

Apa itu Link Dofollow? Dofollow adalah link (backlink) yang bersifat memberi dampak (baik dan buruk) terhadap sebuah blog atau situs. Setiap Link Dofollow yang anda buat, akan dilakukan crawl (perayapan) oleh Google Spider. Dimana nantinya akan berdampak pada posisi (SERP) di dalam Search Engine. Fungsi dari backlink adalah untuk menguatkan identitas (dan kualitas) dari pada blog.

Misalnya anda membuat sebuah link merujuk ke blog teman anda, maka Google Spider (yang bertugas merayap) akan masuk ke dalam link yang anda buat tersebut. Google Spider akan melacak, apakah link tersebut searah dengan topik yang anda tuliskan? Atau bertentangan dengan tulisan anda? Dan sebagainya.

Hal tersebut nantinya akan berdampak kepada perangkingan blog dan juga urutan artikel (SERP) anda di search engine. Jadi jika anda peduli dengan kualitas blog anda, maka berhati-hatilah dengan link dofollow.

Apa itu Link Nofollow? Nofollow adalah link yang kita perintahkan kepada search engine untuk tidak dirayapi (atau untuk tidak dipedulikan). Cara membuatnya adalah dengan menambah rel=nofollow pada link yang kita buat tersebut. Hal ini saya anjurkan, apabila anda ingin membuat sebuah link ke situs jorok.

Memang benar Link Dofollow adalah link yang memberi dampak terhadap blog kita, namun jangan pernah meremehkan kekuatan link nofollow. Karena jika terlalu banyak link dofollow yang anda buat tanpa ada sedikitpun link nofollow, hal tersebut juga akan membuat google menganggap blog anda sebagai SPAM.

Google sendiri suka dengan keseimbangan, dimana dalam hal ini, google mengharapkan agar blog anda menyeimbangkan backlink dofollow dan nofollow. Persentasenya 70% untuk dofollow dan 30% untuk nofollow. Sebenarnya itu bukan patokan resmi, hanya saja setidaknya berpatoklah pada patokan itu, untuk menyeimbangkan backlink anda.


Dimana seharusnya baclink ditempatkan?
Jika anda mengerti apa itu iklan, maka anda pasti mengerti dimana seharusnya menaruh iklan. Jangan terfokus bahwa iklan harus ditempatkan di tempat iklan, karena kenyataannya iklan sekarang ini ada dimana-mana (bahkan di dalam komentar Facebook). Jadi saya rasa, anda pasti sangat mengerti cara untuk mempromosikan blog seoptimal mungkin.

Logikanya adalah, backlink di dalam posting lebih memungkinkan untuk banyak dilihat pengunjung jika dibanding dengan backlink yang hanya berada di dalam kolom komentar. Jadi, silahkan tetap mengutamakan backlink tersebut untuk website anda.

Tempat yang baik untuk iklan (backlink).
Iklan di dalam komentar Facebook hanya untuk mencari pengunjung yang bersifat sementara, namun masih tetap dalam kategori backlink. Garis besarnya adalah kita bisa saja menaruh iklan dimana saja. Namun BACKLINK Yang baik bukan backlink yang asal-asalan. Berikut rekomendasi tempat menaruh backlink yang baik:
  • Di situs dofollow - situs dofollow semakin banyak saja menyebar, karena blog dofollow memang mudah mendapat pengunjung (terutama dari golongan blogger). Jadi, gunakanlah kesempatan untuk berkomentar di dalam blog yang dofollow (namun perhatikan juga kualitas blog tersebut).
  • Di Situs .Edu - situs ini sangat susah ditemukan dan jika ditemukan sangat sulit mendapatkan backlink di sana. Tapi backlink dari situs .Edu sangat tinggi kualitasnya (menurut saya).
  • Di situs yang memiliki PR tinggi - blog yang memiliki PR tinggi biasanya juga memiliki kualitas pengunjung yang terjamin tinggi (walau tidak semuanya). Jadi mulailah rajin mengomentari situs-situs tersebut (walau sekedar memuji karya si penulis).
  • Di situs yang memiliki PA tinggi - Sama saja dengan kualitas PR, hanya saja di sini kita berbicara tentang kualitas link. Karena biasanya sebuah situs yang memiliki PA tinggi juga memiliki backlink yang tinggi. Mendapat backlink dari situs tersebut tentu juga akan membuat Rank blog kita menjadi semakin baik.
  • Di Forum Diskusi - ada banyak forum diskusi, silahkan anda cari sendiri (saran saya: bersosial.com). Buatlah tulisan (Thread) berkualitas dengan harapan banyak akan mendapat banyak pembaca. Dan tentu jangan lupa menaruh backlink anda di dalam tulisan tersebut (baca juga: Forum Diskusi Yang menyediakan Signature).
  • Di Yahoo Ask - tentu saja dengan menjawab pertanyaan yang ada di yahoo ask. Saya rasa semua dari anda pasti sudah mengerti bagaimana caranya.
  • Di Sosial Media seperti Facebook dan GooglePlus - sangat banyak Sosial Media yang menyebar, jadi manfaatkan itu untuk backlink (di profil akun anda).
  • Di dalam E-book - Hal ini sering dilakukan blogger senior (yang sudah mengeluarkan E-book). E-book yang dianggap backlink adalah E-book dalam format.PDF, karena google mampu membaca file dengan format.PDF. Sedangkan E-book dalam format.Exe tidak bisa dibaca oleh google, jadi tidak dianggap sebagai backlink, melainkan dianggap sebagai iklan biasa saja.
Demikianlah beberapa yang bisa saya sajikan dalam pembahasan kali iniMohon maaf tidak bisa saya tulis se-lengkap-lengkapnya (karena artikel ini pun saya tulis dalam waktu yang singkat). Jadi, jika memang ada yang tidak dimengerti, silahkan ditanyakan di kolom komentar saja! Terima kasih sudah membaca!

Post A Comment:

137 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mantap banget bang... yang yahoo aku belom pernah nyoba.. hehe

    BalasHapus
  3. Tukar link juga bisa jadi sarana backlink

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi-lagi ya, selama itu adalah spanduk iklan untuk maka tetap dinamakan backlink. masukan anda sangat tepat untuk menjadi bahan renungan.

      Hapus
    2. yahh yang penting komennya jangan nice inpo aja hehhehehe

      Hapus
    3. sebenarnya itu masalah yang tidak bisa dihilangkan, entah bagaimanapun itu, sungguh memprihatinkan. Lihat saja dalam artikel ini sebagai contohnya :(

      Hapus
    4. sabar yah gan... untung blog ane sepi komentar hehehehehe

      Hapus
  4. Makasih gan, infonya sangat menambah wawasan Blogger pemula spt saya..

    BalasHapus
  5. gimana pendapat anda dengan membeli backlink gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. backlink yang baik itu harus teratur, misalnya anda menyiapkan backlink per hari sekitar 10 atau berapa lah.Jadi usahain aja sebagaimana anda sanggup. dan jika membeli backlink? maka backlink sudah pasti tidak akan teratur. misalnya anda di beri 1000 backlink pada hari ini dan esoknya sudah pasti kosong. itu namanya tidak teratur. dan seperti sama-sama kita tau google itu suka dengan sesuatu yang konsisten.

      sebenarnya hal ini bukan untuk di percayai, karena setiap Ahli SEO itu selalu berbeda pendapat (dan terlebih, saya bukanlah ahli SEO).

      Hapus
  6. Wah manfaat banget ini artikel,jadi makin tau sama si backlink

    BalasHapus
  7. lumayan nih buat belajar , saya baru belajar ngeblog

    BalasHapus
  8. wah makasih gan infonya soalnya saya belum terlalu ngrti soal backlink ini

    BalasHapus
  9. bisa ningkatin traffic juga ya dari backlink :D

    BalasHapus
  10. Wah, saya baru tau kalo e-book bisa buat backlink, makasih gan :)

    BalasHapus
  11. saya mau tanya kalo tukar backlink apakah bagus bagi blog ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika yang mas maksud adalah link timbal balik, maka jawaban saya "bagus untuk traffik, tapi hindari saja link semacam ini. karena tidak baik di mata google"

      Hapus
  12. Wah sangat bermanfaat bagi pemula nih gan thanks ya

    BalasHapus
  13. Bnyk bljr dri tulisan ini. Mks gan..

    BalasHapus
  14. saya lebih suka backlink yang di dalam ebook tuh :D

    BalasHapus
  15. mksh gan info nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. mohon bantuannya tentang backlink gan, maklum ane masih newbie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa pembahasan di atas sudah saya sederhana-kan agar para pemula mudah mengerti. silahkan di baca-baca lagi, kalau memang masih tidak di mengerti silahkan di tanyakan, apa yang tidak di mengerti? :)

      Hapus
  17. nambah wawasan ni gan, sangat membantu.. jadi semngat bikin artikel gini

    BalasHapus
  18. Makasih pencerahannya.. Mungkin sangat bermanfaat buat yang belum tau. :D

    BalasHapus
  19. Wah sangat bermanfaat sekali penjelasannya, thanks gan..

    BalasHapus
  20. hehe bermanfaat gan. yg terpenting jangan memasang backlink di kolom komentar itu udah nyepam namanya :D

    BalasHapus
  21. Baru tau ane bos, makasih bos infonya, keren

    BalasHapus
  22. mau tanya blog baru aman gak disisipi backlink yg banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu di ingat : ini bukan tentang boleh tidaknya atau aman tidaknya, tapi tentang baik tidaknya.

      kalau untuk 3 bulan pertama sebaiknya fokus-kan dulu dalam hal perbanyak artikel. setelah itu baru persiapkan backlink. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk homepage, tapi juga untuk setiap artikel.

      dan sedikit tambahan:
      kalau tadinya sudah 3 bulan atau setidaknya 6 bulan (dan sudah menerapkan SEO wajib) namun tetap tidak ada visitor dari google engine. sebaiknya hapus saja blog anda, karena blog semacam ini akan sangat susah bersaing.

      sebenarnya sangat luas yang ingin saya jelaskan, tapi tidak mungkin kan saya jelaskan di kolom komentar.

      Hapus
  23. sangat bermanfaat gan,, mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  24. siap gan, thanks pengetahuannya :)

    BalasHapus
  25. Pembahasan yg simpel tapi bermakna. Nice post gan

    BalasHapus
  26. terima kasih informasinya. berarti harus lebih pinter lagi kalo ada yang ngajak tuker link :3

    BalasHapus
  27. Memang mas menurut saya juga backlink juga sangat lah penting sekali untuk blog .
    apalagi jika blog tersebut adalah dofollow tetapi hati-hati jika blog di ubah menjadi dofollow karena pengalaman saya ketika pernah merubah blog menjadi dofollow yaitu blog tidak terindek di mesin pencari . dan juga kalau berkomentar di blog dofollow hati-hati jangan terlalu serin.. oh ya salam kenal ya mas ini kunjungan pertama saya kesini semoga kita semakin dekat ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah akibat dari kurang hati-hati (kadang kurang pengetahuan).
      salam kenal kembali dari saya mas :)

      Hapus
  28. sangat membantu tapi lebih enakan yang alami

    BalasHapus
  29. oo jadi backlink banyak banget manfaatnya yah,thank's infonya

    BalasHapus
  30. Mau tanya Mas Arif, kalau pasang backlink super banyak, apa perlu dikasih shorterner URL terlebih dulu pada saat pasang backlink tersebut? Biar gak dicurigai Google sebagai spam? Mohon penjelasannya, tengkyu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. backlink yang banyak itu tidak masalah, yang masalah adalah backlink yang tidak teratur. misalnya hari ini dapat 1000 backlink dan besoknya tidak ada sama sekali. nah itu baru masalah. kalau keseringan seperti ini maka google tidak akan lagi memperhitungkan blog mas di google search (kalau soal di banned atau tidak itu hanyalah masalah waktu).

      Saran saya: Gunakan saja "shorterner URL" jika backlink di tempatkan pada blog terlarang (misalnya blog porno).

      Hapus
  31. kegunaan baclink apa sih ane udh ada baclink tpi gk ngaruh apa apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kegunaan backlink itu untuk meningkatkan rank (peringkat) blog mas. secara gamblangnya untuk membuktikan bahwa blog kita populer maka kita harus membuat backlink (namun tetap harus perhatikan kualitas dari setiap backlink itu sendiri).

      Hapus
    2. kalau soal pengaruhnya dari backlink itu sendiri, hanyalah masalah waktu.

      Hapus
  32. wah bisa dipraktekkan gan, mantepp

    BalasHapus
  33. sangat bermanfaat gan, lanjutkan

    BalasHapus
  34. wah gan nambah ilmu nih mantap dah keep posting

    BalasHapus
  35. ane sering tempel blog ane di forum2 gan . hehehhee

    BalasHapus
  36. baru tau backlink ada di ebook.. oh gitu ternyata :D
    trimaksih infonya gan, jadi pengen buat ebook

    BalasHapus
  37. Lho Ebook juga bisa toh ? Baru tau malah -_-

    BalasHapus
  38. mantap gan nambah ilmu buat blog nwbie berarti backlink itu di butuhkan jga ya..thanks penjelasan nya numpang baca-baca biar lebih mengerti.

    BalasHapus
  39. wah nambah ilmu nih mksh gan

    BalasHapus
  40. Saya mah gak ngerti beginian gan, Bookmark dulu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas, asalkan jangan di simpan di hati, hehe

      Hapus
  41. klo ada adensenya aman ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. backlink ini berurusan sama traffik, bukan sama adsense...
      tapi karena adsense berurusan sama google, maka backlink yang berasal dari situs terlarang (misal: situs porn) tentu saja berpengaruh.

      Hapus
  42. mantep gan, lengkap semua. ohh iya gan, iklan ente kok ga muncul ?
    ane follow blog nya ye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adsense lagi ngehang (masih soal kebakaran gedung miliknya), mungkin dalam beberapa waktu lagi akan muncul kembali (semoga).

      Oya, Saya sangat berterima kasih karena mas sudah menjadi bagian dari blog ini.

      Hapus
  43. Makasih mas arief informasinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  44. artikel nya bermanfaat gan, buat nambah wawasan

    BalasHapus
  45. Thanks udh share bermanfaat nih gan

    BalasHapus
  46. artikel yang sangat bagus, sangat bermanfaat, makasih banyak sob.

    BalasHapus
  47. mantap gan :D bermanfaat banget :D
    mobindoz.blogspot.com

    BalasHapus
  48. Saya selalu gagal dalam membangun backlink, sudah sumbit tapi gak ke crawl google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Backlink yang tidak berkualitas (misal: di kolom komentar) itu memang lama terdetek. di tunggu aja, dan jangan lupa tingkatkan postingan.
      Kalau postingan-nya berkualitas, backlink akan datang dengan sendirinya.

      Hapus
  49. Wah jadi tau gan amaksih gan :D

    BalasHapus
  50. kira2 blog umur brp yg boleh dipasang blacklink?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - setelah bangun blog usahakan perbanyak artikel dulu, dan jangan lupa terapkan SEO wajib, misal: submit ke search engine, dsb (maaf tidak bisa saya jelaskan semua).
      - kalau blog udah berumur 3 bulan dan udah dapat traffik dari search engine, ya itu udah bisa.
      - kalau blog udah 3 bulan dan postingan udah lebih dari 60 biji namun tidak ada traffik dari search engine, itu blog di hapus aja (ini hanya anjuran, bukan untuk di terapkan).
      - Sebaiknya fokus saja dalam hal menulis artikel, karena kalau postingannya banyak yang berkualitas, toh nantinya traffik dan backlink datang dengan sendirinya.

      buat malam ini gitu aja kayaknya. besok-besok kita tambah lagi.

      Hapus
  51. wah jadi tau artinya backlink nih :)

    BalasHapus
  52. yang di dalam ebook belum nyoba nih :)

    BalasHapus
  53. Klo ane sih lbih suka cari backlink di forum" diskusi macam : kaskus/ada.id atau situs social bookmarking kyak : lintas.me

    BalasHapus
  54. Sangat membantu kita untuk mengenali apa itu backlink serta cara membangun backlink yang baik (y) Keep it up buddy

    BalasHapus
  55. Page rank sekarang udah kagak ngaruh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa bilang? Page Rank masih ada didalam peringkat google, dan itu artinya masih berpengaruh. Sebenarnya, saya lebih suka berpegang pada peringkat alexa yang jelas-jelas tidak bekerjasama dengan google. Namun perlu di ingat, Page Rank google masih jadi tolak ukur di mata google.

      Hapus
  56. wah terima kasih bgt infonya, kebetulan lagi nyari info yg beginian

    BalasHapus
  57. makasih gan sangat membantu saya yang masih baru belajar

    BalasHapus
  58. trima ksh mas atas ilmunya, jd sy mengerti dikit2 sbg pemula

    BalasHapus
  59. teryata gak semudah yang saya kira. mantap

    BalasHapus
  60. bermanfaat gan, mengupas tuntas tentang backlink

    BalasHapus
  61. makasih gan,,, jadi tau ane tentang backlink

    BalasHapus
  62. Mantap Artikelnya Gan Backlink Masih Menjadi Primadona para Blogger hehehe

    BalasHapus
  63. Nice info gan, sangat bermanfaat bagi para pemburu backlink

    BalasHapus
  64. mantab mas, bagi bagi juga dong link yang bisa dijadiin backlink :D

    BalasHapus
  65. situs submit artikel itu sebenarnya aman engga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya aman-aman saja (walau memang saya kurang suka dan memang belum menggunakannya)

      Hapus
  66. mantep gan backlink tuh biar bisa banyak pengunjung nya :D

    BalasHapus
  67. Jadi lebih semangat lagi nih gan, thanks yoo

    BalasHapus
  68. mantap gan.....buat nambah pengalaman ..

    BalasHapus
  69. bener sekali gan dengan backling blog akan semakin ramai dan saling meramaikan blog masing-masing pastinya.

    BalasHapus
  70. oalahh ternyata gitu :D terimakasih gan :D

    BalasHapus
  71. KLO BACKLINK DARI FACEBOOK BERKUALITAS GK ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Facebook itu PR 9, masak masih di tanyakan tentang kualitasnya.
      sebenarnya, tinggal optimal-kan saja. Backlink berkualitas itu adalah backlink yang membawa pengunjung ke blog kita dan berfungsi selamanya (bukan hanya untuk sementara waktu).
      misalnya backlink di kolom komentar facebook, apa itu berfungsi selamanya? sudah pasti itu berfungsi untuk sementara. Jadi, ya itu saja sebenarnya.

      Hapus
  72. bro caranya dapat backlink dari ebook ? gimn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya :
      1 buat Ebook (kemudian simpan backlink disana)
      2 Sebarin deh e-book tersebut (saran saya gratis aja, biar mudah nyebar)
      3 Udah gitu aja :D

      Kelebihan Ebook dari Ebook itu banyak :
      1 backlink online
      2 backlink offline
      3 Disukai Google (karena jelas bukan SPAM, dan tidak menyebabkan SPAM)
      4 kayaknya itu aja udah cukup :D

      Hapus
  73. backlink sangat bermanfaat buat blogger gan

    BalasHapus
  74. Oh jadi backlink tuh gtu,, makasih gan, artikel nya informatif :D ane jadi tau dimana backlink ditempatkan dengan benar :D

    BalasHapus
  75. mantap gan.....sangat membantu bagi ane yang masih belajar

    BalasHapus
  76. mantap gan jadi tau nih tentang backlink hhe

    BalasHapus
  77. Asyik ilmu baru nih.......selama ini sy g ngerti soal backlink ...jadi ternyata gitu toh maksudnya....oky makasih gan

    BalasHapus
  78. Mantap nih cari cari backlink maknyus mas hehe

    BalasHapus
  79. Yazzp lmyaan lengkap penjelasannya gan
    Mnurut ane yang pling susah dpetin backlink itu dri site .edu gan
    Meskipuun kita nruh kmentar dblognya jga ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena memang situs edu sudah mengetahui kalau keberadaannya menjadi incaran para pencari backlink, hehe jadi mereka sudah tentu menyiapkan diri, hehe
      tapi tetap masih ada saja situs Edu yang belum terlalu menyiapkan diri, jadi silahkan berharap dalam keberuntungan saja, hehe

      Hapus
  80. backling ternyata termasuk pondasi penting sebuah blog, thanks infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, terima kasih banyak atas kehadirannya :)

      Hapus
  81. keren bro artikelnya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  82. Bermanfaat buat blogger semua nih gan :D semangat blogginya ya

    BalasHapus
  83. wah saya blogger pemula, setelah bikin blog langkah selanjutnya membangun backlink ya makasih gan jadi tau cara membangun backlink berkualitas :)

    BalasHapus
  84. backlink sangat penting gan untuk memperbnyak teman antar sesama blogger

    BalasHapus
  85. wah, tepat nih. Soalya Saya paling bingung mas sama yang namanya backlink Thanks,

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang rasanya bisa membantu, terimakasih untuk kehadirannya sobat :)

      Hapus
  86. Terimakasih mAs. Thanks yah atas semua infonya..... Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam saya kembalikan (y) semoga bisa bermanfaat :)

      Hapus
  87. sangat membantu tutorialnya.. thanks infonya

    BalasHapus
  88. yang ane masih bingung, blog dofollow atau nofollow itu yang seperti apa, cara mengetahuinya gimana?

    BalasHapus
  89. soal baik tidak nya, keduanya memiliki manfaat yang sama (menurut saya), hanya saja dofollow unggul karena link dofollow itu dirayap oleh google, sedangkan link nofollow tetaplah backlink, namun tidak di lakukan perayapan. alias tidak masuk dalam hitungan backlink dalam webmaster.

    Sorry, kalau cara untuk mengetahuinya dengan lengkap tidak bisa saya jelaskan disini, mungkin di lain waktu akan saya bahas di lain artikel.

    terimakasih atas pertanyaannya (y) terimakasih juga atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  90. ane harus gabung di forum2 nih kayaknya

    BalasHapus
  91. Kalau mencari BL di social media susah gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah beberapa tahun saya di dalam dunia blogging, tapi ngak ada satupun backlink yang di hitung dari social media, baik itu facebook atau twitter. Kalau ngak percaya silahkan buka Webmaster :D

      Hapus