loading...

Membahas Tentang Backlink

Terlalu banyak memang yang berbicara tentang backlink, namun tetap saja ada yang bertanya apa itu backlink? Dan hal itulah yang ingin saya perjelas lagi dalam pembahasan kali ini, dengan penyampaian yang tentunya berdasarkan versi saya.

Apa itu backlink? Backlink adalah spanduk iklan untuk blog dengan tujuan untuk mencari peminat blog kita (iklan promosi); baik itu di dalam blog kita sendiri, di dalam blog orang lain, di dalam template, di dalam widget, di dalam posting, di dalam komentar, atau dimana pun itu. Yang pastinya iklan (backlink) tersebut berisikan link yang mengarah ke blog kita. Namun perlu digarisbawahi, yang disebut backlink itu bukan iklan dari luar internet, tapi iklan yang berada di dalam jaringan internet.

Berdasarkan bentuk dan cara membuatnya, backlink dibedakan menjadi: dofollow, nofollow, live link, link di balik gambar dan beberapa lainnya.

"Membahas Tentang Backlink"

Apa itu Link Dofollow? Dofollow adalah link (backlink) yang bersifat memberi dampak (baik dan buruk) terhadap sebuah blog atau situs. Setiap Link Dofollow yang anda buat, akan dilakukan crawl (perayapan) oleh Google Spider. Dimana nantinya akan berdampak pada posisi (SERP) di dalam Search Engine. Fungsi dari backlink adalah untuk menguatkan identitas (dan kualitas) dari pada blog.

Misalnya anda membuat sebuah link merujuk ke blog teman anda, maka Google Spider (yang bertugas merayap) akan masuk ke dalam link yang anda buat tersebut. Google Spider akan melacak, apakah link tersebut searah dengan topik yang anda tuliskan? Atau bertentangan dengan tulisan anda? Dan sebagainya.

Hal tersebut nantinya akan berdampak kepada perangkingan blog dan juga urutan artikel (SERP) anda di search engine. Jadi jika anda peduli dengan kualitas blog anda, maka berhati-hatilah dengan link dofollow.

Apa itu Link Nofollow? Nofollow adalah link yang kita perintahkan kepada search engine untuk tidak dirayapi (atau untuk tidak dipedulikan). Cara membuatnya adalah dengan menambah rel=nofollow pada link yang kita buat tersebut. Hal ini saya anjurkan, apabila anda ingin membuat sebuah link ke situs jorok.

Memang benar Link Dofollow adalah link yang memberi dampak terhadap blog kita, namun jangan pernah meremehkan kekuatan link nofollow. Karena jika terlalu banyak link dofollow yang anda buat tanpa ada sedikitpun link nofollow, hal tersebut juga akan membuat google menganggap blog anda sebagai SPAM.

Google sendiri suka dengan keseimbangan, dimana dalam hal ini, google mengharapkan agar blog anda menyeimbangkan backlink dofollow dan nofollow. Persentasenya 70% untuk dofollow dan 30% untuk nofollow. Sebenarnya itu bukan patokan resmi, hanya saja setidaknya berpatoklah pada patokan itu, untuk menyeimbangkan backlink anda.


Dimana seharusnya baclink ditempatkan?
Jika anda mengerti apa itu iklan, maka anda pasti mengerti dimana seharusnya menaruh iklan. Jangan terfokus bahwa iklan harus ditempatkan di tempat iklan, karena kenyataannya iklan sekarang ini ada dimana-mana (bahkan di dalam komentar Facebook). Jadi saya rasa, anda pasti sangat mengerti cara untuk mempromosikan blog seoptimal mungkin.

Logikanya adalah, backlink di dalam posting lebih memungkinkan untuk banyak dilihat pengunjung jika dibanding dengan backlink yang hanya berada di dalam kolom komentar. Jadi, silahkan tetap mengutamakan backlink tersebut untuk website anda.

Tempat yang baik untuk iklan (backlink).
Iklan di dalam komentar Facebook hanya untuk mencari pengunjung yang bersifat sementara, namun masih tetap dalam kategori backlink. Garis besarnya adalah kita bisa saja menaruh iklan dimana saja. Namun BACKLINK Yang baik bukan backlink yang asal-asalan. Berikut rekomendasi tempat menaruh backlink yang baik:
  • Di situs dofollow - situs dofollow semakin banyak saja menyebar, karena blog dofollow memang mudah mendapat pengunjung (terutama dari golongan blogger). Jadi, gunakanlah kesempatan untuk berkomentar di dalam blog yang dofollow (namun perhatikan juga kualitas blog tersebut).
  • Di Situs .Edu - situs ini sangat susah ditemukan dan jika ditemukan sangat sulit mendapatkan backlink di sana. Tapi backlink dari situs .Edu sangat tinggi kualitasnya (menurut saya).
  • Di situs yang memiliki PR tinggi - blog yang memiliki PR tinggi biasanya juga memiliki kualitas pengunjung yang terjamin tinggi (walau tidak semuanya). Jadi mulailah rajin mengomentari situs-situs tersebut (walau sekedar memuji karya si penulis).
  • Di situs yang memiliki PA tinggi - Sama saja dengan kualitas PR, hanya saja di sini kita berbicara tentang kualitas link. Karena biasanya sebuah situs yang memiliki PA tinggi juga memiliki backlink yang tinggi. Mendapat backlink dari situs tersebut tentu juga akan membuat Rank blog kita menjadi semakin baik.
  • Di Forum Diskusi - ada banyak forum diskusi, silahkan anda cari sendiri (saran saya: bersosial.com). Buatlah tulisan (Thread) berkualitas dengan harapan banyak akan mendapat banyak pembaca. Dan tentu jangan lupa menaruh backlink anda di dalam tulisan tersebut (baca juga: Forum Diskusi Yang menyediakan Signature).
  • Di Yahoo Ask - tentu saja dengan menjawab pertanyaan yang ada di yahoo ask. Saya rasa semua dari anda pasti sudah mengerti bagaimana caranya.
  • Di Sosial Media seperti Facebook dan GooglePlus - sangat banyak Sosial Media yang menyebar, jadi manfaatkan itu untuk backlink (di profil akun anda).
  • Di dalam E-book - Hal ini sering dilakukan blogger senior (yang sudah mengeluarkan E-book). E-book yang dianggap backlink adalah E-book dalam format.PDF, karena google mampu membaca file dengan format.PDF. Sedangkan E-book dalam format.Exe tidak bisa dibaca oleh google, jadi tidak dianggap sebagai backlink, melainkan dianggap sebagai iklan biasa saja.
Demikianlah beberapa yang bisa saya sajikan dalam pembahasan kali iniMohon maaf tidak bisa saya tulis se-lengkap-lengkapnya (karena artikel ini pun saya tulis dalam waktu yang singkat). Jadi, jika memang ada yang tidak dimengerti, silahkan ditanyakan di kolom komentar saja! Terima kasih sudah membaca!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

137 comments

loading...
loading...