loading...
Tulisan "Belajar SEO Dasar Untuk Pemula" ini, saya persembahkan untuk yang memang benar-benar Pemula (alias Newbie), yang artinya yang memang baru saja mendaftarkan blog. Dan secara arti yang lain adalah untuk pemula yang masih tidak tau harus berbuat apa dalam hal memulai SEO blog. Dan seperti biasa, sebelum menerapkan semua tutorial di dalam Ariefsigli.com, ada baiknya anda memahami dulu dengan jelas, baru kemudian menerapkan (agar tidak terjadi salah paham).

Belajar SEO Dasar "Untuk Pemula"

Menurut saya:
Blogger jaman sekarang, sangat jarang peduli dengan yang namanya SEO Dasar, mereka hanya peduli dengan SEO tingkat tinggi. Padahal, dalam hal belajar SEO itu sendiri, menguasai dasar saja sudah lebih dari cukup. Dan anehnya, mereka bahkan lupa akan SEO dasar, dan malahan sibuk dengan SEO kelas kakap (Sorry, jika terlalu mem-vonis).

Perlu juga untuk di mengerti, dengan mengetahui beberapa SEO kecil seperti yang saya tuliskan ini. Maka anda baru boleh beranjak ke tingkatan SEO selanjutnya. Karena pada dasarnya jika anda tidak menerapkan SEO dasar, kemungkinan besarnya SEO kelas tinggi tidak akan berfungsi sedikitpun.

Berikut Beberapa SEO dasar yang perlu di perhatikan :

1. Pilih Template yang SEO dan Responsiv
Sebelum memulai pembahasan ini, sebenarnya saya ingin membahas tentang tata cara memilih Nama dan memilih Domain yang baik. Namun, saya pikir akan lebih baik, jika saya bahas di lain kesempatan saja.

Jadi, cara memilih Template yang baik itu adalah dengan memperhatikan kualitas/kekuatan SEO, Kecepatan  Loading, dan juga harus Responsiv (Untuk saat ini, itu saja dulu yang perlu di perhatikan). Dan Alhamdulillah, Template semacam itu banyak bertebaran di internet (dan gratis), anda hanya perlu memilih mana yang ingin anda gunakan. Namun jika anda puas dengan Template yang memang sudah di sediakan Blogger.com, itu mungkin akan jadi opsi yang lebih baik.

Setelah memilih template yang memenuhi syarat, ada baiknya bagi anda sekalian untuk tidak memasang Widget yang tidak berkepentingan (kesalahan ini sering dilakukan pemula). Misalnya widget mp3. Ingat!!! mengurangi penggunaan Widget yang tak penting sangat berfungsi untuk menambah kecepatan Loading Blog. Semakin sedikit Widget yang anda gunakan maka semakin baik. Namun sangat sampai tidak menggunakan Widget sama sekali. Ada Widget yang memang menurut saya wajib anda gunakan, seperti Popular Post, Archive, Category (Label) dan follow g+.

2. Buat Meta Keyword, meta Description, Dsb.
Sekarang kita masuk kedalam cara mengedit template. Dan yang pertama kali harus anda edit adalah Meta Keyword (untuk menentukan Keyword/kata kunci Blog) dan juga Meta Description (untuk memperjelas Blog anda ber-kiprah dalam bidang apa). Hal ini dilakukan semata-mata untuk penerapan SEO blog yang baik, jadi hal ini sangat penting (setidaknya, menurut pendapat saya). Untuk caranya sendiri, silahkan berselancar di google Search.

3. Daftarkan blog ke Google Webmaster.
Agar Blog anda di indeks oleh google, anda memang tidak harus mendaftarkan blog ke Webmaster (search Console). Namun jika anda ingin Blog anda cepat di indeks oleh google, maka anda harus mendaftarkan blog anda ke webmaster.

Dan hal ini sudah bisa anda lakukan ketika anda baru saja mendaftarkan Blog (meski tanpa artikel). Namun, Jangan lupa untuk memasukkan sitemap blog anda, agar untuk selamanya setiap artikel yang baru anda buat langsung di indeks oleh google. (Baca : Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster).

4. Daftarkan blog ke Google Analityc
Jangan pernah anggap remeh. Logika dasar yang bisa saya berikan kepada anda semua adalah jika anda berteman dengan google, maka google akan berteman dengan anda. Jadi silahkan anda mendaftarkan blog anda ke semua situs pendukung di bawah naungan google.

Lalu mengapa saya yang sudah berteman dengan google tapi google masih saja seperti tak mau berteman dengan saya? Ingat, jangan pernah menanyakan pertanyaan ini. Didalam pertemanan ada yang namanya keikhlasan, dimana kamu boleh memberi tapi jangan mengharap di beri. Bukannya google tidak berteman dengan anda, tapi cara anda berteman dengan google yang mungkin saja salah. Dan terlebih, google memang punya banyak teman :D

5. Submit Blog ke Mesin Pencarian lain
Supaya Blog atau Artikel anda berada di dalam mesin pencarian, tentu saja anda harus melakukan Submit Blog anda terlebih dalu kedalam mesin pencarian. Misalnya Submit ke google, bing, baidu dsb. Dan untuk permasalahan search Google sudah teratasi pada pembahasan Nomor 3. Jadi, sekarang anda hanya tinggal mendaftarkan blog anda ke beberapa search engine lainnya. (Baca : Cara Mendaftar Blog ke Semua Search Engine)

6. Buat Artikel Yang Bermanfaat.
Secara gamblang, google memang mengharapkan artikel yang bermanfaat. Namun secara detail-nya, arti dari pada artikel yang bermanfaat itu adalah artikel yang dimana ketika orang membaca artikel tersebut, maka orang tersebut akan menghabiskan membaca sampai kalimat terakhir. Jadi, buatlah tulisan yang sesuai dengan judul, kemudian jelaskan dengan cara yang menurut anda mudah untuk di mengerti. Logikanya, jika orang singgah ke blog anda kemudian langsung menutup tab-nya, maka itu akan merusak reputasi blog anda. Hal ini sangat diperhitungkan (Hal ini, akan saya bahas didalam pembahasan selanjutnya).

7. Buat Artikel Secara Rutin
Selain membuat artikel yang bermanfaat, anda juga harus membuat artikel secara rutin atau secara teratur atau apapun istilahnya. Hal ini sangat wajib untuk membantu Traffik untuk blog baru (yang dimana semakin bagus Traffik artinya semakin bagus untuk SEO anda).

8. Perbaharui Artikel.
Jika anda tidak begitu mampu untuk menulis artikel secara berkala (teratur) seperti yang saya anjurkan di atas, maka pembahasan ini harus anda perhatikan. Memperbaharui artikel atau mengedit ulang artikel atau apalah sebutannya. Hal ini adalah cara lain, untuk membuat blog anda terlihat Update. Namun untuk kasus ini, cobalah untuk jangan lakukan terlalu sering dan jangan melakukan perubahan yang terlalu mencolok. Lakukan hanya jika memang di perlukan. Perlu di ketahui juga, jika artikel anda mendapat sebuah komentar yang relevan, itu artinya anda telah memperbaharui artikel anda. Mungkin itulah yang membuat BW (Blog Walking) merupakan hal yang penting. Untuk hal yang ini, saya harap anda mulai lagi, mencari ilmu lebih di luar sana.

9. Jaga Bonce Rate Artikel anda
Untuk menjaga Bonce Rate blog anda, anda harus benar-benar mempelajari cara membuat artikel yang bermanfaat. Bonce Rate  ini akan membantu SEO blog anda sedikit demi sedikit, dimana berarti jika semakin hari semakin baik kualitas Bonce Rate artikel anda, maka semakin baik pula urutan artikel anda di klasemen Page google. (Baca: Cara Membuat Artikel 100% unik dan Tips Untuk Blogger Pemula)

10. Lakukan Ping Setiap kali membuat artikel baru.
Ping adalah aktivitas dimana anda memberitahukan pada search engine bahwa anda sudah melakukan perubahan pada situs anda. Jadi, Ping sangat perlu anda lakukan ketika ada pembaharuan didalam blog anda, namun perlu di ingat; jangan pernah melakukan Ping lebih dari 3 kali sehari, dan sebaiknya lakukan 1 kali sehari apabila ada perubahan. Karena, jika anda melakukan dengan berlebihan bisa saja akan di anggap SPAM.

Hal ini lebih saya fokus-kan yaitu pada saat anda membuat sebuah artikel, langsung lakukan Ping agar artikel anda langsung ter-indeks. Dan untuk melakukan Ping, saya sarankan anda menggunakan Pingler.com (ping otomatis kepada beberapa search engine).

11. Jangan Pikirkan Backlink Dulu (Sebaiknya Tunggu Backlink Yang Natural Saja).
Backlink berfungsi untuk menguatkan keberadaan blog anda (Backlink dari situs terbaik) adalah Backlink yang banyak di cari-cari. Namun sangat sulit untuk mendapatkannya secara gratis (butuh kerja keras dan do'a). Backlink yang baik adalah Backlink yang memang secara sengaja di letakkan oleh sebuah blog (berkualitas) didalam artikel blog tersebut (Sebagai referensi atau apalah). Saya menyebutnya "Backlink natural".

Dan untuk mendapatkan Backlink natural tersebut, anda hanya memerlukan 3 cara, yaitu :

  1. Mulailah menulis sesuatu yang berguna untuk menjadi bahan referensi bagi orang lain. 
  2. Buatlah blog anda se-terkenal mungkin dan se-membahana mungkin.
  3. Silahkan memohon pada orang lain agar mencantumkan link anda didalam artikelnya (untuk yang ini sangat tidak saya rekomendasikan :D ).

Namun hal terbaik-nya. Cari saja teman sesama blogger, untuk saling melakukan review artikel. link yang saling menguatkan tersebut sangat saya Referensi-kan. Ingat!!! kualitas blog adalah hal utama untuk masalah Backlink. (Baca : Membahas Lengkap Tentang Backlink)

Baik, cukup sampai di sini dulu pembahasan Belajar SEO dasar untuk pemula. Untuk lanjutan dari pada Artikel ini silahkan membaca artikel : SEO untuk Artikel "SEO menengah".

Terimakasih sudah menjadi bagian dari Ariefsigli.com, semoga ada manfaat yang bisa anda petik dalam tulisan ini (walau hanya sedikit). Dan, jika ada yang kurang jelas atau kurang di mengerti, silahkan di tanyakan di kolom komentar.

Post a Comment

  1. Terimakasih artikelnya sangat membantu pemula seperti saya gan

    ReplyDelete
  2. saya juga terlalu kepikir ama backlink :(

    ReplyDelete
  3. Ni sangat membantu pemula seperti ane,:v

    yg blum ane terapin cuman ping tdi thx for post gan

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Hati-hati loh, jangan sampai berlebihan, bisa di anggap BlackHat :D

      Delete
  5. Suatu ilmu yang berguna untuk pemula seperti saya ini,terimakasih gan

    http://palaq.mywapblog.com

    ReplyDelete
  6. peu haba aduen saleum dari sigli ciet nyoe. bg kiban cara yg di maksud back link natural ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link/Backlink yang dibuat oleh orang lain, dengan tanpa kita meminta :) hal tersebut biasanya terjadi karena orang/situs tersebut tertarik dengan tulisan kita, kemudian menulis kembali tulisan kita dengan caranya, dan sebagai sebuah penghormatan maka dia membuat link rujukan ke halaman kita...

      Link semacam ini lebih sering terjadi pada situs besar, seperti halnya wikipedia atau semacamnya :)

      Saleum lon kembalikan :D selamat datang dan semoga betah di sini :D

      Delete
  7. Ilmu yang wajib diterapkan jika ingin posisi blog atau websitenya naik.

    bagi yang ingin menambah ilmu mengenai SEO silakan berkunjung ke situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/belajar-seo.html

    ReplyDelete

loading...
 
Top