Tips SEO: 4 Cara Cepat untuk Meningkatkan Traffic Blog

Dalam postingan kali ini, kalian akan belajar 5 tips SEO cepat yang akan membantu kalian mendapatkan lebih banyak traffic ke blog kalian yang tentunya berkualitas tinggi dan karena itu potensi mendapatkan konversi (penjualan ataupun periklanan) lebih besar dan cepat.

Meningkatkan Traffic Blog dengan Cepat
Jika kalian adalah seorang blogger, mendapatkan lebih banyak traffic ke blog kalian mungkin merupakan tujuan utama. Begitu kan!! Bagaimana kalian bisa sukses menjadi blogger kalau orang-orang tidak datang ke blog kalian?

Untuk itu saya hari ini akan membahas bagaimana cara cepat meningkatkan traffic blog menggunakan empat tips SEO berikut.

Baiklah jika kalian masih kurang yakin tentang apa itu SEO – SEO adalah hal sederhana sebagai konsep namun jauh lebih kompleks jika dipraktekkan.

Dikutip dari Wikipedia. SEO atau Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tapi, sebelum saya lanjut ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui: SEO bukanlah peluru ajaib yang bisa langsung membuat blog kalian langsung muncul di halaman pertama dalam 1 minggu. SEO adalah sebuah rencana jangka panjang. SEO bukanlah sesuatu yang mudah, namun jika dilakukan secara benar dan konsisten, kalian bisa merasakan keuntungannya dalam beberapa bulan ke depan.

Nah, jika saya terus berbicara tentang SEO, akan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Jadi mari kita ke intinya.

Sebelumnya saya sempat mengatakan SEO adalah rencana jangka panjang. Tapi asal kalian tahu, meskipun begitu, ada beberapa trik mudah SEO yang tentunya juga bisa digunakan jika hanya untuk meningkatkan traffic blog dengan cepat.

4 Tips SEO untuk Meningkatkan Traffic Blog dengan Cepat

Tips #1: Taruh Keyword di Semua Tempat yang Tepat

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan secara manual jika ingin menaikkan nilai SEO posting kalian. Karena ini dilakukan secara manual, maka ini pastilah berhubungan dengan tag.

Berikut adalah beberapa tempat yang tepat untuk menaruh keyword:

  • Judul Postingan. Title tag atau tag judul adalah tempat menaruh keyword kalian yang paling penting. 
    • Title tag adalah tempat dimana kalian harus menaruh keyword utama kalian. Kalimat itu akan menggambarkan posting blog kalian dan tidak lebih dari 90 karakter. 
    • Biasanya title tag tergantung pada judul postingan. 
  • Meta Tags. Meta tag atau Meta description berisi teks deskriptif kecil yang dapat ditemukan di bawah judul postingan pada hasil pencarian. Seperti title tag, meta tags juga harus dibuat sesingkat mungkin. 
  • Header Tag. Header tag merupakan tag yang cukup penting. Biasanya header tag sering juga disebut pembukaan artikel. Jadi selalu ingat untuk menaruh keyword kalian pada pembukaan artikel. 
  • Alt Tags. Alt tag digunakan untuk memberikan teks deskirpsi singkat pada gambar ataupun grafik pada blog. Setiap gambar pada postingan blog harus mempunyai Alt Tag. Sertakan keyword pada Alt Tag, bukannya DSC4856.jpg atau apapun namanya.
Tips #2: Menambahkan Konten/Posting Blog Secara Teratur

Konten, konten, konten. Ingat !! Content is King. Ini merupakan salah satu hal terpenting jika kalian ingin meningkatkan traffic blog kalian. Konten adalah hal yang paling dicari oleh Google Spider dan tentunya yang akan muncul dalam hasil pencarian.

Tanpa konten, blog kalian tidak akan punya peringkat ataupun masuk dalam indeks. Jadi kalian cukup mengingat ini, salah satu cara tercepat untuk meningkatkan nilai seo blog serta traffic kalian yang paling sederhana: Buat Posting, Konsisten, dan Optimalkan.

Tips #3: Dapatkan Backlink yang Berkualitas dan Relevan

Semakin banyak backlink yang masuk ke blog kalian, semakin berharga pula blog kalian di mata Google serta semakin banyak pula sumber pemasukan traffic kalian.

Tapi, masalahnya adalah tidak semua backlink itu bagus untuk blog kalian, ada juga backlink yang tidak berkualitas. Google dan Search Engine lain lebih memperhatikan blog yang mempunyai backlink dari situs yang popular serta relevan dengan blog kalian.

Hal ini juga penting untuk dipertimbangkan ketika kalian berpikir ingin melakukan Guest Posting di blog orang lain dengan harapan untuk meningkatkan traffic kalian. Ketika mencari blog lain untuk melakukan Guest Posting, perhatikan dulu ranking dan juga traffic per bulan dari blog tersebut. Jika kalian ingin punya banyak pengunjung, lakukanlah guest posting pada blog popular dan idealnya ranking blog tersebut juga tinggi.

Ketika melakukan guest posting, jangan hanya memilih sembarangan blog. Pilihlah yang memiliki PageRank tinggi karena itu akan bagus untuk SEO blog kalian dan juga traffic blog kalian.

Selain guest posting, kalian juga bisa mengajak orang lain untuk datang ke blog kalian dengan beberapa cara:
  • Memasukkan tombol share pada blog kalian, sehingga orang yang berkunjung bisa men-share postingan kalian.
  • Memberikan blog lain sebuah backlink berkualitas dari postingan kalian. Percayalah, pasti di masa mendatang blog yang kalian berikan backlink akan membalasnya juga. 
  • Ikut dalam Grup Facebook, dll. Lalu sebarkan link posting blog kalian. 
  • Berpartisipasi dalam forum diskusi, seperti Kaskus, dll.
Tips #4: Dapatkan Traffic dari Media Sosial

Baiklah, tips terakhir dari saya adalah dengan membangun sebuah komunitas pada media social, seperti membuat FanPage Blog, Akun Twitter , Google+, dan yang lainnya yang dapat menjadi alat paling kuat untuk meningkatkan traffic blog dengan cepat.

Tapi, itu belum semuanya. Posting konten adalah kegiatan penting namun kalian juga mesti menyadari seberapa pentingnya penggunaan social media untuk membangun traffic blog kalian. Jawaban singkatnya: SANGAT PENTING.

Jawaban lengkapnya: Media social telah secara langsung berkaitan juga dengan menentukan seberapa relevan konten blog kalian dan juga seberapa berharga konten blog kalian, yang juga mendorong nilai SEO untuk blog kalian. Situs social media yang memiliki dampak terbesar dalam SEO dan traffic building adalah Google+, kemudian disusul Facebook lalu Twitter. Semakin banyak orang yang share konten blog kalian, semakin berharga konten kalian di mata Google dan semakin tinggi traffic yang akan masuk ke blog kalian.

Jadi apa yang dapat anda lakukan? Cuma ada satu jawaban, yang intinya Share. Membujuk teman-teman kalian untuk men-share postingan kalian. Atau meminta para pengunjung blog kalian untuk men-share dengan cara menuliskan permohonan permintaan share di akhir postingan dan memasang widget untuk bisa melakukan share. Selain itu, kalian juga dapat bergabung dalam komunitas blog di forum-forum diskusi ataupun grup-grup fb lalu share link postingan kalian.

Nah, jika kalian semua ingin meningkatkan traffic blog dengan cepat cukup lakukan keempat tips yang sudah saya berikan. Selain itu, sesuai dengan apa yang saya singgung tadi, tolong di-share postingan ini, oke? Kalau begitu terima kasih dan sekian dari saya.


Disqus Comments