loading...

SEO Untuk Artikel "SEO Menengah"

Sebelum membaca tulisan "SEO untuk artikel" ini, ada baiknya anda terlebih dahulu membaca tulisan saya sebelum "Belajar SEO Dasar". Karena tulisan ini merupakan tingkat lanjut dari tulisan saya tersebut.

Okey, untuk sekali lagi, Ariefsigli kembali membicarakan tentang SEO. Perhatian!!! Seo Untuk blog itu ada ribuan macam-nya, dan hal tersebut sangat bergantung pada siapa anda mempelajari-nya. Terlalu banyak ahli SEO di dunia blogging, dan hampir semua master memiliki cara yang berbeda-beda. Itulah yang mungkin membedakan para master dengan Newbie. Dimana para master memiliki cara tersendiri untuk mendongkrak SEO, sedang Newbie masih mencari cara yang tepat untuk mendongkrak SEO.

SEO Untuk Artikel "SEO Menengah"
Mengapa Setiap Master memiliki Trik SEO berbeda-beda?
Perlu sangat anda ketahui, Algoritma untuk setiap Search Engine itu terjadi perubahan setiap tahunnya (bahkan terkadang setiap bulannya). Oleh karena itu, sudah pasti trik SEO juga harus di rubah seiring dengan hal tersebut. Namun, bukan berarti ilmu SEO lama langsung menjadi Usang. Ilmu SEO lama tetap di butuhkan untuk membuka Ilmu SEO baru. Dan sekali lagi, Itulah yang membuat setiap master memiliki cara yang berbeda untuk menempuh tujuan  yang sama. Karena memiliki Ilmu dasar yang berbeda-beda.

Apakah ada trik SEO yang salah?
Tidak, tidak ada trik Seo yang salah. Setiap Trik SEO itu memiliki kebenaran tersendiri (perlu diperhatikan, mungkin sebagian trik masuk kedalam kategori SEO Black Hat). Namun perlu juga untuk anda ingat, Trik SEO itu tidak begitu bergantung pada Rumus, tapi sangat bergantung pada bagaimana cara penerapan dari pada Rumus itu sendiri.

Terkadang ada Blogger yang memang tidak sesuai dengan Rumus SEO A (karena mungkin si penulis kurang mengerti Rumus), namun masih ada terlalu banyak Rumus lain yang bisa anda coba. Ilmu Seo itu sangat bergantung kepada kecerdasan anda mengatur Keyword di dalam tulisan. Jadi, sudah pasti tidak ada ilmu SEO yang salah, hanya Penerapan-nya yang mungkin saja salah.

Ada Berapa Macam Trik SEO?
Seperti yang sudah saya katakan, Trik SEO itu ada ribuan macam-nya, saya bahkan sampai tidak mengerti kenapa semua itu bisa begitu banyaknya. Dan hal itulah yang mungkin sempat membuat saya benci dengan dunia blogging. Terlalu banyak trik/ilmu yang harus di kuasai. Namun jangan salah, jika anda ingin menjadi blogger anda memang harus tau apa itu blogger dengan sedalam mungkin. Dan itu, akan bisa di atasi dengan berjalannya waktu, dan tentu dengan kecintaan anda dengan dunia Tulisan. Dan, akibat dari salah satu master saya :

RDK, Beliau mengatakan "kalau ingin menikmati hasilnya, kamu harus kerja keras dulu".

Dari sana lah, akhirnya semangat blogger saya datang. Semakin hari, semakin membuat saya semangat dalam hal membuat artikel. Lalu dari beberapa artikel yang sudah berhasil saya buat itulah yang kemudian membuat saya menyimpulkan, manakah Tulisan saya yang sudah memenuhi kriteria SEO? Kemudian, saya perhatikan satu/satu, hingga akhirnya saya berani mengambil kesimpulan untuk membuat artikel yang berjudul "SEO untuk Artikel" ini.

Apakah ilmu SEO Ariefsigli bisa dipercayai?
Sekali lagi, ilmu SEO itu terlalu banyak. Jadi, tergantung pada anda ingin menerapkan pilihan yang mana. Dan lagi, jika anda memilih ilmu SEO yang ingin anda terapkan, maka usahakan ilmu yang memang sesuai dengan cara anda menulis. Jadi, secara garis besar, bisa di pastikan Ilmu SEO Ariefsigli bisa anda pertimbangkan lagi tingkat kebenarannya :)

Baik, sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa SEO yang perlu anda perhatikan untuk artikel anda :

1. Atur-lah Tempo Setiap Artikel anda.
Maksud atur tempo adalah usahakan untuk membuat artikel secara teratur (1 hari 1 artikel atau 2 hari 1 Artikel atau terserah kemampuan anda, asal jangan dipaksakan). Saya sarankan 1 hari 1 artikel saja. Hal ini akan membuat anda tidak pernah bosan untuk menulis. Namun, jika memang anda mampu menulis 2 artikel per/hari, itu akan lebih baik.

Mengapa harus teratur? Hal ini akan membuktikan bahwa blog anda adalah blog yang selalu Update (setidaknya anda buktikan semua itu kepada Search Engine dan Pengunjung abadi anda). Selain itu, jika blog anda selalu teratur membuat artikel, maka google akan membantu Traffik untuk Blog anda; dengan menjadikan blog anda sebagai prioritas untuk berada di urutan atas.

2. Keyword di dalam judul
Keyword terbaik (menurut saya) untuk judul artikel adalah Keyword "Mengapa". Entah bagaimana cara kerjanya, namun Keyword "Mengapa" adalah keyword yang paling mengundang penasaran. Sebenarnya bukan kata "mengapa" yang menjadi masalah (ini hanya contoh). Permasalahannya adalah bagaimana cara membuat judul artikel anda se-menarik mungkin. Misalnya untuk judul : Mengapa saya bodoh? (tidak peduli dia teman atau musuhmu, bisa saya pastikan 89% dari orang yang melihat judul artikel anda tersebut, akan melakukan klik untuk membacanya :D ).

Jadi cobalah untuk menjadi orang yang Jenius. Buatlah artikel se-kontroversial mungkin, namun jangan sampai mengandung Kebencian dan SARA. Saya hanya menganjurkan keyword yang mengundang penasaran, bukan keyword yang mengundang kebencian. Beda loh :D

3. Unik Konten
Jika anda membuat blog dengan tujuan untuk berbagi Hobby Anda. Maka, saya ucapkan selamat. Karena hal itu akan sangat membantu untuk membuat Tulisan yang Unik (alias beda dengan yang lain). Artikel unik itu adalah artikel yang memang anda tuliskan dengan tanpa merujuk ke tulisan mana-pun. (Baca : Cara membuat Artikel 100% Unik)

4. Gunakan Keyword di paragraf pertama dan terakhir
Hal ini sangat saya wajibkan. Cerita pengalaman : Semua artikel saya yang berada di PageOne search +Google+  adalah artikel yang memiliki Keyword di Paragraf awal dan akhir. Misal artikel saya yang berjudul: Berbagi Blog Zombie Gratis. Namun memang benar, tidak semua artikel yang memiliki keyword di paragraf awal dan akhir akan mampu bersaing di Pageone +Google+ . Hal ini karena memang SEO memiliki banyak cara untuk bersaing. Dan terlebih, perlu anda perhatikan juga jumlah saingan anda dan juga Rank Blog saingan anda.

SEO Untuk Artikel "SEO Menengah"
Berbagi Blog Zombie Gratis
Sedikit lagi, di dalam menulis artikel, jangan pernah mengulangi kata yang sama (keyword yang sama). Kenapa? Karena itu termasuk SEO Black Hat (hal tersebut dilarang). Ada baiknya anda mengikuti saran saya, gunakan keyword yang anda targetkan hanya pada awal dan akhir paragraf. Sebenarnya rumus penggunaan keyword itu adalah tidak lebih 5% saja untuk Keyword jika di bandingkan dengan keseluruhan isi dari pada Artikel. Namun saya tidak mengatakan demikian, karena takut nanti ada yang salah cara mengartikan.

5. Cara menulis Keyword
Didalam menulis artikel, maka : Tulisan Tebal, Tulisan Miring, dan Tulisan memakai tanda petik adalah Keyword (hal ini berdasarkan anggapan search engine). Jadi, jika anda menuliskan sebuah tulisan, perhatikan cara menggunakan tiga jenis tulisan tersebut secara tepat. Hal ini, adalah salah satu hal yang wajib dibiasakan oleh blogger. Jika anda menargetkan sebuah kata kunci, maka Tebal-kan tulisan tersebut (atau miringkan atau berilah tanda petik). Terlihat sepele memang, namun kesalahan inilah yang sering dilakukan blogger pemula (seperti saya).

6. Tulisan yang panjang
Tulisan yang panjang bukan berarti tulisan yang tidak jelas. Kan, tidak semua artikel bisa kita tulis dengan panjang lebar? Namun, setidaknya usahakan menulis artikel yang memiliki di atas 500 kata. Mengapa demikian? dengan banyaknya kata maka akan semakin banyak keyword yang bisa anda sisipkan. Jadi, Search engine +Google+  akan mengarahkan Visitor ke dalam blog anda, tidak hanya dengan Keyword yang anda targetkan (artinya : Setiap kata di dalam artikel bisa saja menjadi keyword).

Misalnya untuk artikel saya yang berjudul : Rahasia mengetik 10 jari. Silahkan anda cari di google dengan keyword "Rahasia menulis 10 jari" dan "Rahasia Mengetik 10 Jari". Dulunya Artikel tersebut berada di urutan atas di dalam dua Long Tail Keyword tersebut. Namun, akibat Ganti Domain (3 hari yang lalu). Hanya Keyword "Rahasia Menulis 10 jari" yang masih mampu bertahan di urutan atas Search Engine.

SEO Untuk Artikel "SEO Menengah"
Perhatikan: kata menulis dan mengetik.

Jadi, Jika anda ingin mempelajari cara menempatkan Keyword yang bertebaran, anda bisa menggunakan artikel tersebut sebagai rujukan untuk belajar.

Mengapa artikel harus panjang? Selain untuk memudahkan kita menebarkan keyword, artikel yang panjang juga berfungsi untuk mempercantik Bounce Rate untuk blog anda. Dimana apabila Bounce Rate anda baik, maka semakin besar kemungkinan bagi artikel anda untuk semakin memuncaki klasemen Page One +Google+ .

7. Optimasi Pada Gambar.
Hal ini jarang di pedulikan oleh blogger pemula (saya juga pernah menjadi salah satunya). Namun yang pastinya, hampir semua search engine itu ada bagian search gambar. Jadi, optimal-kan cara ini untuk mendatangkan Traffik dari search gambar tersebut. Hal, yang perlu anda perhatikan adalah : 
  1. Jangan sampai ALT Tag gambar anda kosongkan (simpan Keyword anda di dalam ALT TAG).
  2. Jangan tempatkan Gambar Sebelum Paragraf Pertama (tempatkan setelah Paragraf Pertama atau Paragraf Selanjutnya).

Beruntung, saya juga pernah membuat beberapa tulisan dengan Niche Wisata, jadi saya bisa membuktikan kepada anda akan efektif-nya cara ini. Silahkan anda ketik-kan di Google dengan kata kunci "Andra di pucok krueng".

SEO Untuk Artikel "SEO Menengah"


Perlu di perhatikan... Didalam contoh yang saya berikan ini, tidak ada Tulisan "Andra di pucok krueng" dalam tulisan artikel, kata itu hanya berada di dalam ALT Tags Gambar. Dan berhubung tidak ada saingan untuk keyword panjang tersebut, maka sudah pasti dengan sedikit rela, google harus menampilkan gambar yang relevan untuk di tampilkan.

Kesimpulannya, ketika search Engine tidak bisa menghadirkan artikel yang relevan untuk keyword yang anda ketik-kan, maka search Engine akan menampilkan gambar yang relevan untuk kata kunci anda. Dan terlebih, ada begitu banyak orang yang memang lebih suka menggunakan search gambar di dalam mencari sesuatu di Search Engine. Jadi, manfaatkan hal ini.

8. Gunakan Link Rujukan
Menggunakan Link Rujukan didalam menulis artikel adalah salah satu yang di anjurkan oleh google. Dimana anda menuliskan sebuah artikel, lalu menyisipkan sebuah link out (link keluar). link tersebut di harapkan adalah link yang lebih baik kualitasnya di bandingkan dengan blog anda. Mengapa demikian? Hal ini akan membuat google berpikir bahwa tulisan anda memiliki bukti penguat (tentang kebenaran dan keabsahan) dari pada apa yang anda tuliskan.

Namun, meskipun demikian, yang perlu anda perhatikan dalam membuat situs rujukan adalah : jangan terlalu berlebihan membuat link rujukan. Buatlah setidaknya 1 saja. Namun, jika mengharuskan anda harus menggunakan terlalu banyak link rujukan, maka buatlah tulisan tersebut sedikit lebih panjang dari yang seharusnya anda pikirkan, agar link keluar tidak terlihat berlebihan.

9. Backlink untuk artikel
Backlink sudah pasti selalu jadi pembahasan penting dalam hal SEO. (Baca : Membahas Lengkap Tentang Backlink). Backlink yang selalu di harapkan adalah Backlink natural. Mungkin, beberapa blogger mengartikan Backlink Natural adalah Backlink yang memang benar-benar datang dari seorang yang dengan suka rela membuat situs anda sebagai Situs Rujukan dari tulisannya. Namun bagi saya, Backlink Natural tidak hanya sampai disitu.

Bagi saya, Backlink Natural adalah Backlink yang teratur, dan juga Backlink yang berada di dalam konten (bukan di dalam komentar). Jadi, jika anda tidak suka dengan cara saya mengartikan Backlink Natural, silahkan duduk manis menunggu Backlink datang dengan sendirinya.

Cara terbaik membuat Backlink Natural untuk artikel anda adalah manfaatkan Forum Diskusi (Seperti : bersosial.com). Kemudian Tuliskan kembali tulisan anda di dalam sana dengan cara yang berbeda (Review). Kemudian simpanlah Link Rujukan ke arah artikel anda (Ingat!!! Saya tidak menganjurkan anda untuk menjadi SPAMMER).

Mengapa artikel butuh Backlink? Teman-teman sekalian, Backlink adalah hal penting yang akan menguatkan keberadaan dan kualitas dari pada artikel anda. Usahakan, Backlink tersebut bisa mengarahkan Visitor ke dalam Tulisan anda. Karena, Semakin banyak visitor yang datang dari Backlink berkualitas, maka semakin besar kemungkinan artikel anda untuk naik peringkat di search Engine. (Namun, jangan salah paham... Banyak Backlink, bukan berarti banyak Visitor).

10. Lakukan BlogWakling
Hal ini, akan menambah SEO terhadap artikel anda. Dimana ketika orang berkomentar "mas, keyword itu apa?". Maka, tulisan tersebut pun akan menjadi keyword untuk artikel anda. Jadi, aktivitas BlogWalking itu, memang sangat paten untuk meningkatkan SEO artikel. Selain itu, aktivitas Blogwalking pun sangat paten untuk ajang sebar Backlink. Dan BlogWalking pula adalah hal yang paten untuk mendatangkan Traffik, untuk menambah traffik, dan untuk mengatur traffik. Awesome!!!

Apa gunanya BlogWalking? Satu-satunya hal terbaik yang mungkin bisa anda petik adalah BlogWalking mampu membuat anda mampu mengatur jumlah Traffik anda. Ingat!!! Apabila Traffik anda teratur, maka nama baik blog anda semakin baik (Setidaknya di mata saya dan google). Kenapa bisa baik? Secara orang bodoh menjelaskan : Jika blog anda hari ini mendapat traffik 100, lalu besoknya mendapat Traffik 8.000, dan lalu lusa-nya malah mendapat Traffik 100 dan seterusnya. Apa Traffik semacam itu tidak menimbulkan kecurigaan Googel? Saya aja curiga akan Traffik semacam itu :D

Jadi, gunakan aktivitas BlogWalking untuk mengatur kinerja Traffik anda. Hal ini akan menjaga nama baik blog anda.

11. Saling Review Blog
Dalam pembahasan gunakan link Rujukan saya sudah menyinggung tentang link keluar. Dan dalam Pembahasan Backlink untuk artikel saya sudah membahas tentang link masuk. Dan untuk pembahasan kali ini, saya akan menguatkan dua pembahasan tersebut. dimana saling review blog berarti saling memberi link rujukan. Dimana anda menulis sebuah artikel lalu menyisipkan sebuah link keluar, dan teman anda menulis sebuah tulisan lalu menyisipkan link mengarah ke tulisan anda. Sama-sama menguntungkan bukan?

apa hal ini baik di mata google? Jangan salah sangka, link yang saling merujuk adalah salah satu link yang di harapkan google. Mungkin tingkatan kualitasnya di bawah link yang berdiri sendiri. Namun, link semacam ini juga berfungsi untuk menguatkan kebenaran apa yang anda tuliskan. Dan terlebih, setiap link (baik link masuk atau link keluar atau link yang saling merujuk) memang harus disetarakan. Teratur-lah membuat Backlink dengan jenis apapun, karena hal itu sangat berguna untuk menguatkan identitas Blog Anda.

Oleh karena Backlink harus teratur, maka saya secara pribadi melarang teman-teman sekalian untuk membeli Backlink, karena hal itu akan menghilangkan yang namanya teratur.

***
Apakah Semua itu Cukup sebagai Ilmu SEO anda?
Tidak. Belajarlah ilmu seo itu dari segala nara sumber, agar anda bisa benar-benar mengerti apa itu SEO. Dan terlebih, jika anda menganggap anda adalah seorang yang benar-benar pemula. Maka mulailah menganut ungkapan yang di katakan oleh master saya : "Kalau ingin menikmati hasilnya, kamu harus kerja keras dulu".

Ingat... Sebagai Pemula, yang harus anda lakukan hanya usahakan untuk membuat artikel secara teratur terlebih dahulu. Karena dengan anda membuat artikel secara teratur, Traffik Blog anda akan ikut teratur. Dan seiring berjalannya aktivitas blogging anda, usahakan untuk menerapkan sedikit, demi sedikit beberapa ilmu SEO yang sudah anda pelajari. Hal ini akan membantu meningkatkan kecintaan anda terhadap Blog Anda semakin harinya.

Demikianlah beberapa SEO yang harus anda pertimbangkan didalam menulis sebuah artikel. Biasa-kan, jika menurut anda pantas untuk dibiasakan. Namun, tinggalkan apabila itu terlalu memberatkan atau memang karena anda menganggapnya Salah. Namun yang pastinya semua Trik SEO yang saya bahas ini adalah Trik SEO yang sudah saya dan cukup banyak blogger buktikan kebenarannya.

Para Ahli SEO lain, mungkin agak sedikit pelit dengan ilmu SEO miliknya. Dan, jika pun mereka ingin berbagi, mereka hanya berbagi secara sekedar saja (mereka takut ilmu mereka luntur :D ). Namun berhubung saya bukan Ahli SEO, maka saya harapkan masukan dari teman-teman sekalian yang singgah untuk kritik dan sarannya atas apa yang sudah anda baca ini :) Dan Semoga tulisan "SEO untuk artikel" ini bisa bermanfaat sebagai rujukan untuk meningkatkan Ilmu SEO. Amien!!!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

19 comments

loading...
loading...