Bisnis

header ads

Berbagai Istilah dalam dunia Blogger

Jika anda sudah atau akan menggeluti dunia blogger? Anda pasti tidak asing dengan berbagai macam istilah dalam dunia blogger yang akan coba saya jabarkan di bawah ini.

Berbagai Istilah dalam dunia Blogger

Mengenai Blog

Apa itu Blog? Blog (nama panjangnya weblog) adalah aplikasi yang berbentuk tulisan. Dimana setiap penggunanya bisa berbagi berbagai macam tulisan atau ideologi yang dimilikinya di sana (terkadang juga masuk kategori video dan gambar).

Apa itu Blogger? Setiap pengguna blog (weblog apa saja) akan mendapat sebutan blogger; yang artinya, blogger adalah orang yang melakukan aktivitas blog (blogging).

Apa itu Blog Zombie? Blog Zombie adalah blog yang sudah mati atau dihapus. Namun, karena sifat dari pada blogspot itu sendiri bisa dihidupkan (didaftarkan) kembali setelah dihapus, maka disebutlah dengan sebutan Blog Zombie (Blog setengah Mati, haha).

Apa itu Blog Dummy? Blog Dummy adalah Blog Zombie yang dimanfaatkan sebagai blog penunjang traffik untuk blog utama (atau apalah istilahnya). Untuk memperdalam lagi ilmu tentang cara memanfaatkan Blog Zombie silahkan baca tulisan: Cara memanfaatkan Blog Zombie

Apa itu Mastah? Mastah adalah sebutan pasti untuk seorang blogger yang sudah berpengalaman. Entah bagaimana cara membuktikan seorang blogger itu berpengalaman? Yang pastinya, seorang blogger yang lebih hebat dari blogger lainnya akan tetap disebut dengan sebutan mastah (Master). Dalam hal ini, jangka waktu mendaftar terkadang bukanlah patokan (patokannya lebih kepada pengalaman atau tingkatan ilmu).

Apa itu Newbie? Dalam dunia apa saja (seringnya dalam dunia game), Newbie adalah sebutan untuk User/anggota yang baru. Dalam dunia blogger, hal ini diartikan kepada blogger pemula. Pengertian ini, tentunya berasal dari istilah kata NewBie itu sendiri.

Apa itu Traffik? Traffik (sering disebut juga dengan Visitor atau pengunjung) adalah orang yang singgah ke dalam blog/posting. Istilah terhormat untuk Traffik adalah orang yang mengunjungi blog kita.

Apa Itu Niche? Niche (Niche Blog) adalah topik yang dibahas oleh blogger. Dalam hal ini lebih kepada topik yang tersudut untuk seluruh artikel. Tentu saja, untuk memilah niche suatu blog, anda harus melihat secara keseluruhan  artikel yang dibahas dalam blog tersebut. Misalnya blog sepenuhnya.com. Blog ini adalah blog yang memiliki banyak niche, mulai dari topik blogger, komputer, internet, wisata dan lain-lainnya... pokoknya hampir semua topik diembat, haha.


Mengenai Domain dan Template

Apa itu Domain? Saya lebih suka mengartikan domain seperti saya mengartikan Link (di bagian bawah), hanya saja domain adalah Link (alamat situs) untuk halaman Utama. Contoh: Yahoo.com, Google.com, dan sepenuhnya.com (sepenuhnya.com selalu jadi contoh, haha).

Apa itu SiteMap? Sitemap (peta situs) adalah kumpulan dari pada link yang berada di dalam sebuah domain. Misalnya: http://www.sepenuhnya.com/sitemap.xml

Apa itu Hosting? Hosting adalah tempat atau jasa internet yang bertugas untuk membuat blog/situs anda bisa diakses melalui jaringan internet. Seperti halnya blogspot; yang memberikan hosting kepada setiap penggunanya (walau beberapa pengguna tidak menyadarinya). Hosting sebenarnya adalah pembahasan untuk Web Pribadi. Karena, jika anda menggunakan blogspot, maka blogspot sudah menyediakan hosting untuk anda, dan anda tidak perlu khawatir.

Apa itu Template? Template adalah tempat anda untuk mengatur pola atau desain tampilan blog (situs).

Apa itu HTML? HTML (Hyper Text Markup Language) adalah salah satu bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.

Apa itu Widget? Widget (Gatget) adalah fitur tambahan untuk memperindah atau mempercantik tampilan situs. Saya kurang bisa menjelaskan agar lebih mudah dipahami. Silahkan mencari tau di tempat lain.

Apa itu JavaScript? Javascript adalah bahasa pemograman yang mampu membuat tampilan blog anda terlihat lebih hidup. Namun, terkadang bisa menjadi hal yang membuat blog anda terasa berat loading. Tergantung pada seberapa banyak dipakai, sih.

Sebenarnya masih banyak hal yang memusingkan di dalam pembahasan istilah-istilah yang digunakan di dalam template. Kita bahas di dalam kolom komentar saja (hal ini untuk memperpendek tulisan, yang memang sudah sangat panjang ini, haha).

Mengenai Tulisan

Apa itu Post? Post (sering disebut juga dengan postingan, artikel atau konten) adalah rangkaian kalimat yang dibagikan oleh blogger di dalam blog miliknya. Terkadang bisa saja berupa Gambar atau Video atau gabungan.

Apa itu Duplicate Content? Duplicate Content (konten duplikat) adalah tulisan yang meniru tulisan orang lain (terkadang juga berupa gambar dan video). Hal ini sangat banyak macam tata cara dan jenisnya. Yang pastinya, jangan pernah meniru adalah kewajiban setiap blogger sejati. Untuk menghindari duplikat konten silahkan membaca: Cara Membuat Konten Unik

Apa itu Ping? Ping (ping blog atau ping artikel) adalah cara untuk memberitahukan kepada Mesin Pencarian agar Mesin Pencarian melakukan Crawl (perayapan) terhadap blog kita. Hal ini, lebih kepada untuk memberitahukan Mesin Pencarian bahwa blog kita telah melakukan update.

Apa itu SPAM? Spam adalah sebuah kata yang tidak sengaja diciptakan dengan tujuan untuk mengatakan kepada sesuatu yang tidak pada tempatnya (lebih cocok kalau disebut sampah). Misalnya kita berbicara tentang blog, seseorang datang memberi komentar membicarakan tentang istrinya (tentu saja itu sangat berlawanan dengan topik). Silahkan pahami sendiri! Intinya spam adalah sampah (sesuatu yang tidak ada gunanya).

Intinya, Setiap tulisan yang tidak sesuai dengan topik pembicaraan (OOT) adalah SPAM. Dalam dunia blog, SPAM itu sering diartikan kepada komentar yang tidak bertujuan untuk mengomentari; atau lebih kepada hanya ingin menyebar backlink.

Apa Itu OOT? Kata ini, mungkin masih jarang digunakan di dalam dunia blogger. Namun, sekedar pengetahuan saja, kata OOT (Out Of Topic) adalah istilah yang digunakan untuk mengatakan bahwa seseorang yang telah menuliskan sesuatu yang keluar dari topik yang sebenarnya. Misalnya: wah sepertinya sudah #OOT banget nih.

Untuk pembahasan mengenai sebutan yang disingkat-singkat (si Penulis atau si komentator) sebaiknya kita bahas di lain waktu saja (kurang penting untuk pembahasan Istilah dalam Blogger).


Mengenai Link

Apa Itu Link? Saya kurang suka mengistilahkan sesuatu berdasarkan kepanjangannya. Saya lebih suka menjabarkan sesuatu sesuai dengan kegunaannya. Jadi, menurut saya, link adalah sebuah URL untuk menjadi alamat dari pada sebuah halaman/blog/konten.

Apa Itu Baclink? Backlink adalah link yang bertempat di dalam sebuah situs namun link tersebut bukanlah milik dari situs tersebut, baik itu di dalam template, di Widget, atau di dalam tulisan. Agak rumit bagi saya untuk menjelaskannya.

Berdasarkan cara membuatnya, backlink dibagi ke dalam beberapa banyak sebutan, misalnya: Live Link, dofollow, Nofollow dan sebagainya.

Apa itu Live Link? Live Link (link hidup) adalah link yang digunakan di balik Anchor Text, yang dimana jika kita melakukan klik terhadap Anchor text tersebut, maka kita akan diarahkan ke dalam link yang berada di dalam anchor text tersebut. Contoh SEO Menengah (tulisan Seo menengah adalah anchor text, dan link di dalamnya adalah live link).

Jika ada sebutan live link? Apa ada juga sebutan untuk link mati? Haha. Jika pun ada, maka link mati adalah link yang tidak menggunakan Anchor Text dan tidak menggunakan fungsi untuk diarahkan. Contoh: http://www.sepenuhnya.com/2015/10/seo-untuk-artikel-seo-menengah.html (silahkan anda klik semampus anda, haha). Link mati tersebut lebih berfungsi sebagai link (tidak begitu berfungsi sebagai backlink), karena link tersebut memang tidak diarahkan secara langsung.

Apa itu Dofollow? Dofollow (Dofollow link) adalah link yang akan dilakukan crawl (perayapan) oleh Mesin Perayapan dari Search Engine (yang bertugas merayap di Mesin Pencarian Google adalah Google Spider).

Apa itu Nofollow? Nofollow (nofollow link) adalah link yang tidak akan dirayap oleh mesin crawl search engine.

Untuk memahami kejelasan tentang backlink secara lebih dalam silahkan membaca di tulisan: Lengkap tentang backlink

APa itu Blogroll? Nama lain dari BlogRoll adalah partner blog, blog teman, blog sahabat, atau apalah istilahnya (tentu saja setiap orang memiliki cara sendiri untuk membedakan). Namun yang pastinya, BlogRoll adalah konten yang berisikan kumpulan dari pada Link milik teman.

Mengenai Kualitas Blog

Apa itu Page Rank? PageRank adalah sebuah perangkingan yang dilakukan oleh Google berdasarkan kualitas tulisan dan juga kualitas backlink situs. Dua hal tersebut adalah hal penting di dalam perangkingan, walau masih banyak juga hal lain yang tidak kalah penting yang harus anda pertimbangkan.

Apa itu Alexa Rank? Alexa adalah sebuah perangkingan blog yang dilakukan oleh Alexa.com. Alexa mengukur rank tersebut berdasarkan traffik sebuah blog. Dan untuk saat ini, angka 1 masih milik kandidat yang tidak ada saingan yaitu google.com

Apa itu PA? PA (Page Authority) adalah perangkingan yang dilakukan oleh Moz.com terhadap situs/Link/URL berdasarkan Backlink dan Traffik dari situs tersebut. Sebenarnya cukup banyak pertimbangan di dalam Rank PA, bahkan terkadang angka Share sosial media sebuah URL pun menjadi pertimbangan.

Mengenai SEO

Apa itu SEO? SEO (Search Engine Optimizition) adalah kiat yang harus dilakukan setiap blogger untuk mempermudah tulisannya ditampilkan di mesin pencarian. Saya mengatakan Kiat, karena SEO memiliki banyak sekali tahap dan juga membutuhkan waktu di dalam pengerjaannya (hal ini masih dalam kategori terkadang). Memang tidak semua artikel terlihat membutuhkan SEO, namun jika anda mengerti akan sulitnya bersaing untuk memperebutkan posisi atas Search Engine dengan saingan yang sangat banyak? Anda pasti akan paham apa yang saya maksudkan.

Apa Itu Keyword? Keyword (kata kunci) adalah kata yang digunakan untuk mencari sesuatu di Search Engine. Misalnya anda membuka Google Search, kemudian mengetik Siapakah ariefsigli itu? Nah, maka 3 kata tersebut (siapakah, ariefsigli, itu) adalah Keyword.

Apa Itu SERP? SERP (Search Engine Result Page) adalah hasil dari pencarian mesin pencarian (Search Engine). Misal, anda mengetik di Google dengan keyword "Ariefsigli sangat ganteng". Maka Google akan menampilkan tampilan dari pencarian anda. Tampilan itulah yang disebut dengan SERP.

Apa itu BlackHat? Segala macam Seo yang bertujuan untuk mengelabui mesin pencarian (atau bisa juga mengelabui  pengunjung) artinya SEO BlackHat. Contoh: Auto Redirect, Kata Kunci yang berlebihan, dan segala macam lainnya (saya kurang suka bercerita sesuatu yang akan membuat anda mencari tau lebih lanjut tentang sesuatu yang buruk).

Sekedar pengharapan (dan saran) untuk teman-teman sekalian, jangan pernah mencoba belajar di tempat lain (tempat mana pun) tentang BlackHat. Jadilah, blogger yang mencintai tulisan anda (kalau bisa, sejadi-jadinya, haha). Jika anda sanggup menghargai diri anda sendiri; dengan tidak melakukan kerja kotor, saya siap menyebut anda blogger sejati.

Apa itu WhiteHat? Seo yang diterapkan dengan cara yang benar adalah Seo WHiteHat. Cara yang benar yang saya maksudkan adalah cara yang tidak melanggar TOS (peraturan) dari setiap Search Engine. Sebenarnya cukup banyak SEO yang masih dalam kategori WhiteHat, contoh terbaik adalah menyajikan tulisan yang bermanfaat.



***
Cukup sekian dulu pembahasan Berbagai Istilah dalam dunia Blogger. Saya sangat mengetahui, masih terlalu banyak yang belum saya artikan. Namun, untuk kelengkapan dari artikel ini, silahkan bantu saya untuk melengkapinya dalam kolom komentar (baik itu berupa kritik dan saran atau memang sebuah pertanyaan). Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian, terimakasih sudah memilih membaca di sini.

Posting Komentar

8 Komentar

  1. makasih infonya, nambah wawasan saya...

    BalasHapus
  2. wah...rupanya banyak istilah yang masih belum di ane ketahui....makasih ni infonya...

    BalasHapus
  3. ada beberapa yang tidak saya tau sebelumnya hebat dah ane taunya disini :3

    BalasHapus
  4. nice info gan,,,
    tentang wordpress ada gak??

    BalasHapus
  5. ketemu juga istilah istilah yang ane nggak tau

    BalasHapus
  6. wow..banyak banget istilah nya....semoga perlahan2 bisa mengerti istilah tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seiring berjalannya waktu, "kebiasaan" pasti akan mengajari kita (dan memudahkan kita) :)

      Hapus
  7. Wah ternyata istilah-istilah dalam dunia blog tidak sedikit yah, banyak juga. Tapi jadi paham setelah baca istilah-istilah ini! Makasih ya gan!

    BalasHapus