loading...
Cara Mendapatkan Backlink - Mungkin dalam pembahasan "Membahas lengkap tentang backlink" saya pernah mengungkit beberapa cara mendapatkan backlik. Namun, tidak ada salahnya sekarang saya memperlebar masalah tersebut agar lebih mudah untuk dimengerti. Dalam pembahasan ini, saya tidak lagi akan mengoceh apa itu backlink dan semacamnya, saya hanya akan membahas secara utuh apa yang menjadi judul dari artikel ini.

Situs terbaik untuk menyimpan backlink :
  1. Backlink dari situs .Edu dan .Gov
  2. Backlink dari situs kualitas tinggi (baik kualitas PA, DA, dan PR)
  3. Backlink dari situs yang memiliki Niche yang sama dengan topik blog anda.
Cara mendapatkan Backlink yang berkualitas :
Setiap backlink yang berasal dari 3 situs yang saya sebutkan diatas adalah backlink yang berkualitas, dengan syarat : Harus Backlink Dofollow dan Anchor teks berkualitas.
  1. Backlink Dofollow adalah backlink yang akan dilakukan Crawl oleh mesin perayapan Search Engine.
  2. Anchor Teks berkualitas adalah anchor teks yang bervariasi, namun tidak menjauhi keyword yang sebenarnya (dan juga tidak berlebihan). Misalnya untuk tulisan : "cara mendapatkan backlink" ini. Maka, beberapa anchor teks yang sesuai adalah :
***Jika Backlink tidak bervariasi, maka situs anda bisa saja dianggap membeli backlink, dan atau setelahnya akan dianggap sebagai situs SPAM.

Yang perlu anda hindari ketika membuat backlink :
  1. Jangan membuat anchor teks yang tidak sesuai dengan keyword konten. Usahakan selalu membuat anchor teks yang bervariasi, seperti yang saya contohkan di atas. Contoh anchor teks yang perlu anda hindari adalah klik disini, atau baca selengkapnya.
  2. Jangan menyimpan backlink yang sama di situs yang sama (apalagi dengan anchor teks yang sama persis).
  3. Jangan menyimpan backlink di situs yang memiliki reputasi SPAM.
  4. Ketika sedang ingin membuat backlink, selalu perhatikan nama baik blog anda.

Cara mendapatkan backlink paling ampuh :

1. Cara Mendapatkan backlink Memanfaatkan google Search
Hampir setiap orang, pernah membuka google untuk mencari informasi di internet (saya harap anda termasuk salah satunya). Dan seperti sama-sama kita tau, SERP google selalu berusaha mengurutkan situs terbaik untuk berada diurutan atas. Jadi, sehabis membaca informasi yang disediakan oleh situs yang anda baca, biasakan untuk menghargai tulisan tersebut dengan meninggalkan komentar. Namun, hanya jika diperbolehkan menggunakan link di komentar, barulah anda menyimpan backlink.

***Perhatikan aturan berkomentar di dalam setiap situs (lain situs, lain aturan).
***Jika anda pernah berpikir untuk mencari backlink dengan tidak terlalu memaksakan diri, maka biasakan kiat yang satu ini.

2. Cara Mendapatkan backlink Memanfaatkan Forum Diskusi
Forum Diskusi adalah tempat berkumpulnya pengguna internet untuk mendiskusikan sesuatu, tanya jawab, dan semacamnya. Forum Diskusi yang saya maksudkan adalah Forum Diskusi yang menyediakan Signature. Anda bisa menggunakan Forum Diskusi sebagai ajang untuk pamer ilmu atau hanya untuk mencuri ilmu (sambilan menyimpan backlink). Didalam kasus saya, saya lebih memilih menjadi Newbie (karena saya memang Newbie). Namun sebagai ajang Fokus, saya aktif hanya pada satu Forum  saja, yaitu bersosial.com (sangat saya rekomendasikan).
Cara Mendapatkan Backlink
Gambar : Backlink berdasarkan Webmaster
Beberapa Forum Diskusi mungkin tidak membiarkan penggunanya membuat link, namun masih cukup banyak Forum Diskusi yang membolehkan. Untuk kelanjutannya silahkan membaca : Forum Indonesia yang menyediakan sinature.

***Dalam Pembahasan Mendapatkan Backlink, seberapa Efektif kerja anda berbanding lurus dengan hasil yang anda dapatkan.

3. Mendapatkan Backlink memanfaatkan Backlink Blog Orang Lain
Cara yang satu ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan Backlink berkualitas terbaik. Intinya, silahkan mencari Blog dengan Kualitas yang bagus. Kemudian, silahkan mencari tau dari mana sumber backlink blog tersebut. Silahkan gunakan Kreatifitas anda (saya selalu merasa bahwa setiap blogger memiliki Kreatifitas yang tinggi)

***Untuk mengetahui sumber backlink blog, anda bisa menggunakan layanan : AhrefsMoz dan juga beberapa situs lainnya.

4. Cara Mendapatkan Backlink memanfaatkan Blog Walking
Memilih Situs pagerank tinggi untuk menyimpan backlink bukanlah sesuatu yang salah, namun melupakan situs yang belum mempunyai peringkat adalah kesalahan (karena, bukan tidak mungkin situs yang tidak mempunyai peringkat, suatu saat akan memiliki peringkat). Jadi, silahkan pergunakan ajang Blog Walking sebagai ajang simpan backlink. Dalam pembahasan ini, selain anda mendapatkan Backlink, anda juga bisa mendapat Visitor. Anda bahkan bisa saja memanfaat aktifitas Blog Walking sebagai ajang menambah Follower Blog.

***Usahakan menyimpan backlink di situs berkualitas. Jika tidak mampu, maka usahakan menyimpan backink di situs yang memiliki niche yang sama dengan blog anda (kedua backlink ini, hampir sama baiknya).
***Tempat yang baik untuk aktivitas Blog Walking adalah grup Facebook (Rekomendasi : Aliansi Blogger Indonesia).

5. Cara Mendapakan Backlink dengan cara BlogRoll (tidak saya rekomendasi)
Jika anda pernah singgah ke dalam sebuah situs yang membahas topik yang sama dengan situs anda atau situs berkualitas. Maka, usahakan untuk menghubungi contact yang disediakan situs tersebut. ajaklah untuk melakukan pertukaran link (Blogroll atau Partner blog). Mungkin akhir-akhir ini, desas-desis tentang link semacam ini sudah sangat jelek dimata Google. Namun Dalam SEO, desas-desis bukanlah suatu pegangan yang pasti.

Satu-satunya alasan mengapa google terlihat membenci halaman BlogRoll (kumpulan link) adalah karena proses crawl akan membutuhkan waktu sedikit lama. Hal itu disebabkan karena terlalu banyak link yang harus di Crawl.

***Silahkan pikirkan baik buruknya dulu, baru mempraktekkannya.
***Selalu pastikan blog yang anda ajak pertukaran link memiliki Alexa Rank yang baik.
***Alexa Rank bisa menjamin Traffik sebuah blog (setidaknya menurut saya).






6. Cara Mendapatkan Backlink Memanfaatkan Guest Blog
Guest Blog adalah menjadi penulis di Blog orang lain, dengan harapan kita bisa menyimpan sebuah backlink pada setiap tulisan yang kita tulis pada blog tersebut. Hal ini hanya saya rekomendasikan kepada blogger yang memang sudah terlalu mampu menulis dan kreatif (saya masih belum mampu). Dalam Tahap ini, anda juga bisa mendapatkan uang (sesuai perjanjian yang anda buat).

***Pembahasan backlik, selalu membahas tentang seberapa besar peluang yang membuat backlink itu mendapat klik.

7. Cara Mendapatkan Backlink Memanfaatkan Error Link dalam Blog Orang lain
Dalam tulisan blog orang lain, mungkin terdapat beberapa Link yang sudah Error. Jadi, manfaatkan cara ini dengan memberitahukan admin blog tersebut bahwa ada link Error didalam blog miliknya. Lalu tawarkan link anda sebagai penggantinya. Untuk cara yang satu ini, sebaiknya jangan dipaksakan. Saya hanya mempergunakan cara ini ketika sedang berburu Blog Zombie. Istilahnya, sambil menyelam minum teh manis.

***Usahakan kegiatan mencari backlink sesuai dengan kebiasaan anda. Hal ini agar anda tidak merasa benci dengan Dunia Blogger.

8. Cara mendapatkan Backlink Memanfaatkan Resource link building
Pernah melihat tulisan semacam ini di google search? (Keyword: "5 blog seo indonesia terbaik") :
mendapatkan backlink dengan cara resource link building
Gambar : mendapatkan backlink dengan cara resource link building 
Untuk cara yang satu ini, masih dengan cara meminta dan berharap pada admin blog lain. Saya belum pernah melakukannya (karena blog saya belum terlihat mampu membahas satu topik). Jadi, jika teman-teman merasa hanya membahas satu topik pembicaraan di dalam blog anda, silahkan menggunakan cara yang satu ini.

***Cobalah untuk menjadikan blog yang berkualitas, mungkin dengan begitu anda tidak harus meminta pada admin lain.

9. Cara Mendapatkan Backlink memanfaatkan Email
Cara yang satu ini, hanya saya sarankan untuk blogger yang memang aktif dalam berkomukasi menggunakan email (baik yahoo atau Gmail atau lainnya). Yang harus anda lakukan hanyalah mengaktifkan Email Signature.

***Manfaatkan kebiasaan anda agar cara mendapatkan Backlink Versi anda semakin baik.

10. Cara Mendapatkan Backlink memanfaatkan  Yahoo Ask.
Untuk saat saya menulis tulisan ini, backlink dari Yahoo Ask sudah tidak begitu bagus. Karena Yahoo sudah membuat Link di Yahoo Ask menjadi link mati. Namun, sebagai ajang untuk membuktikan profesionalisme anda, saya rasa anda masih bisa menggunakan cara ini.

***Usahakan untuk benar-benar memberi jawaban yang berkualitas.
***Jika tidak mampu memberikan jawaban yang berkualitas, usahakan memberi jawaban yang unik.

11. Cara Mendapatkan backlink Memanfaatkan Blog Zombie (Dummy)
Blog Zombie adalah blog yang sudah dinonaktifkan oleh pemiliknya. Yang anda dan saya perlukan adalah blog zombie berkualitas (dimana sudah memiliki Backlink yang banyak). Manfaatkan Blog Dummy tersebut untuk menyimpan backlink untuk Blog Utama anda. (baca: Cara memanfaatkan Blog Zombie)

***Perhatikan kualitas Blog Zombie, sebelum benar-benar anda pergunakan.

12. Cara Mendapatkan Backlink Manfaatkan Social Media
Saya tidak menyarankan anda untuk aktif di semua situs media sosial, saya hanya menyarankan anda untuk memilih media sosial yang cocok dengan kemampuan promosi anda. Untuk backlink utama dari pada setiap Media Sosial, silahkan simpan di profil anda.

***Hampir Semua Media Sosial menyediakan tempat untuk berbagi Link Blog dibagian edit Profil.
***Daftarkan saja semua sosial media yang ada, tapi Fokus pada 1 atau 2 Media sosial saja sebagai ajang promosi.

13. Cara Mendapatkan Backlink memanfaatkan E-book
Buatlah sebuah E-book (sebaiknya E-book gratis, agar mudah bertebaran) itu akan membuat Blog anda terlihat lebih Profesional. E-book yang saya maksud adalah E-book dengan format PDF yang mana didalamnya anda simpan backlink untuk Blog anda. 






***E-book adalah satu-satunya backlink yang tidak memiliki resiko terkena SPAM.
***Upload E-book tersebut ke situs mana saja.
***Sekedar Rekomendasi: Upload ke Academia.Edu (agar mendapat 2 manfaat backlink sekaligus).
***Google Chrome mampu menjelajah ke dalam File PDF dengan sangat baik, jadi sudah pasti google dapat melihat backlink yang kita tanam di dalam E-book tersebut.


PENUTUP :
Beberapa cara di atas perlu anda perhatikan tata cara pelaksanaannya, karena beberapa cara di atas bisa saja berakibat SPAM (apabila anda kurang paham tata cara penggunaannya). Sebenarnya ada cukup banyak teknik lain yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan Backlink. Namun, saya kurang suka merekomendasikan (karena akibat SPAM-nya terlalu tinggi di mata saya).

Usahakan untuk selalu mencari Backlink, sesuai dengan kebiasaan anda. Hal itu akan sangat membantu ke-efektivitas-nya hasil yang anda dapat.

Sekian Cara Mendapatkan Backlink yang mampu saya sajikan. Untuk kelengkapan artikel ini, bagi teman-teman yang mungkin memiliki cara lain yang lebih efektif, silahkan dibubuhkan dalam kolom komentar di bawah ini. Akhir kata dari saya, Selamat Mencoba :)

Post a Comment

  1. Boleh dicoba gan, thank trik nya, ane kagak pernah maen2 backlink :v

    ReplyDelete
  2. mantap gan :D bermanfaat bagi ane yg lgi nyari backlink =D

    ReplyDelete
  3. terkadang backlink dengan cara blog walking ga natural gan, ga disukai google, soalnya kita menyimpan link orang lain dengan niche yang berbeda beda. tapi tips yang lain nya sangat membantu sih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya menyarankan Blog Walking sebenarnya karena beberapa manfaat lain, saya tidak menyarankan untuk teman-teman sekalian agar fokus pada backlink artikel ini lebih kepada, "jika ada kesempatan untuk membuat backlink? maka pergunakan". Titiknya adalah gunakan kebiasaan anda beraktifitas di internet agar bisa memaksimalkan backlink.

      Delete
  4. Okhe gan.ane siap praktekin satu". . . Jd newbie mang ribet yaa belum paham sana sini

    ReplyDelete
  5. Thanks gan infonya :D Izin Coba juga :D

    ReplyDelete
  6. Cari backlink lewat komentar apa masih bagus di mata SE ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua backlink bagus, apalagi kalau dari situs yang saya saran kan di atas... asal jangan nyepam aja

      Saingan kualitas backlink semacam ini ya, ya backlink yang memang berada di dalam postingan... cuman kan berat kalau harus minta-minta sama admin lain, "ngasih link ke blog saya dong :D "

      Delete
  7. tq tricknya gan..ane mau terapin....

    ReplyDelete
  8. manfaat backlink sangat berpengaruh tetapi saya masih awam sekali mendapat backlingnya..mungkin ada tips speksifik gan ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lain kali akan saya bahas lagi :)

      Delete
  9. wah bermanfaat bro, please cek blog saya, mungkin masih ada yg harus diperbaiki http://www.excation.info/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus mas... tinggal perbanyak post aja hehe... Oya, mungkin "meta keyword" sebaiknya di ganti aja atau di tambah keyword lagi :) saya lihat meta keyword blog mas menggunakan nama blog :)

      Delete
    2. mas arief, mau tanya donk, untuk meta keyword sebuah blog atau website tidak boleh sama ya. kenapa ya? thx

      Delete
    3. Maksud pertanyaannya bagaimana ya Pak Lantai Vinyl? saya kurang mengerti apanya yang tidak boleh sama?

      Kalau Keyword? sebaiknya hanya 3 saja untuk pilihan utama (satu sama lain, memang tidak boleh sama).

      Kalau Keyword antar satu Blog dengan Blog lain? Sama atau tidak sama itu bukan masalah, selama memang kita ingin bersaing dengan kata kunci tersebut.

      Delete
  10. thx ilmu nya mas,, saya mau nanya tentang upload ebook ke academia edu, di pembhasan di atas mas mngatakan jika kita upload file ke academia kita akan mendapatkan 2 manfaat backlink sekaligus,, mksudnya itu apa mas? apa kita akan mendapatkan dua backlink dari academia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud saya Backlink Upload(1) dan juga backlink .Edu(2)
      *** ada juga yang memperhatikan sampai ke situ :)

      Delete
  11. terima kasih, saya jadi mengerti cara menyimpan backlink :-)

    ReplyDelete

loading...
 
Top