Komponen-Komponen Komputer dan fungsinya

Komponen-Komponen Komputer yang akan saya bahas ini adalah komponen yang nyata atau dengan kata lain Komponen yang dapat dilihat, karena semua komponen yang  saya bahas ini memiliki bentuk dan struktur yang nyata. Komponen komputer adalah kesatuan perangkat komputer yang dapat berfungsi, hanya jika bekerja sama atau komponen tersebut saling terikat untuk bisa difungsikan.


Berikut Nama-Nama Komponen Komputer dan Fungsinya :


1. MotherBord
MotherBoard adalah ibu dari semua Komponen Komputer. Maksudnya, Semua komponen yang ada di dalam komputer harus terhubung dengan yang namanya MotherBord agar bisa difungsikan. Secara jelasnya, MotherBord menyatukan semua komponen tersebut agar bisa saling berkomunikasi untuk dapat kita gunakan.
Gambar komponen Komputer (MotherBord)
Gambar komponen Komputer (MotherBord)
2. CPU (Central Processing Unit)
CPU atau Processor adalah otak dari komputer. Dimana semua yang tugas komponen komputer akan terlebih dahulu diolah oleh Processor, baru kemudian menjadi perhitungan yang dapat dibaca oleh pengguna komputer.
Gambar komponen Komputer (CPU)
Gambar komponen Komputer (CPU)
3. RAM (Random Access Memory)
RAM adalah tempat tersimpannya segala data yang sedang dikerjakan oleh pengguna komputer. Data tersebut dapat diakses secara acak, oleh karena itulah disebut Random. Sekedar informasi jika inin membeli RAM, maka anda harus memilih yang sesuai dengan Slot RAM yang dimiliki oleh MotherBord komputer anda.
Gambar komponen Komputer (RAM)
Gambar komponen Komputer (RAM)
4. VGA (Video Graphic Array)
VGA adalah Outpun pneting untuk sebuah komputer, fungsinya untuk menerjemahkan tampilan monitor komputer. Untuk membeli VGA pun, anda harus sedikit teliti, karena VGA juga harus sesuai dengan MotherBord komputer. Untuk spesifiknya, nama VGA harus sesuai dengan slot yang oleh MotherdBord, misal : PCI-X, PCI Express, AGP, dan sebagainya.
Gambar komponen Komputer (VGA)
Gambar komponen Komputer (VGA)

5. HDD (Hard Disk Drive)
HDD atau sering disebut Hard-disk adalah tempat penyimpanan data (biasa kita kenal memori). Hard-disk pun masih harus sesuai dengan MotherdBord. Jadi, anda harus sangat teliti ketika ingin membelinya.
Gambar komponen Komputer (HDD)
Gambar komponen Komputer (HDD)

6. Sound Card
Sound Card berfungsi seperti namanya, yaitu untuk menghasilkan/output audio atau suara. Biasanya, untuk Sound Card memang sudah disediakan satu paket di dalam MotherBord, jadi anda tidak perlu khawatir dengan hal ini.
Gambar komponen Komputer (Sound Card)
Gambar komponen Komputer (Sound Card)
7. Optical Disc Drive
Optical Disc Drive atau sering disebut dengan nama CD Drive atau Drive CD adalah Drive yang berdungsi untuk membaca dan menyimpan data dalam bentuk CD, DVD, Blu-Ray, dan Semacamnya.
Gambar komponen Komputer (optical disc drive)
Gambar komponen Komputer (optical disc drive)
8. PSU (Power Supplay Unit)
PSU adalah alat yang berfungsi untuk merubah arus listrik menjadi energi yang bisa digunakan sebagai energi komputer. Komponen komputer yang satu ini akan menyalurkan energi tersebut ke MotherBord, Hard-disk dan sebagainya.
Gambar komponen Komputer (Power Supplay Unit)
Gambar komponen Komputer (Power Supplay Unit)
9. Monitor
Monitor adalah layar komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau Video yang sudah dicerna oleh VGA. Apabila VGA anda bermasalah, maka gambar yang akan ditampilkan pun akan bermasalah. Jadi, jika anda merasa aneh dengan komputer anda, maka letak masalahnya adalah pada VGA laptop anda.
Gambar komponen Komputer (Monitor)
Gambar komponen Komputer (Monitor)
10. KeyBoard
Keybord adalah alat yang berfungsi untuk input teks. Fungsi nyatanya adalah untuk membantu pengguna komputer dalam mengetik. Jenis dan ragamnya pun, untuk saat ini sangat beragam, dan harganya pun sangat beragam.
Gambar komponen Komputer (Keyboard)
Gambar komponen Komputer (Keyboard)

Demikian beberapa Komponen komputer dan Fungsinya yang mungkin harus anda ketahui. Sebenarnya ada beberapa lagi yang ingin saya jabarkan, cuma menurut saya sudah terlalu umum, jadi saya cukupkan sampai angka 10 saja. Semoga tulisan ini dapat membantu anda sekalian didalam memahami.


Disqus Comments