9 Cara Promosi Blog Gratis dan Efektif

11 Cara Promosi Blog Gratis dan Efektif
Cara Promosi Blog Gratis dan Efektif - Dalam beberapa pembahasan, cara mempromosikan blog hampir sama kisahnya dengan cara mendapatkan backlink atau cara mendapatkan pengunjung blog. Jadi, silahkan perdalam ilmu anda dalam hal-hal semacam itu, karena kebutuhan traffik adalah kebutuhan pasti untuk sebuah blog. Namun demikian, jangan pernah berpikir bahwa backlink = visitor. Karena kenyataannya, banyak backlink belum tentu banyak visitor (terlalu banyak blogger yang masih salah mengartikan backlink).

Promosi Blog Gratis dan Efektif

Cara mempromosikan blog, untuk setiap blogger memiliki kiat yang berbeda-beda. Karena memang tidak semua blogger memiliki kebiasaan yang sama, baik dalam hal menggunakan internet atau dalam hal di luar internet. Namun oleh karena saya yang harus menjelaskannya. Mari simak dahulu beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam hal mempromosikan blog:

1. Domain dan Nama Blog

Salah satu hal yang sangat perlu anda perhatikan dalam mempromosikan blog adalah memilih domain yang pendek dan unik. Hal ini diharapkan agar pengunjung yang nantinya terjaring mudah untuk mengingat domain blog anda (tentu saja, agar mereka mudah kembali lagi ke dalam blog anda suatu saat nanti). Jadi kesimpulannya, pilihlah domain yang mudah untuk diingat orang lain.

Nama Blog yang sangat bagus itu adalah nama blog yang sesuai dengan domain anda. Hal ini tentu saja akan membuat domain anda dan nama blog anda akan saling memberi nilai lebih, atau istilah lainnya; saling menguatkan satu sama lain. Tentu saja hal ini masih tentang untuk memudahkan pengunjung mengingat nama blog anda.

Semakin pendek dan unik domain anda, semakin mudah orang untuk kembali ke dalam blog anda.

2. Mendaftarkan Domain yang Mirip dengan Domain Anda

Misalnya domain sepenuhnya.com, maka domain yang seharusnya anda daftarkan adalah sepenuh-nya.com atau penuh.com atau apalah. Hal ini perlu dilakukan untuk membantu pengunjung anda kembali lagi ke blog anda.

Bukan tidak mungkin pengunjung yang pernah singgah ke dalam blog anda ingin kembali lagi, namun lupa atau samar-samar dengan domain blog anda. Jadi, hal ini perlu dilakukan untuk membantu pengunjung tetap kembali ke blog anda (walau dia salah menulis alamat/domain blog).

Alasan lain adalah agar orang lain lebih mudah mengingat. Semisal yang dilakukan oleh Facebook; mereka memiliki domain fb.me yang juga mengarah ke facebook.com.

Contoh lain dalam hal ini adalah adsense; dengan mengetik adsense.com, anda akan dialihkan ke alamat www.google.com/adsense/start/ (silahkan mencoba).

Hal ini hanya saya anjurkan untuk blog/situs besar.

3. Memilih Niche yang Tepat

Ada baiknya anda memilih sebuah niche untuk setiap blog anda, agar blog anda dikenal dengan sebuah niche. Awalnya memang tidak begitu penting untuk menjadi pertimbangan, namun seiring anda menambah postingan, hal ini akan semakin membuat blog anda mudah untuk diingat (dengan identitas tertentu).

Semakin banyak yang mengingat blog anda, semakin besar kemungkinan mereka kembali lagi.

4. Template Blog

Template blog yang ringan adalah template blog yang harus anda pilih. Selain itu juga harus responsif dan tentunya enak untuk dilihat dan usahakan jangan memilih warna yang gelap. Template yang gelap kurang disukai oleh google dan (mungkin juga) oleh beberapa pengunjung. Hal ini karena patokan bahwa warna yang gelap membuat tulisan sulit untuk dibaca.

Semakin lambat loading blog anda, maka semakin besar kemungkinan pengunjung tidak akan kembali lagi dalam blog anda.

5. Cara Menulis Tulisan

Cara menulis saya serahkan kepada anda. Menulislah berdasarkan cara dan keinginan anda (jangan pernah menggunakan cara orang lain). Jika anda menulis dengan cara orang lain, maka tulisan anda tidak akan ada nilai tambah di mata pengunjung (dan di mata mesin pencarian).

Ingat: yang diharapkan oleh mesin pencarian adalah tulisan yang unik dengan kadar informasi yang memang dibutuhkan. Hal ini tentu saja diperlukan agar mesin pencarian merasa diuntungkan dengan keberadaan blog anda.

Tapi menulislah untuk pengunjung, bukan hanya untuk mesin pencarian.

6. Link dan Backlink

Usahakan ketika menulis postingan untuk selalu menyisipkan link ke tulisan anda yang lainnya. Setidaknya hal ini juga termasuk ajang promosi yang baik (berdasarkan penilaian apapun, asal jangan berlebihan).

Semakin banyak pengunjung datang ke salah satu tulisan anda, maka semakin besar kemungkinan pengunjung tersebut untuk ikut menyinggahi tulisan anda yang lain (jika anda menyisipkan link rujukan).

Dan selain itu, link-in juga sangat membantu boot search engine untuk melacak keseluruhan isi blog anda. Mungkin anda sudah ketahui, jika boot menyinggahi sebuah halaman, maka juga akan melacak atau melanjutkan kerja pada setiap link yang ada di dalam halaman tersebut.

Hal tersebut juga berarti bahwa anda harus berhati-hati dalam menggunakan link-aktif. Karena penilaian rangking blog sangat bergantung pada setiap link, baik itu link-out, link-in, atau link timbal balik (link apapun).

Hal yang baik ketika membuat link-out adalah perhatikan kualitas link tersebut. Jika anda tidak yakin link tersebut akan memberi nilai positif terhadap blog anda, maka sebaiknya buatlah link tersebut menjadi No-Follow (link No-Follow adalah link yang tidak akan memberi dampak). Link No-Follow adalah satu-satunya cara untuk melarang boot memberi dampak terhadap link.

7. Sering Membuat Artikel (Update)

Jika anda hanya peduli dengan cara promosi blog tapi lupa untuk menambah artikel, maka promosi blog pun terasa sedikit tidak berguna.

Nah, sekarang mari kita masuk ke pembahasan yang sebenarnya. Namun, simak dahulu beberapa hal berikut:
  • Cara terbaik untuk promosi blog adalah dengan mengandalkan kebiasaan (baik kebiasaan anda saat menggunakan internet atau kebiasaan anda di luar internet).
  • Sebelum mempromosikan blog, silahkan teliti dulu pasar yang layak untuk blog anda. Contoh terbaik di dalam dunia nyata adalah jangan pernah mempromosikan pesawat terbang di pasar ikan (sungguh sangat tidak tepat dan tidak pantas).
  • Efektif tidaknya hasil promosi yang anda lakukan, sangat bergantung pada cara anda melakukan promosi. Artinya semakin anda rajin, semakin dekat pula anda dengan keinginan anda. Semakin anda melangkah, semakin dekat pula anda dengan tujuan anda.

Cara Promosi Blog Gratis dan Efektif

1. Promosi Blog Melalui Facebook

Hampir semua orang memiliki akun Facebook, bahkan saya sendiri punya (pernah membuat) puluhan atau mungkin ratusan akun Facebook (untuk dan atau dengan tujuan yang berbeda-beda). Yang pastinya, Facebook adalah tempat promosi yang bagus (jika dilihat dari jumlah penggunanya).

Cara paling efektif untuk mempromosikan blog melalui Facebook adalah dengan memanfaatkan fasilitas Grup dan Fanspage yang memang sudah disediakan sebagai tempat promosi.
  • Untuk pembahasan Grup Facebook, silahkan mencari sebanyak mungkin grup yang memiliki topik yang sama dengan pembahasan tulisan anda (tidak saya sarankan menjadi SP*MMER). Sebelum membuat kiriman, silahkan baca dahulu ketentuan yang berlaku untuk setiap grup tersebut.
  • Untuk pembahasan Fanspage, sebenarnya anda diharuskan terlebih dahulu memperbanyak orang yang menyukai Fanspage anda. Perhitungannya, semakin banyak yang aktif di Fanspage anda, semakin efektif pula hasil promosi yang anda dapatkan.

2. Promosi Blog melalui Twitter

Saya kurang suka dengan Twitter, karena Twitter sangat membatasi jumlah kata di dalam post/tweet. Namun, apabila anda adalah seorang yang aktif didalam Twitter, tidak ada salahnya agar mengoptimalkan ajang promosi anda juga melalui twitter.

Kita tutup di sini pembahasan tentang sosial media, sebaiknya anda aktif (seaktif-aktifnya) dalam satu sosial media saja. Agar fokus anda semakin baik.

Semakin anda fokus, maka semakin ampuh hasil kerja anda.

3. Promosi Blog dalam Blog Orang Lain

Jangan pernah berpikir dengan berkomentar di blog orang lain hanya akan mempercantik blog orang lain. Dalam hal promosi blog, sebaiknya mulailah dari blog-blog yang sudah terlebih dulu berada di search engine. Silahkan cari kata kunci yang sesuai dengan blog anda, kemudian silahkan memberi komentar yang sesuai dengan ketentuan berkomentar yang dianjurkan dalam setiap blog tersebut.

Tidak peduli bagaimana cara anda berkomentar. Asalkan komentar anda bermanfaat (baik sebagai masukan atau membangun), maka akan sangat besar kemungkinan orang yang membaca komentar anda, akan mencari tahu lebih lanjut tentang keberadaan anda. Hal ini, tentu saja sangat bergantung kepada cara anda berkomentar.

Anjuran saya: silahkan berkomentar dengan Komentar/masukan yang membangun (hal ini akan membuat anda terlihat profesional). Namun, jika tidak mampu, silahkan mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan topik. Ingat: Hanya 2 jenis komentar inilah yang jarang masuk ke dalam kategori SP*M.

4. Promosi Blog dalam Forum Diskusi

Forum yang saya anjurkan adalah Forum yang menyediakan Signature. Forum tersebut, akan memberi nilai lebih dalam hal mempromosikan blog (dan juga dalam hal mendapatkan Backlink). Forum Diskusi itu hampir sama kerjanya seperti Sosial Media. Hanya saja Forum Diskusi lebih berfungsi sebagai tempat diskusi atau tempat saling memberi informasi atau dengan kata yang lebih baik: Sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang mendiskusikan suatu informasi.

Semakin aktif anda di berbagai forum, maka semakin baik pula hasil yang akan anda dapatkan. Anda bisa memilih untuk menjadi komentator yang baik di dalam Forum atau menjadi salah satu pembuat THREAD terbaik. Yang pastinya, jangan pernah menjadi blogger yang hanya tau nyep*m saja.

5. Promosi Blog di Youtube

Jika anda aktif mengupload Video di akun Youtube anda, silahkan sisipkan link dalam video.

6.  Promosi Blog dengan Username Akun

Menggunakan username dengan nama blog anda untuk setiap akun milik anda adalah cara yang efektif (tingkat efektifnya sangat bergantung pada seberapa aktif anda di dalam akun tersebut). Kasus ini bukan hanya untuk username sosial media, tapi juga untuk username game online yang anda mainkan, dan sebagainya.

7. Promosi Blog dengan Signature Email

Jika anda aktif menggunakan Email, silahkan aktifkan Signature Email anda (baca: cara membuat signature email). Untuk ajang promosi, hal ini juga bergantung pada seberapa aktif anda di dalam email. Jadi, jika anda bukan seorang yang aktif dalam surat menyurat online tersebut silahkan coret pembahasan ini.

Usahakan mempromosikan blog dengan cara yang sesuai dengan kebiasaan anda (hal ini lebih efektif dan tidak membuat anda mudah bosan).

8. Promosi Blog di Yahoo answers!

Hal ini juga memberi banyak dampak yang baik. Selain mendapat pengunjung untuk blog, anda juga akan mendapatkan backlink (jika anda melakukan dengan cara yang seharusnya). Namun perlu diingat; jangan spam, usahakan untuk profesional. Karena dengan terlihat profesional, orang akan tertarik ingin mengenal anda (hal ini sangat dibutuhkan dalam ajang promosi blog).

9. Promosi Blog dengan E-book Gratis

Sebenarnya untuk tahap menulis E-Book, bukan sama sekali anjuran untuk tahap pemula. Namun jika anda ingin mencobanya, silahkan saja. Hal ini hanya menuntut kelihaian anda dalam merangkai kata. Jadi, sebelum E-Book anda memberi dampak baik dan buruknya terhadap blog anda, cobalah untuk benar-benar memperhatikan apa yang anda tuliskan di dalam E-Book tersebut.

Usahakan untuk menulis E-book gratis saja, agar mudah untuk menyebarkannya.

Jika tulisan ini masih ada kekurangannya, silahkan membantu saya di dalam kolom komentar. Saya selalu menghargai setiap masukan dari teman-teman sekalian, karena pun saya adalah seorang blogger yang masih belajar.

Sampai di sini saja tulisan Cara Promosi Blog Gratis dan Efektif. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada tulisan yang lain.
© Sepenuhnya. All rights reserved.