Apa itu "Device Association Framework Provider Host" ?

Jika Anda baru menggunakan Windows 8, Anda mungkin telah mengalami masalah dimana segala sesuatu mulai berjalan sangat lambat. Jika akhirnya anda melihat proses di Taks Manager, mungkin anda akan menemukan program yang tidak seharusnya berjalan, seperti contoh untuk pembahasan ini adalah "Device Association Framework Provider Host". Setidaknya itulah yang terjadi pada Laptop saya.

Saya pernah menginstall Windows 8 pada beberapa komputer/laptop dan semuanya bekerja dengan baik sampai saya menginstall-nya pada laptop Toshiba milik saya. Ketika saya memeriksa Task ManagerDevice Association Framework Provider Host ternyata sedang berjalan. Padahal saya tidak pernah mengharapkan dan tidak pernah menjalankan proses tersebut. Bahkan seperti terlihat didalam gambar, proses tersebut berjalan dalam dua proses sekaligus.

taks manager
Apa itu Device Association Framework Provider Host?
Device Association Framework Provider Host adalah Proses yang sudah tertanam didalam komputer anda, yang memungkinkan anda untuk mengetahui perangkat lunak yang anda miliki sudah usang atau tidak mendukung untuk digunakan pada Windows 8 atau Windows setelahnya. Hal ini berarti bahwa selama proses ini masih berjalan, artinya komputer atau laptop anda, masih memiliki perangkat lunak yang tidak support dengan Windows yang anda gunakan.

Anda tidak perlu khawatir, karena File ini aman dan bukanlah bagian dari Virus atau Spyware. Anda bisa menemukan file ini didalam folder :  C:\Windows\system32\DasHost.exe

Jika Anda melihat proses ini berjalan pada Taks Manager anda, maka masalah ini bisa anda atasi dengan memperbaharui software atau perangkat lunak didalam laptop anda.

Cara mengatasi masalah Device Association Framework Provider Host?
Silahkan masuk ke dalam Device Manager di laptop anda. Kemudian silahkan memeriksa setiap tanda seru kuning. Berikut step by stepnya :
  • Untuk masuk ke dalam Device Manager Anda bisa menggunakan jalur Control Panel, lalu pilih View berdasarkan Large Icons, Kemudian pilih Device Manager. (Atau bisa menggunakan cara ini: 2 langkah masuk ke Device Manager).
device manager
  • Kemudian silahkan memeriksa setiap tanda seru kuning didalam Device Manager. Jika Anda sudah menemukan, maka itu pasti terkait dengan perangkat keras dan Anda mungkin perlu untuk menemukan Driver Windows 8. Jika Anda tidak dapat menemukan Driver Windows 8, coba Download Versi terbaru dari  Driver Windows 7. Kemudian silahkan menginstall-nya dengan cara manual.
cara uninstall di device manager
  • Jika tidak ada Driver yang berhasil anda Install atau karena Software tersebut membang tidak dapat bekerja, anda bisa memilih opsi lainnya. Yaitu dengan cara Menonaktifkan/Disable perangkat yang bertanda seru kuning tersebut. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan pada perangkat tersebut lalu pilih Disable.
  • Tentu saja, Anda tidak bisa menggunakan perangkat apapun jika itu sudah usang, tapi setidaknya Anda akan dapat menggunakan Windows 8 tanpa penggunaan CPU yang tinggi akibat dari pada pemberitahuan yang tidak diharapkan ini. Dan pun Jika permasalahan "Device Association Framework Provider Host" yang saya jelaskan ini tidak cukup membantu. silahkan untuk mengirim komentar dan saya akan mencoba untuk membantu.


Disqus Comments