loading...

Cara untuk memulai SEO dari awal

Setiap saya memulai atau membuat Blog baru. Maka saya akan melakukan hal yang sama persis setiap kalinya, semua itu sebagai ajang untuk memulai Seo dasar dalam pembahasan Search Engine Optimization On Page. Berikut Cara untuk memulai SEO dari awal

"Belajar Seo"

#1. Siapkan sebuah Email/Gmail Khusus yang diperuntukkan hanya untuk blog tersebut. Ini tidak perlu saya jelaskan, karena hal ini akan menjadi kewajiban pasti, jika anda mendaftar melalui Blogger/Blogspot.
#2. Mendaftarkan Blog ke Google Analytics (Hal ini Bukan keharusan).
#3. Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools (Sekali lagi, Ini juga bukan keharusan).
#4. Mendaftarkan Blog ke semua mesin pencarian (Lakukan ini juga, walau bukan keharusan).
#5. Selalu periksa Google Webmaster Tools untuk melihat kesalahan 404/500, Duplikat konten, Judul yang hilang dan kesalahan teknis lainnya (yang memang sudah bisa anda lakukan dengan Webmaster tools). Pastikan untuk selalu peduli dengan pesan apapun yang disampaikan oleh Webmaster tools.
#6. Gunakan Browseo (mungkin terlihat asing). Situs ini juga sangat bisa untuk menemukan kesalahan yang lebih teknis. Kesalahan paling umum seperti pengalihan 302 atau juga 301.
#7. Gunakan juga Screaming Frog untuk menemukan Link Broken (link rusak), kesalahan, dan juga masalah Crawl.
#8. Melakukan Reset Keyword. Pastikan untuk mempertimbangkan perencanaan dan kesulitannya, pastikan juga untuk memilih 1 kata kunci untuk setiap halaman, dan biasakan juga untuk memulai dengan keyword/kata kunci dengan volume persaingan yang lebih rendah (sebenarnya volume rendah bukanlah anjuran yang ingin saya sarankan).
#9. Pertimbangkanlah untuk meneliti Blog Saingan anda? Saya akan menjelaskan cara yang paling mudah untuk memulai persaingan ini. Dengan cara yang akan saya jelaskan ini, maka anda akan sangat mudah memulai persaingan.

Yang harus anda lakukan adalah melihat/meneliti setiap link/backlink yang masuk kedalam blog saingan anda, melihat jenis Anchor Text yang mereka gunakan, serta bagaimana dan di mana mereka mendapatkan link tersebut. Tempat Favorit saya untuk mengetahui/mengintip kualitas backlink blog saingan saya adalah menggunakan Ahrefs, terkadang saya juga menggunakan Link Diagnosis, Semrush, Moz dan segala macam situs lainnya (terlalu banyak jika harus saya urutkan semua).

#10. Memilih kata kunci utama untuk blog Anda (atau sesuatu yang disebut dengan Niche). Hal ini terasa penting jika anda ingin bersaing menggunakan Blog yang memiliki Niche tetap. Semua ini adalah berbicara tentang Meta Keyword (silahkan mencari tau caranya ditempat lain).
#11. Gunakan Tag Title atau judul untuk setiap tulisan anda hanya 65 karakter atau lebih sedikit. Semakin sedikit karakter yang anda gunakan, maka akan semakin baik. Tapi jangan terlalu sedikit, karena semakin sedikit, maka akan semakin berat untuk bersaing.
#12. Ciptakan Meta Tag Deskripsi dengan 155 karakter atau lebih sedikit. Tag Meta Description akan menjadi penjelasan singkat tentang bagaimana isi dari pada blog anda.
#13. Ciptakan Meta Keyword, Tag H1, H2, H3, H4...
#14. Untuk setiap tulisan yang anda buat, usahakan menggunakan setidaknya 100 kata atau lebih banyak. Hal ini seperti memberi kesempatan kepada Search Engine untuk memahami topik apa yang sedang anda bicarakan. Anda tidak perlu menempatkan teks yang tidak jelas di Situs Anda. Dan sangat saya sarankan untuk jangan pernah membuat tulisan dengan hanya menggunakan tidak lebih dari 100 kata.

Menurut saya, kata ideal untuk sebuah artikel adalah 300 kata. Namun, semua ini masih tergantung pada tulisan macam apakah yang sedang anda tulis. Secara lebih terbukanya, semakin banyak kata yang anda gunakan, maka akan semakin baik (selama tulisan anda teratur dan jelas).

#15. Ketika Anda menuliskan sebuah konten, usahakan untuk menargetkan sebuah keyword yang memiliki sinonim. Artinya, anda tidak harus mengulangi keyword yang sama didalam konten anda. Tapi anda cukup mengulangi dengan keyword sinonim tersebut. Hal ini berfungsi untuk memudahkan anda bersaing dengan setiap keyword yang berbeda-beda namun masih dalam target pasar yang sama.
#16. Jangan pernah lupa untuk menyisipkan setidaknya sebuah gambar untuk setiap tulisan yang anda buat. 2 atau 3 gambar akan sangat baik, namun jangan terlalu banyak.
#17. Setelah menyisipkan gambar, jangan pernah lupa untuk menambahkan ALT Tag gambar. Search Engine hanya akan mengetahui bahwa tulisan anda memiliki gambar apabila anda membuat ALT Tags. Hal itu karena mesin boot Search Engine tidak mampu melacak keberadaan gambar. Boot hanya akan membaca ALT Tags sebagai gambar. Jadi, tuliskan 2 atau 3 kata yang tepat untuk mendeskripsikan gambar tersebut.

Selain itu ALT Tags gambar juga berfungsi untuk bersaing di dalam pencarian gambar Search Engine. Ingat: Kesalahan memilih keyword untuk mendeskripsikan gambar adalah segalanya dalam pembahasan nomor #16 dan #17.

#18. Ketika membuat konten, hendaklah (sangat saya anjurkan) untuk membuat Link untuk sebuah tulisan anda yang lain. Hal ini akan membuka peluang bahwa pengunjung menjelajah ke seluruh halaman  yang anda buat. Selain itu, hal ini juga akan membuat Search Engine menjelajah seluruh tulisan yang anda buat (untuk pembahasan Search Engine, maka ini adalah hal yang pasti).

Jadi, mengapa blog anda harus satu Niche? Inilah jawabannya. Agar setiap tulisan didalam halaman anda bisa saling berhubungan dan saling memberi peringkat. Yang artinya, setiap link yang anda buat adalah link yang memiliki topik yang sama. Ingat: jangan pernah membuat link ke situs yang berbeda topik dengan apa yang sedang anda bahas. Hal ini akan langsung mendapat  vonis SP*M.

#19. SEO Off Page adalah pembahasan tentang link/backlink. Bagian ini adalah yang paling sulit dan merupakan aspek yang paling penting di dalam SEO. Saya tidak ingin menyarankan sesuatu, saya hanya akan menyarankan anda untuk berhati-hati dalam memilih seo Backlink dari pakar seo mana saja.

#20. Jangan pernah memiliki Konten yang Duplikat, memanfaatkan redirect 301, atau Rel Cononical. Saya tidak terlalu melarang, tapi hanya mengingatkan: Seo BlackHat hanya akan mengundang Banned dari Search Engine (semua ini hanya masalah waktu).
#21. Jangan pernah lupa untuk Menggunakan Absolute URL. Hal ini untuk menjelaskan secara menyeluruh tentang identitas Blog anda. Atau sering disebut dengan Menu Navigasi untuk Blog.
#22. Selalu memeriksa kecepatan situs Anda (gunakan Google Page Speed)​.
#23. Ciptakan sebuah sitemap XML dan serahkan ke Google dan Bing Webmaster Tools (Gunakan XML-Sitemaps).
#24. Buatlah sebuah Robots.txt untuk mengatur indeks Google dan Bing Webmaster Tools.
#25. Jangan lupa untuk mengklaim website Anda di situs besar lainnya untuk alasan manajemen reputasi.
#26. Menambahkan situs anda ke pengaturan akun sosial media anda (seperti di Facebook, Twitter, LinkedIn dan Google+)
#27. Jangan lupa untuk mementingkan Authorship Markup di situs Anda. Artinya, Google atau search Engine lainnya mengharapkan anda untuk selalu membuka diri, alias jangan pernah menyembunyikan Identitas anda.
#28 Sebenarnya, saya sangat ingin membuat halaman ini memiliki nomor sampai angka #100. Namun akibat terkendala kemampuan yang hanya sampai disini, jadi harap maklum.

Beberapa Cara untuk memulai SEO dari awal ini saya peruntukkan untuk yang memang baru memulai sebuah blog. Jadi, untuk para master yang singgah harap komentarnya untuk menjadikan halaman ini sebagai sebuah kelengkapan untuk ajang pembelajaran bagi para pemula.
loading...


EmoticonEmoticon