loading...

10 Tips SEO dari Google Patent

Setelah anda menerbitkan sebuah konten, lalu anda mempromosikan media sosial. Dan lalu kemudian orang berduyun-duyun masuk ke dalam blog anda (untuk membacanya). Dan hal ini akan bertahan selama (sekitar) satu minggu, hingga kemudian tidak ada lagi visitor yang datang untuk tulisan anda tersebut. Jika hal semacam ini masih menjadi adopsi anda? Itu artinya anda belum cukup mampu menarik lalu lintas (visitor) yang cukup organik.

Sementara salah satu faktor yang paling penting dalam menjalankan sebuah blog yang sukses adalah memiliki pembaca/visitor yang datang setiap harinya. Promosi blog memang penting, namun traffik organik/visitor abadi (yang datang dari antah berantah) itu adalah hal yang sangat penting.

Ada ribuan orang yang sudah menulis tips dan trik bagaimana melakukan SEO, tidak semua dari mereka dapat diandalkan; karena kebanyakan dari mereka hanya mengulangi desas-desus dan mitos atau praktek yang bahkan sudah usang untuk diterapkan (karena pembaharuan algoritma). Bukan saja mereka tidak efektif, mereka mungkin bahkan membuat Anda dikenakan sanksi oleh Google (karena terlalu fokus pada pekerjaan masuk kategori BlackHat atau juga Sp*m).

Praktek SEO yang paling diandalkan, sering berasal dari dua sumber. Pertama dari orang yang melakukan eksperimen sendiri, dan yang kedua adalah informasi yang diperoleh dari Google Patent Search Engine. Dalam hal ini, saya tertarik (khususnya) untuk membicarakan tentang apa yang saya sebut di akhir. Jadi, tanpa basa-basi lagi... inilah Topik pembicaraan kita :

10 Tips SEO dari  Google Patent

#1. kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing)
Anda tahu bagaimana sebuah kata dapat memiliki banyak makna? Orange bisa berarti bahwa itu adalah buah yang berwarna Orange (jeruk) atau bisa juga itu berarti sebuah warna. LSI pada dasarnya berarti kata kunci tambahan yang menyertai kata kunci utama untuk memberikan beberapa konteks.

Menambahkan kata kunci seperti "manis" atau "buah dengan vitamin C", maka Google dapat mengetahui bahwa anda sedang membicarakan tentang jeruk.

Kita ambil contoh untuk keyword "Seo", didalam keyword tersebut Google juga berharap adanya kata kunci lain yang mendukung keyword anda tersebut. Seperti misalnya "Seo dasar", "seo website", atau segala macam hal yang berkaitan. Keyword lain yang juga berkaitan dengan seo adalah "Blog" atau "search Engine" atau segala macam lainnya yang berkaitan. Dalam fokus ini, agar google dapat menerjemahkan apa yang sedang anda/blog/konten anda bicarakan.

Mengetahui bagaimana menggunakan kata kunci LSI yang tepat secara konsisten sepanjang kata kunci utama Anda, akan sangat meningkatkan kesempatan konten untuk muncul dengan selalu di urutan atas mesin pencarian.

Ada beberapa cara untuk menemukan kata kunci LSI yang tepat untuk menemani kata kunci utama Anda. Salah satu tempat favorit saya adalah dengan menggunakan LSIGraph. Anda hanya mengetikkan kata kunci anda, lalu tekan tombol GENERATE, maka kata kunci LSI akan muncul.

#2. Mendapatkan Backlink dari berbagai sumber.
Anda mungkin sudah tahu bahwa backlink dari website lain yang mengarah ke blog Anda akan membantu untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Namun, apa yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa tidak semua Backlink itu bekerja seperti semestinya. Menurut Google Patent, semakin banyak backlink yang Anda terima dari website yang sama, maka akan semakin memperburuk link/backlink dalam memberikan kontribusi untuk peringkat website Anda. Hal ini terutama dilakukan untuk mencegah taktik membangun link/backlink sp*m.

Tapi ini juga berarti bahwa Anda dapat meningkatkan peringkat mesin pencari dengan mendapatkan baclink/link dari sumber yang jauh lebih beragam (dari situs yang berbeda-beda). Dalam hal ini, tidak ada salahnya untuk meminta link dari 15 teman untuk membuat link ke Blog Anda setiap kali Anda membuat konten baru. Hanya saja, saya rasa tak semudah yang diteorikan.

#3. Perbarui blog Anda secara teratur.
Salah satu cara Google menentukan peringkat blog/halaman anda adalah dengan Scores FreshnessScores Freshness ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah seberapa sering anda melakukan update. Jika blog Anda tidak sering melakukan Update, itu akan dianggap basi, yang akan menghasilkan penurunan pangkat Scores Freshness.

Jadi mengambil upayakan untuk melakukan update secara teratur dan blog anda pun akan dihargai (oleh Google). Salah satu cara untuk melakukan ini adalah usahakan untuk mengirim setidaknya satu postingan per/hari. Kalau anda berhasil memuat 2 buah artikel perhari dan esoknya berencana untuk offline, maka silahkan menjadwalkan postingan agar terkirim di esok harinya.

#4. Dapatkan backlink dari situs yang mempunyai Scores Freshness yang bagus.
Backlink dari situs fresh akan memberikan lalu lintas yang segar kepada Blog anda. Jadi Hal ini juga diperlukan untuk meningkatkan Scores Freshness situs anda.

Bagaimana Anda tahu mana situs memiliki Scores Freshness tinggi? Banyak cara untuk mengetahuinya, tetapi yang paling mudah adalah dengan cara mencari situs yang selalu memperbarui konten baru atau sering berbicara tentang topik terbaru.

#5. Gunakan format teks dalam Tulisan anda.
Jangan hanya menulis dengan hanya menggunakan teks biasa saja. Sajikan juga Poin penting dengan menggunakan format teks, seperti Penggunaan Nomor atau Simbol bullet. Hal ini untuk membuat tulisan anda lebih menyenangkan di mata pembaca, dan juga untuk membantu Google lebih mudah memahami gumpalan informasi terkait di konten Anda.

Mirip dengan menggunakan kata kunci LSI di atas, Hal ini juga akan membuat Google lebih mudah untuk memahami konten Anda. Dimana akan lebih mudah bagi Google untuk menentukan peringkat Blog anda dalam pencarian yang relevan. Menggunakan Daftar, Huruf Tebal atau Italicizing dalam penggunaan kata-kata penting dan menggunakan Header Terorganisir dan Subpos sementara ini memang tampaknya sepele, namun benar-benar dapat membantu Anda semakin harinya dalam hal untuk mendapatkan peringkat.

#6. Aktif dalam membalas komentar Blog anda.
Hal ini cukup berguna untuk membuat pengunjung anda merasa senang. Bagian komentar sebenarnya dapat digunakan untuk meningkatkan SEO situs Anda. Mendorong pembaca Anda untuk membahas topik di bagian komentar dengan menyumbang poin mereka sendiri, mengajukan pertanyaan atau saran perbaikan. Hal ini akan meningkatkan time-on-page mereka serta mengurangi tingkat Bounce Rate blog anda. Faktor ini akan berkontribusi untuk peringkat mesin pencari blog akan untuk menjadi yang lebih baik.

Ide dasarnya adalah untuk menarik perhatian pengguna Anda agar berlama-lama tinggal di situs Anda dan tidak segera meninggalkan blog anda setelah atau bahkan sebelum mereka selesai membaca.

#7. Klik Baclink Anda secara bertahap dari waktu ke waktu
Salah satu kesalahan kebanyakan blogger adalah mereka mencoba untuk mendapatkan backlink sebanyak mungkin untuk konten baru mereka (segera setelah di-publish).

Google tidak menyukai halaman yang dimana backlink yang dimilikinya semakin merosot dari hari ke harinya. Hal yang disukai itu adalah backlink anda selalu meningkat secara berkala dan semakin lebih baik. Google akan mempertimbangkan situs Anda sepanjang ada pertumbuhan positif dalam jumlah backlink yang anda terima atau setidaknya menggantung di sekitar nilai yang sama. Jika Backlink menurun, Google akan menganggap konten Anda sudah basi dan mengurangi nilai Kesegarannya.

#8. Meningkatkan interaksi pengguna pada hasil peringkat
Setelah anda menerbitkan konten Anda dan Anda melihat langsung mendapat peringkat di Google, tidak berarti bahwa itu berakhir akan di sana. Hal itu masih bergantung pada bagaimana kualitas anda selanjutnya, dalam hal apapun. Bisa jadi karena pertambahan saingan, atau kualitas artikel anda semakin basi di mata google.

Sebagai contoh, jika orang yang menggunakan mesin pencarian lebih sering melakukan klik pada SERP atau konten anda, maka Google akan menganggap bahwa hasil Anda lebih layak mendapat peringkat yang lebih tinggi; karena lebih disukai oleh pengguna atas hasil lainnya. Tapi jangan pernah mencoba untuk mengeksploitasi dengan sp*m yang melakukan klik pada hasil Anda sendiri (Google tahu perbedaannya, percayalah).

Untuk meningkatkan Klik, ada baiknya anda fokus-kan diri pada Deskripsi Singkat untuk halaman anda. Google mungkin mengambil bagian acak dari konten untuk ditampilkan sebagai penjelasan dari pada keyword, tapi google lebih sering mengambil dari meta deskripsi meta Anda sebagai gantinya, pikirkan ini.


Jadi pastikan untuk menulis Meta Deskripsi se-menarik mungkin untuk menarik pengunjung anda. Dalam permasalahan ini ada baiknya anda melihat Deskripsi singkat dari saingan anda.

#9. Gunakan NAP (Name, Address and Phone number) yang konsisten.
Hal ini penting jika situs anda bersaing dalam lokasi tertentu. Sebuah NAP yang konsisten akan memungkinkan Google untuk lebih mudah mendaftarkan situs Anda sebagai relevan dengan lokasi yang anda pilih. Hal ini pada gilirannya, akan membantu meningkatkan kemungkinan bahwa Google akan menampilkan situs Anda ketika jenis pengguna dalam permintaan lokal.

Jadi, jika seseorang menggunakan Query pencarian Kota, maka nantinya akan membuat konten anda yang terpampang dalam lokasi yang memang anda targetkan (hal ini adalah bicara tentang kemungkinan yang semakin harinya semakin baik).

#10. Lakukan Ping Setelah melakukan Update
Satu hal yang semua blogger harus pahami adalah bahwa Google tidak melakukan crawl/perayapan terhadap situs yang sama secara Real Time. Sebaliknya, Google akan melakukan semua itu secara berkala. Jadi, setiap kali Anda melakukan update, silahkan melakukan ping terhadap blog anda. Dalam hal ini, gunakan secara bijaksana. sebaiknya lakukan hanya sekali sehari apabila memang terjadi update besar-besaran.


Kesimpulan 10 Tips SEO dari Google Patent

10 tips SEO dari Google Patent ini adalah inovasi SEO yang harus anda pertimbangkan untuk mempercantik peringkat anda di Mesin Pencari. Alternatif lain untuk lebih memahami SEO, anda bisa langsung belajar dari Pakar SEO seperti Bill Slawski atau Moz dan juga sumber lainnya (yang terpercaya).
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

15 comments

loading...
loading...