loading...

Apa itu Keyword?

Berdasarkan bahasa, arti keyword adalah "kata kunci", "kata", atau "kata penting". Menurut istilah yang seharusnya dimengerti oleh setiap blogger, maka arti Keyword adalah kata yang diketik oleh pengguna Search Engine. Contoh:

"apa itu Keyword?"

Jika kita berpedoman pada gambar di atas, maka yang disebut Keyword adalah Berbagi Blog Zombie. Sedangkan yang dihasilkan oleh Keyword tersebut atau tampilan yang terlihat adalah SERP. Jadi dengan mengetik sebuah/frasa keyword di Mesin pencarian, maka mesin pencarian akan menampilkan hasil/SERP yang cocok/relevan dengan keyword yang anda ketikkan. Hal itulah yang membuat keberadaan ilmu SEO terasa (sangat) penting.

Keyword itu bisa saja terdiri dari satu kata atau sering disebut Keyword Tunggal. Bisa juga terdiri dari rangkaian kata atau sering disebut Keyword Frasa.

Keyword adalah sesuatu yang penting jika kita bicara tentang traffik dari Mesin Pencarian. Bukan apa-apa, tidak mungkin kita mengharapkan traffik yang hanya berasal dari hasil promosi yang kita lakukan di sosial media. Karena tidak mungkin kita melakukan promosi selamanya, kan? Lagi pula sampai kapan kita akan menyibukkan diri dengan Promosi dan Promosi?

Promosi blog memang penting, bahkan sangat penting. Namun tidak kita bahas dalam pembahasan ini, karena dalam pembahasan ini, keyword adalah kepentingan utama. Saya yakin, semua blogger pasti sudah sangat mengerti dengan pertanyaan, "apa itu Keyword?". Namun saya rasa, tidak banyak yang mengerti akan pentingnya. Jadi dalam pembahasan ini, saya akan mengupas sedikit beberapa hal yang saya anggap penting untuk blogger pemula.

Jika Keyword adalah kata kunci, maka pertanyaannya adalah, apakah semua kata adalah Keyword? Bisa saja jawaban ini iya, bisa juga tidak. Setiap kata bisa saja dianggap penting oleh Mesin Pencarian, bisa juga tidak dipentingkan. Alasannya sederhana, yang dimaksud dengan kata kunci adalah kata yang keberadaannya lebih penting jika dibandingkan dengan semua kata yang ada di dalam  sebuah artikel/postingan.

Sampai di sini, saya harap teman-teman sekalian sedikit mengerti dengan persoalan yang sedang kita bicarakan. Namun tulisan ini belum lengkap hanya sampai di sini, saya sudah menyiapkan beberapa hal lainnya yang merupakan kepentingan dari pada pembahasan ini. Mari kita lanjutkan...

Apa itu Keyword Density?
Keyword Density adalah persentase jumlah keyword/kata yang anda ulang dalam sebuah artikel/postingan. Sebuah postingan sudah seharusnya memiliki kata yang anda ulang; hal tersebut akan membuat kata tersebut kuat keberadaannya. Dalam pembahasan ini, kata yang anda ulang adalah kata yang anda targetkan atau anda bidik untuk menjadi kata kunci utama.

Berapakah persentase Keyword Density yang baik?
Pertanyaan ini sama artinya dengan pertanyaan, "berapa kali pengulangan kata yang baik?". Keyword Density yang baik adalah tidak boleh menyentuh atau lebih dari 5% dari keseluruhan kata yang ada di dalam sebuah artikel. Misalkan anda membuat sebuah postingan dengan jumlah kata keseluruhan adalah 100 kata, maka anda tidak boleh mengulangi kata yang sama lebih dari 5 kali.

Hal yang sedang saya bahas ini bukanlah sebuah ketentuan, karena pada dasarnya, setiap Mesin Pencarian memiliki cara penilaian yang berbeda-beda terhadap Keyword Density. Yang harus anda pahami adalah Keyword Density/pengulangan kata jangan sampai berlebihan.

Saya tidak menyarankan anda untuk (terlalu) peduli dengan keberadaan Keyword Density. Sekedar anda tau saja, itu sudah sangat membantu. Hanya saja jika anda ingin menguasai teknik Keyword Density yang baik, anda baiknya selalu mempelajarinya atau melakukan survey pada setiap tulisan yang anda buat atau pada artikel yang berjejer di urutan terbaik di mesin pencarian.

Saya sangat menyarankan untuk jangan pernah mengulangi kata dengan terlalu berlebihan. Hal itu sangat berbahaya untuk pembahasan SEO yang baik.

Apa itu Long Tail Keyword?
Long Tail Keyword adalah kumpulan keyword/kata yang sering diketik oleh pengguna Mesin Pencarian. Jadi ketika seseorang membuka Mesin Pencarian dan ingin mencari tau sesuatu, sudah pasti seseorang mengetik Frase Keyword (yang berbeda-beda) untuk membuat Mesin pencarian memberikan hasil. Nah, apa yang diketik oleh seseorang tersebutlah yang menjadi perhatikan kita.

Sebenarnya bukan seseorang tersebut saja yang menjadi pembahasan, tapi keseluruhan dari semua pengguna Mesin Pencarian yang menjadi tolak ukur dalam pembahasan Long Tail Keyword ini. Dan untuk mencari tau apa yang sering diketik oleh pengguna Mesin Pencarian, anda harus mempelajari Ilmu Riset Keyword.

Bagaimana cara menerapkan Keyword?
Untuk membuat keyword, anda harus membuat tulisan tersebut terlihat berbeda dengan tulisan yang lain. Misalnya anda bisa membuat kata tersebut menggunakan Huruf Tebal, huruf mereng, atau "menggunakan tanda petik". Hal ini akan sangat membantu Mesin Perayapan membedakan Keyword untuk tulisan anda. Jadi jangan pernah menggunakan 3 Huruf tersebut dengan cara yang salah. Letakkan 3 bentuk huruf tersebut hanya pada keyword saja.

Bagaimana cara meletakkan Keyword?
Di dalam sebuah postingan anda bisa (harus) menyimpan keyword pada beberapa tempat yang saya urutkan di bawah ini :
  • Pada Judul Postingan. Judul postingan adalah inti dari sebuah tulisan. Bahkan semua blogger setuju, "Judul adalah jiwa Postingan". Jadi sudah seharusnya judul postingan adalah tempat keyword yang sangat terbaik.
  • Pada URL Postingan. Untuk pengguna Blogspot.com anda tidak perlu khawatir dengan keyword yang ada di dalam URL. Karena Blogspot akan langsung memberi keyword untuk URL sesuai dengan Judul Postingan yang akan anda bagikan. Anda memang bisa merubahnya, cuman saya rasa keyword pada URL itu akan sangat baik; jika sama dengan keyword yang terdapat di dalam Judul Postingan.
  • Pada Paragraf Pertama dan Terakhir. Bagian terbaik untuk meletakkan keyword di dalam Isi Postingan adalah di Paragraf Awal, kemudian di Paragraf Akhir. Hal ini bukan ketentuan, hanya saja jika anda tidak punya kesempatan untuk mengulang keyword (Keyword Density) di dalam Isi Postingan, ada baiknya anda untuk memaksakan diri meletakkannya pada bagian ini.
  • Pada Alt Teks gambar. Menyisipkan gambar pada setiap postingan yang anda buat adalah pelajaran Seo Dasar yang wajib (menurut saya). Namun tidak akan ada gunanya sama sekali jika anda tidak menyisipkan/mengisikan ALT tag gambar. Hal ini karena Mesin Pencarian tidak bisa membaca gambar. Gambar yang bisa dibaca oleh Mesin Pencarian adalah gambar yang memiliki ALT Tags di dalamnya. Jadi usahakan untuk meletakkan keyword yang anda targetkan di dalam ALT Tags gambar tersebut.
Selain dari tempat yang saya sebutkan di atas, anda juga bisa meletakkan keyword pada bagian Isi Postingan dan juga pada keseluruhan dari tampilan Blog/Situs anda. Hanya saja hal ini membutuhkan Ilmu SEO yang lebih agar tulisan anda tidak dianggap tulisan SAMPAH yang hanya bertujuan untuk peringkat di Mesin Pencarian; alias tanpa peduli terhadap perasaan pembaca. Saya harap teman-teman sekalian sudah bisa memetik beberapa hal penting dari apa yang sudah saya bahas ini.

Tulisan Apa itu Keyword? ini sebenarnya jauh dari kata sempurna. Jadi untuk membantu saya melengkapi tulisan ini, bagi yang belum paham atau yang ingin menambahkan, silahkan berkomentar dengan tata cara yang sopan.
loading...

6 komentar


EmoticonEmoticon