loading...
Sosial Media adalah sudah sangat banyak menyebar, mulai dari Facebook yang sudah berjaya sejak tahun 2004 sampai dengan Twitter yang sudah menjadi saingan tetap Facebook. Selain itu, ada yang namanya Instagram, sebuah Sosial Media yang memilih jalur Upload Gambar dan Video Pendek.

Berbicara tentang Sosial Media, memang sangat panjang dan tidak ada habisnya. Sempat sesaat kita mendengar kehadiran Ayobai (Ayo Bangkit Indonesia). Saya sempat berpikir bahwa Sosial Media ini akan melambung namanya di Nusantara. Namun sayang sekali, keberadaan Ayobai sudah tidak ada lagi di dalam peredaran dan bahkan sedang dalam masa lelang harga (ketika tulisan ini dimuat).

Namun demikian, bukan berarti Sosial Media milik Indonesia sudah lenyap atau habis ceritanya. Karena masih sangat banyak Sosial Media karya anak bangsa; yang beberapa di antaranya bahkan lebih tua umurnya jika dibanding dengan Ayobai.

Berikut daftar Sosial Media Indonesia yang masih Aktif

IndoFace (Indoface.com)
Sosial Media IndoFace memiliki anggota sekitar 2.500 (ketika tulisan ini dimuat). Memang tidak banyak, namun kebanyakan dari pendaftar Sosial Media ini adalah Warga Negara Indonesia. Jadi sangat wajar, jika anda harus mencobanya.

"Sosial Media Indonesia (indoface)"
"Gambar : Sosial Media Indonesia (indoface)"

Pulsk (Pulsk.com)
Sosial Media Pulsk diluncurkan pada tanggal 16 September 2012 dan masih aktif sampai hari ini. Pulsk pada dasarnya terlihat seperti sebuah Forum tempat Upload Artikel. Namun kenyataannya, Media Sosial ini memberikan kebebasan untuk anggotanya mengupload Gambar dan Video. Selain itu, Pulsk juga membebaskan anggotanya untuk menjual Produk mereka.

(Secara garis besar) Pulsk.com adalah sebuah situs yang sangat banyak fungsinya. Salah satu kelebihan Pulsk (menurut saya) adalah, situs ini memberikan peringkat terhadap anggotanya berdasarkan Total View yang mereka kumpulkan. Sungguh sangat pantas untuk anda coba.

"Sosial Media Indonesia (pulsk)"
"Gambar : Sosial Media Indonesia (Pulsk)"

Goesmart (goesmart.com)
Sosial Media Goesmart merupakan Portal Jejaring Sosial pendidikan untuk pelajar, mahasiswa, guru, sekolah, orangtua, serta masyarakat umum. Begitu gagasan yang akan anda dapat ketika masuk ke dalam situs tersebut. Jelas memang, Sosial Media ini berbasis pendidikan, bertujuan untuk saling berbagi ilmu. Namun demikian kita juga bisa saling berkomunikasi sesama anggotanya. Sungguh sangat pantas untuk dicoba.

"Sosial Media Indonesia (goestmart)"
"Gambar : Sosial Media Indonesia (Goesmart)"

Mobinessia (mobinessia.com)
Sosial Media Mobinessia adalah Sosial Media Mobile yang didirikan pada 2009 lalu. Memang benar, anda juga bisa menggunakan Sosial Media ini melalui Laptop atau Komputer. Namun akan lebih baik, jika anda menggunakannya dalam Versi Mobile.

"Sosial Media Indonesia (mobinessia)"
"Gambar : Sosial Media Indonesia (mobinessia)"

SalingSapa (salingsapa.com)
Sosial Media SalingSapa adalah Jejaring Sosial dan juga sekaligus Situs Web. Diluncurkan pada tanggal 10 Desember 2010 dan dibuat oleh Muhammad Yahya Harlan dan juga sudah terdata di Wikipedia. Sosial Media ini lebih memfokuskan diri pada pembahasan Islami, dan memang hanya membahas Topik Islami. Jadi, untuk teman-teman yang ingin menggunakan Sosial Media sekaligus belajar Agama, sudah pasti SalingSapa adalah tempat terbaik.

Jika anda membuka situs ini, maka wajah yang akan sering anda lihat adalah Ustadz. Yusuf Mansur, Ustadz. Abdullah Gymnastiar, dan juga Ustadz terkemuka lainnya. Dan jika kita melihat dari tahun peluncuran-nya, sudah pasti Sosial Media yang satu ini sangat banyak anggotanya.

"Sosial Media Indonesia (salingSapa)"
"Gambar : Sosial Media Indonesia (salingsapa)"

MindTalk (MindTalk.com)
Sosial Media MindTalk memiliki sejarah yang sangat panjang, mulai dari perubahan nama yang dahulu adalah Digaku, sampai kepada pemegang saham dengan nama Danny Oei Wirianto. Sosial Media yang satu ini lebih berbasis seperti Forum Hobi atau semacamnya. Logo mereka pun tidak jauh dari yang namanya Hobi, yaitu "an interest meet-up space".

Sejarah Sosial Media Mindtalk adalah berasal dari Robin Ma’rufi, yang kemudian bekerja sama dengan Danny Oei Wirianto. Sejarahnya memang sangat panjang untuk diceritakan.

"Sosial Media Indonesia (MindTalk)"
"Gambar : Sosial Media Indonesia (Mindtalk)"

Sebangsa (Sebangsa.com)
Sosial Media Sebangsa dikembangkan sejak oktober 2012 dan kemudian dirilis pada oktober 2014. Bisa dikatakan Sebangsa butuh waktu selama 2 tahun bagi Enda Nasution untuk benar-benar meluncurkan ke permukaan.

"sosial media indonesia (sebangsa)"
"Gambar : Sosial Media Indonesia (sebangsa)"

Digli (digli.com)
Sosial Media Digli memiliki anggota sekitar 34.000 lebih (ketika tulisan ini dimuat). Secara tampilan dan penggunaannya, Sosial Media ini lebih terlihat seperti sebuah Forum Diskusi. Situs ini seperti menggabungkan antara Facebook dan Forum, atau mungkin lebih kepada Forum. Namun jika dilihat dari jumlah penggunanya, saya sangat menyarankan anda untuk menjadi bagian dari Situs ini.

"Sosial Media Indonesia (Digli)"
"Gambar : Sosial Media Indonesia (Digli)"

Kombes/Indonesia Social Network (kombes.com)
Dari segi namanya saja kita sudah bisa menebak kalau Sosial Media Kombes adalah Karya anak bangsa. Sosial Media ini memiliki fitur yang sangat beragam, mulai dari chat room, forum, sharing video/audio, sampai Social Bookmarking. Jangan anggap remeh, meskipun berkiprah dengan nuansa Indonesia, Sosial Media yang satu ini sudah memiliki 40.000 anggota lebih.

Sosial Media Indonesia yang lain sebenarnya masih cukup banyak, bahkan diantaranya sudah ada yang memilih nonaktif semisal Fupei, Koprol, Fb.co.id, dan masih banyak lainnya. Jadi untuk teman-teman yang mengetahui keberadaan Sosial Media Indonesia yang lainnya, silahkan untuk berbaik hati agar mencantumkannya di dalam kolom komentar yang kami sediakan.

Post a Comment

  1. wih membantu banget nih gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane tambahin satu lagi gan.
      Biar artikelnya makin lengkap.
      Namanya follmy.com gan .
      Untuk lbih lengkapnya langsung cek aja di https://follmy.com

      Delete
  2. hmmm keren ya orang indonesia punya sosmed tampilanya stylish gak kalah sama luar punya :)

    ReplyDelete
  3. baru tau ane sob coba akh salah satunye

    ReplyDelete
  4. gue malah baru tau... hmm.. tapi kalo sebangsa kayaknya udah ada versi app nya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan yang sangat mantap, saya malah baru tau juga... (jarang pakai mobile soalnya :D )

      Delete
  5. waaah patut dicoba nih.... meluncur ah ke tkp...
    thanks mas infonya bermanfaat.....

    ReplyDelete
  6. Menarik nih..
    Coba tak kunjungi satu-satu.
    Terima kasih infonya ya Mas..

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Tidak, Kaskus itu Forum Diskusi mas :)

      Delete
  8. kalo edmodo?. Itu kan jg media sosial pendidikan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti dirubah judul menjadi "Sosial Media California" ini artikel bro! Setau saya Edmodo itu bahkan tidak menggunakan Bahasa Indonesia :3 (kalau saya ngak salah)

      Delete
  9. Banyak juga ya ternyata sosial media bikinan Indonesia. Dan saya emang kurang gaul karena baru tahu mereka di blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang rasanya bisa membantu... semoga itu bisa meningkatkan kecintaan kita terhadap produk dalam negeri :D

      Delete
  10. saya masih daftar di tiga doang media sosial, ternyata ada banyaaaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutkan daftar lagi :D jangan sampai ketinggalan satu pun mas :D

      Delete
  11. Masih terdengar asing media sosial indonesia ini, walaupun sudah lama keberadaannya.. mungkin karena baru sedikit penggunanya makanya tak begitu diketahui khalayak umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya berasumsi, kurangnya promosi... Makanya saya membuat tulisan ini, untuk membantu kemajuan kecintaan anak negeri terhadap produk negeri :)

      Delete
  12. Hasil karya anak negeri tak kalah hebat dari media buatan negeri tetangga. Boleh juga dicoba.. Thanks infonya mas, mantap nih blognya. Salam

    ReplyDelete
  13. saya tambahkan referensi 1 lagi gan , namanya follmy.com , biar jadi pelengkap di artikel ini , :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak pak :) sangat membantu :)

      Delete
  14. banyak juga ya gan. ane nambahin info yang baru gan. namanya berpedia.com (o)

    ReplyDelete

loading...
 
Top