loading...
Apa itu Jingling?
Dalam arti menurut bahasa, kata jingling berasal dari Bahasa China yang memiliki arti "gemerincing". Kata gemerincing itu sendiri sering digunakan dalam istilah untuk menyebut suara uang logam yang berjatuhan. Namun dalam arti yang harus dipahami oleh blogger, arti jingling adalah salah satu cara untuk mendatangkan visitor yang banyak dalam jangka waktu tertentu (visitor bot; alias bukan human).

Visitor = Traffik = Pengunjung

Kenapa Jingling berasal dari bahasa China?
Hal itu karena pada dasarnya, jingling adalah nama dari sebuah software yang berasal dari China. software tersebut berfungsi untuk memanipulasi visitor. Diciptakan dengan cara mengumpulkan IP (Internet Protocol) dari negara yang berbeda-beda, kemudian (IP tersebut) dijadikan sebagai visitor (anggap saja sudah paham). Sedikit lagi, IP yang dikumpulkan kebanyakan berasal dari wilayah luar Indonesia.

Saya anggap anda sudah paham dengan pengertian jingling

Bagaimana pengaruh Jingling terhadap Blog?
  • Blog akan mendapat banyak visitor. Sayangnya visitor yang anda dapatkan itu hanyalah Bot (bukan manusia), dan juga hanya didapatkan dalam konteks waktu saat melakukan jingling itu sendiri (alias tidak bertahan lama). Sebenarnya masalah ini tidak besar bagi yang cuma ingin pamer visitor, tapi hal ini masalah besar bagi yang menggunakan layanan Adsense (karena seratus persen menyalahi aturan).
  • Alexa Rank Local akan membengkak. Hal ini akibat dari pada IP visitor yang memang berasal dari wilayah yang bukan negara kita. Kabar baiknya, Alexa Rank Global anda akan semakin baik/mengecil (sayangnya, ini adalah cara curang).
  • Blog anda akan mendekati Banned Google. Hal ini memang tidak memiliki keabsahan secara seratus persen, karena inti yang ingin saya sampaikan adalah jingling itu layaknya mengundang Banned dari google.
Bagaimana pengaruh Jingling terhadap SEO?
Salah satu cara Mesin Pencarian (sebut saja Google) menghitung peringkat SERP adalah dengan cara memperhatikan Bounce Rate suatu URL. Jika semakin kecil Bounce Rate setiap harinya, berarti posisi artikel anda akan semakin naik setiap harinya (bukan bicara pasti, tapi bicara kebiasaan). Desas-desis ini semakin marak dibicarakan dalam Forum Seo Luar Negeri.

Bounce Rate adalah perhitungan menit kunjungan visitor blog.

Jadi pengaruh jingling terhadap SEO adalah IP/visitor yang berputar pada situs anda beralih setiap menit/detiknya. Hal itu akan mengakibatkan perhitungan Bounce Rate semakin (cepat) besar. Sekedar Informasi: semakin besar angka Bounce Rate, maka semakin tidak bermutu tulisan anda di mata Mesin Pencarian (kecuali mungkin perhitungan untuk Blog Download). Dan walaupun anda bisa mengolah menit perputaran IP/visitor dalam hal jingling itu sendiri, tetap saja ini curang (ingat! segala kecurangan itu bukan hal yang baik untuk anda).

Pengalaman Jingling dan Manfaatnya terhadap Alexa Rank.
Pada satu kesempatan, sebenarnya jingling itu ada manfaatnya. Seperti dahulu ketika saya baru membangun Blog ariefsigli.blogspot.com. Saya heran, "kenapa blog saya tidak pernah ada perhitungan  Alexa Rank? Padahal menurut saya sudah harus diperhitungkan".

Lalu saya bertanya kepada seorang master (sebut saja Bang RDK). Untuk menjawab pertanyaan saya, beliau memberikan saya sebuah link/situs (untuk beberapa alasan, saya merahasiakan situs tersebut). Nah, situs tersebut berfungsi sebagai Pemalsu Visitor; alias jingling. Hari itulah pertama kalinya saya kenalan dengan yang namanya jingling; dan pada saat yang sama pula saya melakukan jingling terhadap blog saya sendiri. Dan esoknya, Alexa Rank blog saya sudah mempunyai angka. Cara ini sangat efektif (hingga saat ini, saya selalu melakukan cara ini untuk blog yang baru saya daftarkan).

Kenapa Jingling berpengaruh terhadap Alexa Rank?
Perhitungan angka yang dilakukan oleh Alexa Rank adalah berdasarkan visitor situs (sayangnya mereka tidak peduli dengan visitor yang bagaimana). Jadi untuk yang belum memiliki angka Alexa, anda bisa mencoba trik ini. Tapi usahakan hanya untuk konteks blog baru; yang tidak ada Adsensenya (karena bisa saja hal ini menimbulkan bermasalah). Dan jika Alexa Rank sudah dihitung, sebaiknya jauhi trik ini. Salah satu alasannya adalah hal ini akan mengakibatkan Alexa Rank Indonesia situs anda membengkak.

Pengalaman serangan Jingling.
Hampir semua blog yang saya kelola selalu menerima kehormatan kena serangan jingling. Bisa dikatakan, saya memang sudah berteman baik dengan jingling. Saya malahan sudah tidak tau lagi bagaimana cara menceritakan semua pengalaman tersebut.

Dan berdasarkan pengalaman saya; ketika sebuah blog pertama kali mendapatkan serangan jingling, maka visitor di keesokan harinya akan menurun sebanyak 1/3 dari angka biasanya (bahkan semakin hari semakin ke bawah). Kita persempit saja pembahasan dengan hanya membahas pengalaman terhadap blog ini.

Seminggu setelah memasang domain, blog ini langsung mendapat serangan jingling. Sungguh sambutan yang sangat bagus. Saya merasa sedikit senang; setidaknya ada yang merasa tersaingi dengan keberadaan blog ini (aneh ???). Pada saat itu, visitor blog ini memang sedang menurun (akibat pergantian domain). Dan karena ditambah dengan serangan jingling tersebut, lengkap sudah penderitaan visitor.

Rangkaian visitor minggu pertama, awalnya berada pada angka 700/Day (dalam angka rata-rata). Serangan jingling membuatnya berada pada angka 200-an (untuk hari pertama setelahnya). Kemudian pada hari selanjutnya, saya memaksakan diri untuk menerbitkan 2 artikel (padahal sedang malas nulis). Setelah itu, saya melakukan ping terhadap segala macam Search Engine agar melakukan reviews terhadap blog ini. Hari selanjutnya juga saya menerbitkan artikel lagi. Hingga kemudian (dalam waktu 5 hari), visitor kembali menjadi normal. Begitulah kira-kira cerita pertengahan tahun 2015 lalu. Seterusnya, dan seterusnya...

Kenapa Jingling berefek kepada Visitor?
Ya, kenapa jingling selalu membuat blog yang terkena serangan akan menurun visitornya? Itu adalah pertanyaan yang masih saya terka jawabannya. Mari menyimak bagaimana terkaan saya...

Orang melakukan jingling terhadap blog kita dengan bermacam cara, ada yang dengan cara serangan backlink terlarang (pembahasan ini masih menjadi masalah saya), ada yang memang dengan cara membawa visitor semata (Not Human). Kemudian segala macam data jenis visitor blog kita tersebut sampai kepada google (baik karena dipanggil oleh si pelaku serangan atau ping, atau memang google yang mengetahui dengan sendirinya).

Kemudian google (Mesin Perayapan) masuk ke dalam blog kita untuk menyelidiki sumber visitor, dan ketika google sudah menyimpulkan, akhirnya google mencabut beberapa indeks untuk blog kita (atau disebut de-indeks). Sebuah blog hanya akan mengalami hal ini, apabila blog tersebut memang memiliki tulisan yang bermasalah atau juga memiliki backlink yang bermasalah. Namun jika sebuah blog tidak bermasalah,  anda tidak perlu khawatir.

Hal itulah yang membuat blog besar tidak/jarang mengalami efek ketika mendapat serangan jingling. Namun yang pastinya, anda harus belajar cara mengelola webmaster dahulu agar sedikit memahami keberadaan indeks blog anda.

Apakah Google mengetahui keberadaan Jingling?
Saya tidak menjawab iya, tapi mari pahami sendiri... Google itu juga merupakan pemilik dari pada "Google Analytic" dan juga pemilik "Google Adsense"; yang dimana kedua situs tersebut memiliki cara berbeda dalam hal menghitung visitor. Selain itu, google juga pemilik "Google Webmaster"; yang ikut bertugas memperhatikan Visitor blog. Jadi (sekali lagi), ketiga situs tersebut memiliki cara yang berbeda-beda dalam hal menghitung visitor. Jadi menurut anda, Apakah Google mengetahui keberadaan jingling? Apakah Google mengetahui sumber Visitor anda?

"Jingling adalah"


Penyelesaian masalah Jingling
Pada pengalaman saya (dalam beberapa blog), hanya serangan jingling pertama saja yang berdampak pada visitor, serangan kedua dan selanjutnya itu tidak lagi menjadi masalah (jika kita mampu mengatasi permasalahan serangan pertama). Alasannya simple: pada saat sebuah blog mendapat serangan jingling, maka google akan heran, "loh, kok blog ini banyak banget visitor hari ini? Padahal kemarin biasa saja?".

Kemudian google menyelidiki asal visitor tersebut (menyelidiki/merayapi lebih dalam). Jadi selama google menetap di dalam blog anda, silahkan buatlah beberapa artikel untuk anda terbitkan pada hari tersebut. Hal itu akan membuat Google memberi sebuah Label/Cap terhadap Blog anda (sebut saja Cap Aman).

Dan ketika serangan jingling kedua datang, google akan heran (lagi), "loh, kok blog ini banyak banget visitor hari ini ya?".

Kemudian Google membuka daftar Label/Cap, dan ternyata blog tersebut sudah mendapatkan Cap Aman. Jadi google tidak akan mempermasalahkan lagi blog anda, "semenurut saya sih gitu, hehe".


Penutup masalah Jingling
Jadi saat blog anda terkena serangan jingling, silahkan berpura tidak tau apa-apa dan langsung menyiapkan beberapa artikel untuk anda terbitkan; agar anda mendapat Cap Aman. (Sekedar Informasi) Pelaku serangan jingling biasanya adalah saingan anda atau orang yang benci dengan keberadaan blog anda atau memang orang yang hanya iseng. Saya tidak tau siapa yang merasa tersaingi dengan blog saya; yang pastinya pelakunya adalah blogger yang mengenal saya (saya tau itu). Nah, begitulah prinsip Blogger Indonesia (sungguh disayangkan), Blog Bodoh seperti yang saya punya saja dianggap saingan.

Jadi jika blog anda sudah mendapat serangan jingling; maka selamat! Karena blog anda sudah naik kelas! Dan selamat juga, tulisan saya sudah di akhir kalimat; salam dari #BloggerAceh!

Tulisan jingling adalah... teman ini membutuhkan sedikit pengalaman untuk anda memahami. Harap Kritikan bila saya salah dalam menjelaskan. Terimakasih sudah menjadi bagian dari kami.

Post a Comment

  1. Ulasan yang menarik...thanks ya .. Semoga blognya tambah jaya

    Www.elmu.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien :) semoga do'a dikembalikan oleh Allah :)

      Delete
  2. Saya ga berani ah main jinggling, soalnya saya main GA

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sudah saya bilang, jangan coba-coba kalau sudah menggunakan GA, takut terkena dampak...

      Delete
  3. baru tau tentang jigling ini. terima kasih infonya gan :)

    ReplyDelete
  4. makasi informasinya gan sangat membantu

    ReplyDelete

loading...
 
Top