loading...

Macam-macam Meta Tag Seo (dan cara membuatnya)

Apa itu Meta Tag?

Meta Tag adalah sebuah/kumpulan kode tersembunyi yang diletakkan di bawah kode HEAD didalam Dokumen HTML. Kode tersebut nantinya akan berfungsi untuk memberikan informasi tambahan tentang apa yang anda tuliskan. Informasi tersebut tidak diberikan kepada pembaca, tetapi kepada Mesin Pencarian.

Meta Tag itu sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari Meta Description, Meta Keyword dan Meta Tag lainnya. Berikut beberapa Meta Tag dan beberapa penjelasan tentang Meta Tag Tersebut.

SEO untuk Meta Description

Meta Description adalah untuk menjelaskan tentang keseluruhan isi dari pada blog yang anda kelola. Meta tag ini nantinya akan berfungsi untuk ditayangkan di bawah judul tulisan anda didalam Search Engine. Hal itu tidak semata-mata akan ditampilkan, namun hanya akan ditampilkan apabila diperlukan saja. Maksud saya, jika tidak ada deskripsi yang cocok untuk hasil blog anda, maka Meta inilah yang akan ditampilkan.

Berikut contoh Meta Description:


Anda bisa mengganti dengan Deskripsi blog anda.

Seo Untuk Meta Keyword

Meta Keyword ini berfungsi untuk mempengaruhi peringkat tulisan anda. Pada Meta tag ini anda mengisi dengan kata kunci yang sering anda gunakan di dalam tulisan anda. Hal ini akan sangat membantu jika anda lupa menebalkan atau menambah Alt Tag Gambar pada tulisan anda. Namun, jika anda bukan blogger yang sering melupakan hal ini, saya tidak menganjurkan anda untuk menggunakan Meta Tag yang satu ini.

Untuk sekarang ini, semua blogger hampir setuju bahwa Meta Keyword sudah tidak begitu memiliki kepentingan. Namun jika anda mengelola blog yang menargetkan sebuah Niche, tidak ada salahnya untuk menggunakan Meta Keyword. Hal ini (mungkin) akan sedikit membantu untuk peringkat tulisan anda di mesin pencarian.

Berikut Contoh Meta Keyword:

Anda bisa mengganti dengan keyword yang sering anda gunakan.

Seo Untuk Meta Content Type

Meta Content Type adalah untuk menyatakan Encoding Situs anda untuk membantu Browser yang digunakan pengguna pencarian agar tidak salah dalam menampilkan situs anda. Meta Tag ini tidak mempengaruhi peringkat Blog/Situs anda sama sekali, tapi hanya untuk membantu Browser saja. Jadi, untuk kepentingan dari pada Meta Tag ini, hanyalah pada masalah tampilan blog.

Berikut contoh Meta Content Type:


Seo Untuk Meta Tag Geo PlaceName (meta Location)

Meta Tag Geo PlaceName adalah untuk memberitahukan asal negara dari pada Blog/situs yang anda kelola. Meta ini memiliki kepentingan untuk membantu pencarian dengan Query negara. Awalnya memang tidak terlihat memiliki kepentingan, namun seiring berjalannya waktu, hal ini akan sangat menentukan (nantinya).

Berikut Meta Tag Geo PlaceName:

Anda bisa mengganti nama negara yang anda pilih.

Seo Untuk Meta Author

Meta Author adalah untuk memberitahukan kepada google siapa admin dari pada sebuah situs. Misalkan situs yang anda kelola memiliki beberapa admin, Meta Tag Author ini sangat penting. Dan terlebih, google sangat senang dengan situs yang jelas nama si pengelola blog.

Berikut contoh Meta Author:

Anda bisa mengganti dengan nama anda.

Seo Untuk Meta Languange

Meta Languange adalah untuk memberitahukan kepada google tentang bahasa apa yang anda gunakan pada blog anda. Meta tag ini nantinya akan membantu google untuk memilah blog anda pada bagian bahasa mana anda menulis. Meta Languange memiliki kepentingan jika anda menargetkan pasar untuk sebuah negara.

Berikut Contoh Meta Languange:

Anda bisa mengganti dengan kode bahasa yang anda inginkan.

Seo Untuk Meta Refresh

Dengan menggunakan Meta Refresh, maka situs anda akan melakukan Refresh secara Otomatis secara berkala. Refresh yang akan terjadi itu tergantung pada selang waktu yang anda tentukan. Hal ini akan meningkatkan PageViews sebuah blog. Namun secara pribadi, saya tidak menganjurkan anda untuk menggunakan Meta tag yang satu ini. Dampaknya memang tidak sering terjadi, namun dampak yang bisa saja terjadi adalah google akan menganggap blog anda sebagai Blog Sp*m; dengan alasan mengelabui pengunjung.

Berikut contoh Meta Refresh:

Anda bisa mengganti dengan selang waktu yang anda inginkan. Misal: 20 detik.

Seo Untuk Meta Tag Revisit After

Meta Tag Revisit After adalah untuk mengatur tingkat perayapan google terhadap blog anda. Dahulunya Meta ini mempunyai peranan penting, namun untuk sekarang ini tidak lagi. Alasannya adalah, untuk sekarang ini +Google+ dan juga Search Engine lainnya sudah mampu mengatur tingkat perayapan terhadap suatu blog. Jadi, bagian ini sangat tidak perlu anda khawatirkan.

Berikut contoh Meta Tag Revisit After:




Sebenarnya masih ada begitu banyak lagi bagian dari SEO Meta Tag yang masih menyebar. Jika anda merasa masih kurang cukup, silahkan membaca dari situs ini: Meta Tag yang dipahami oleh Google. Nah, Setelah kita membahas berbagai macam Meta Tag yang ada, mari kita masuk ke dalam pembahasan nyata.

Cara membuat Meta Tag

Setelah kita mengetahui bermacam dari pada kode Meta Tag yang ada. Mari kita ikuti cara untuk meletakkan Meta Tag dengan benar.
  • Silahkan Masuk ke Blogger.
  • Kemudian pilih bagian Template, lanjutkan dengan pilihan Edit HTML. silahkan perhatikan Gambar :
"Cara membuat Meta Tag Seo"
  • Selanjutnya silahkan mencari kode
  • Lalu letakkan kode yang sudah saya bagikan diatas tersebut di bawah kode HEAD tersebut. Silahkan melihat gambar :
"Cara membuat Meta Tag Seo"
  • Setelah melakukan perubahan seperti besar-besaran terhadap blog, ada baiknya untuk teman-teman sekalian melakukan Ping terhadap situs anda.
  • Selesai.
Nah, demikianlah pembahasan Cara Membuat Meta Tag SEO, semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman sekalian di dalam hal Optimasi Blog yang teman-teman lakukan terhadap situs yang anda kelola. Selamat Mencoba!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

5 comments

loading...
loading...