loading...
mengapa Anda gagal menjadi Blogger

Saya sudah menjadi bagian dari blogger selama lebih dari 2 tahun, dan setiap harinya saya menemukan seseorang yang menyerah. Saya tidak melihat ke dalam jiwa-jiwa mereka yang sudah memilih gagal tersebut, saya malah melihat ke dalam sifat-sifat saya sendiri; dimulai dari hari-hari awal saya memulai aktivitas ini, sampai dengan saat sekarang ini.

Untungnya, Anda tidak harus menjadi seperti diri saya yang dulu; yang sudah pernah menyerah dengan cara apapun. Anda hanya perlu mengambil keuntungan dari pengalaman saya dan mungkin pengalaman Blogger Pro Lainnya juga.

Berikut beberapa Alasan mengapa Anda gagal menjadi Blogger :

#1. Tidak percaya pada apapun.
Kendala pertama adalah pikiran anda sendiri. Bicara dari pengalaman, berhasil atau tidaknya seseorang itu adalah sangat bergantung pada disposisi dari pikirannya sendiri. Nilai persepsi yang buruk dan memori yang miskin bukanlah penentu keberhasilan atau kegagalan, begitulah seharusnya cara anda berpikir.

Anda harus berpikir tentang seberapa jauh anda ingin melangkah; jika tidak, anda tidak akan disebut orang yang jenius. Sekedar pencerahan, sebagian besar orang yang sukses di seluruh dunia adalah orang-orang yang putus sekolah. Saya beri contoh yang sudah sama-sama kita ketahui saja, Mark Zuckerberg (Saya tidak menganjurkan anda untuk putus sekolah, saya hanya ingin anda melihat keputusan yang dibuat oleh orang yang putus sekolah tersebut; sehingga orang tersebut disebut orang jenius).

Jelas, pola pikir negatif memang sering bekerja; memaksa seseorang untuk tidak percaya bahwa pencapaian tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Hal itulah alasan pertama mengapa blogger banyak yang memilih berhenti.

Pelajaran Pertama : Seorang Blogger harus berpikir bahwa dia mampu mengalahkan Master Seo Google. Jika anda dapat sedikit saja membayangkan, saya yakin anda dapat juga meraihnya!

#2. Tidak percaya pada siapapun
Meragukan segalanya juga merupakan sifat yang buruk. Dalam Dunia Blogger, anda selalu harus melakukan pembelajaran dan percobaan. Terkadang percobaan yang sudah dilakukan orang lain juga harus anda jadikan tahap pembelajaran. Anda memang tidak harus untuk selalu percaya dengan orang lain, tapi adakalanya anda harus melakukan percobaan agar bisa menyimpulkan untuk percaya atau tidak. Dan tentunya hal ini untuk membuat anda tidak ketinggalan informasi tentang dunia Blogger.

Jika anda pikir dunia blogger adalah dunia pasti, anda salah. Dunia Blogger adalah dunia untuk orang-orang yang tau dan mau mencari tau.

Pelajaran Kedua: Jangan biarkan semua informasi yang ada di internet menjadi sia-sia. Saringlah apa yang harus anda baca dan percayai.

#3. Tidak punya target apapun
Ketika anda memilih Dunia Blogger, anda juga harus berpikir bahwa anda ingin/akan hidup dalam Dunia Blogger. Tidak mungkin dalam sehari anda langsung membuat 100.000 artikel dan kemudian anda langsung menjadi orang sukses. Semua itu butuh tahap dan tahap dan tahap. Jadi, sudah pasti anda harus membuat target.

Jika anda hanya peduli dengan keuntungan jangka pendek, maka anda pasti akan berhenti lebih cepat dari yang semestinya anda bayangkan. Para Blogger yang sukses saat ini adalah mereka yang telah dengan sabar mempersiapkan Blog Mereka untuk masa sekarang ini. Rata-rata dari mereka membutuhkan 5 tahun (paling lama) untuk menuai hasilnya. Jadi, jika anda ingin masuk ke dalam salah satu di antara mereka yang sukses, silahkan memulai dari sekarang; bersama saya.

Pelajaran Ketiga: Sukses itu tergantung Usaha dan Tahap; dan juga do'a.

#4. Salah memilih Topik
Sesuatu yang terpaksa memang berat untuk dilakukan. Semisal anda memilih Dunia Blogger dengan keinginan untuk menghasilkan uang. Kemudian anda memilih topik yang banyak di cari orang. Dan pada ujungnya, tibalah anda pada masa dimana anda tidak tau harus menulis apa-apa lagi.  Di sanalah biasanya Blogger banyak yang berhenti.

Sungguh disayangkan, sekian lama berusaha tapi malah berhenti karena melakukan kesalahan di langkah pertama.

Pelajaran Keempat: Jika anda tidak memilih Topik/Niche berdasarkan Hobi, setidaknya pilihlah topik yang anda sukai atau yang anda kuasai.

#5. Tidak memiliki Fokus
Hal ini memang masalah umum bagi mereka yang datang ke dunia Blogger untuk mencari peluang penghasilan. Saya memang bukan salah satunya, tapi cukup banyak di sekitar saya yang menjadi salah satunya; berhenti karena tidak memiliki fokus yang benar. Jika Anda tidak fokus dengan menulis Topik tertentu atau tidak mendedikasikan semua usaha anda untuk arah tertentu. Anda bisa saja berakhir seperti orang-orang yang berhenti sebelum memetik hasil apapun.

Menjadi blogger sukses membutuhkan hati-hati dalam hal memilih sesuatu yang anda sukai. Dalam dunia blogging, aturan praktisnya adalah mulailah dengan hanya membuat satu Blog Khusus yang sesuai dengan keahlian anda dan menjadikannya Blog Besar/Sukses, sebelum memikirkan untuk membuat Blog Kedua dan seterusnya.

Pelajaran Kelima: Fokus adalah salah satu cara yang digunakan Mark Zuckerberg untuk menuju suksesnya.

#6. Takut dengan kritik
Coba sebutkan Nama Orang Sukses yang belum pernah mendapat kritik? Apakah itu Bill Gates, Pak Jokowi, atau Nelson Mandela? siapa?

Sangat Sederhana, kritik adalah bagian dari kehidupan, terutama kehidupan yang rentan terhadap kesuksesan. Jangan berhenti atau merasa sedih hanya karena seseorang mengkritik Postingan anda. Saya juga korban kritik ketika memulai aktivitas blogging. Tapi sekarang saya sudah berpikir dengan cara yang benar terhadap kritik.

Pelajaran Keenam : Memiliki pengkritik adalah tanda-tanda orang sukses.

#7. Tidak melakukan Promosi Blog yang cukup
Strategi pemasaran adalah apa yang anda lakukan untuk membawa pembaca ke dalam tulisan anda. Jika anda mampu membuat konten terbaik tapi tidak punya keahlian dalam hal pemasaran blog, itu sama saja gagal.  Jadi mulai dari sekarang, berpikir/belajarlah untuk cara promosi blog yang efektif.

Anda bisa saja memanfaatkan Ilmu SEO untuk mendapatkan pembaca dari Search Engine, tapi pembahasan Promosi Blog ke Sosial Media atau semacamnya tetap dibutuhkan. Terlebih, tidak semua Topik Blog cocok dengan hanya sekedar mengandalkan ilmu SEO.

Pelajaran Ketujuh: Semua tulisan tetap ada peminatnya. Bahkan tulisan seperti yang ditulisakan oleh Arief Sigli. Anda hanya perlu untuk sedikit percaya!
#8. Tidak meningkatkan Pengetahuan.
Dalam hal meningkatkan pengetahuan, ada baiknya anda berhubungan baik dengan blogger lain, saling tanya jawab dan sebagainya. Hal ini karena Ilmu Seo selalu ada peningkatan setiap tahun atau mungkin setiap bulannya dan bahkan setiap harinya. Anda juga bisa belajar dari forum-forum diskusi. Ini akan membantu untuk menjaga pengetahuan blogging anda tetap ter-up-date.

Mencerna kebenaran yang sudah didapatkan oleh blogger senior adalah juga penting dan tentunya harus anda terapkan agar anda dapat melihat hasilnya. Atau kalau tidak, anda akan selalu tertinggal, atau bahkan memilih berhenti karena ketidaktahuan anda.

Pelajaran Kedelapan: Anda bisa saja dikalahkan oleh ketidaktahuan anda.

Penutup:
Sebenarnya masih cukup banyak alasan mengapa Anda gagal menjadi Blogger. Namun saya lebih suka jika anda yang menuliskannya di dalam komentar. Semoga tulisan ini sanggup memotivasi anda, dan juga mampu meningkatkan keingintahuan anda tentang dunia Blogger. Terimakasih sudah membaca! Salam Sukses dari #BloggerAceh!

Post a Comment

  1. waaaahh kerennnnn gannn thankk atas poss x lnjt gann bguss bngett :)
    by ryanarmansyah

    ReplyDelete
  2. Komplit bgt Gan... Mw coba terapin nihhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang rumus pakai diterapin segala :D

      Delete
  3. Gagal jadi blogger gara-gara salah memilih topik. Setuju banget itu Arief. Tinggal merubah arah saja kalau gitu, pilih topik yang disukai. Nulisnya takan pernah terpaksa. Tahu-tahu kita sudah jadi blogger sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau Blog si mbak Evi sih udah ngak perlu diragukan lagi... saya salah satu pengemarnya loh mbak, hehe

      Delete
  4. boleh juga nih alasannya, semoga saya tidak termasuk dalam 8 alaasan tersebut

    ReplyDelete
  5. Dari alasan diatas ada beberapa yg saya punya..
    Kayaknya harus saya hilangkan alasan yang bikin saya gagal ini....

    ReplyDelete
  6. kritik ciri-ciri orang sukses gan berarti ane sukses dunk membuat orang mgnkritik blogane haha, dulu awal2sempat blog saya ini dikatakan amatiran,namun halitu cukup membuatkulebih semagnat untuk ngeblog. Artikelnya mampu menyemangati bagi blogger yang akan putus asa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sebenar juga sedang menyemangati diri saya sendiri loh pak, hehe

      Delete
  7. harus banyak belajar terus ya intinya, semoga kita sama-sama sukses bro.

    ReplyDelete
  8. Tambahan gan ., nomor #0 Tidak ingin punya Blog ;-( :D b-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan permasahan gagal, tapi belum memulai :D

      Delete
  9. mungkin yg pas buat saya nomor 3 mas arief.. gak ada tujuan.. hehe

    ReplyDelete
  10. artikel anda sangat menarik, saya sudahberhenti cukup lama di blog ini, benar benar blog yang bermanfaat membaca artikelnya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat tersanjung :) semoga bisa sedikit membantu :)

      Delete
  11. Alhamdulillah aku nulis di blog suka2 aku...puas secara batin, meskipun amatiran, tapiii alhamdulillah walaupun masih terbatas sdh pernah mendatangkan profit...smoga di masa depan bisa dapetin profit lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka si mbak yang satu ini... biarpun sudah lama di dalam dunia blog, tapi tidak sombong :) semoga mbak yang banyak profitnya :) jangan lupa bagi-bagi ya mbak :D

      Delete
  12. Biasanya ada juga yaitu karena ga ada masukan dana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembahasan lain terjadi akibat gagal :D :D :D

      Delete

loading...
 
Top