loading...

Pengalaman: Cara menurunkan Alexa rank

Cara meningkatkan peringkat alexa? Nah, Jika Alexa Rank Anda di bawah angka 100 ribu, sebaiknya anda tidak harus membaca artikel ini. Tapi jika Rank Alexa anda masih 1 juta, tampaknya anda memang harus membaca artikel ini.

menurunkan Alexa rank

Pertanyaannya adalah apakah Alexa Rank penting? Setiap kali saya mengunjungi Blog yang memang banyak bertebaran, acuan kualitas yang saya lihat adalah 3, yaitu Page Rank (PR), Page Authority (PA) dan Alexa Rank. Jika blog telah mendapat PR 1 atau lebih baik, maka kesimpulan saya adalah blog tersebut memiliki kualitas backlink yang baik. Begitu juga penilaian terhadap PA dan Alexa Rank. Artinya jika suatu blog belum memiliki setidaknya salah satu dari kualitas tersebut, saya akan beranggapan bahwa blog tersebut adalah blog yang masih terlalu muda, alias baru.

Persaingan Alexa Rank itu sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan persaingan PR. Alasan saya: karena untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di dalam Alexa, kita harus bersaing dengan seluruh situs yang ada. Sedangkan dalam perhitungan PR, siapa saja berhak mendapatkan PR 10 asalkan sudah pantas/waktunya (tidak perlu bersaing dengan yang lainnya, karena semua punya kesempatan yang sama).

Lalu, bagaimana cara menurunkan Alexa Rank? Update artikel dan lalu lintas blog, itu sudah pasti jawaban utama. Namun pembahasan ini tidak berakhir sampai di sini. Karena berdasarkan analisis pengalaman terhadap blog-blog yang saya kelola. Dan juga hasil kombinasi dari diskusi yang saya lakukan dengan blogger-blogger lainnya, saya menarik sudah menarik kesimpulan.

Berikut Tips merampingkan Alexa Rank :

Blog Gratis atau Berbayar?
Sebagai penjelasan awal, Alexa Rank memang tidak menjamin perlakuan khusus terhadap domain berbayar maupun Domain Gratis. Tapi berdasarkan pengalaman saya, semua itu tidaklah memiliki kebenaran.

Sebelum memasang domain, Blog Ariefsigli.blogspot.com hanya mampu berkutat pada angka 1 juta atau paling baik di angka 800 ribu. Saat itu saya membandingkan dengan angka Alexa Rank Blog teman-teman saya. Saya merasa sedikit beruntung, karena angka Alexa Rank Blog saya termasuk di atas rata-rata, dalam lingkup Blogspot. Namun ketika saya membandingkan dengan Blog yang sudah memakai Domain. Perbedaan itu sangat nyata, padahal Blog yang saya bandingkan kebanyakan Blog yang lebih muda dari Blog saya.

Jadi dapat dikatakan (menurut saya), Alexa lebih memperhatikan domain berbayar dari pada domain gratis. Memang ada juga blog dengan domain gratis yang jauh lebih baik daripada domain berbayar. Namun lingkup tersebut sangatlah kecil.

Update atau Lalu lintas?
Jika membandingkan antara memperbarui Artikel (Update) dan lalu lintas? Maka sangat jelas bahwa Alexa lebih suka dengan Blog yang rajin Update. Sampai tulisan ini di muat, Ariefsigli hanyalah sebuah Blog yang baru memiliki 144 Artikel yang diterbitkan dengan data Alexa Rank Global 542.742 dan Alexa Rank Indonesia 17.758.

Cara menurunkan Alexa rank

Untuk Beberapa orang mungkin hal ini bukanlah suatu kebanggaan, namun untuk blog dengan jumlah Artikel yang di bawah rata-rata? Saya pikir ini adalah suatu hal yang membanggakan. Masalah meningkatkan Alexa Rank memang sedikit rumit jika hanya mengandalkan Update artikel. Namun anda dapat mengatasi hal ini dengan memiliki lalu lintas di atas 1000/hari, terlebih apabila anda memiliki Domain Berbayar. Saya pikir, hal itu juga yang mungkin menjadi pertimbangan untuk blog saya ini.

Terkadang saya memang pernah merasa tidak adil, ketika terlalu banyak melakukan Update tapi Angka Alexa Rank malah menurun. Saya mulai mencari jawaban, dan ternyata jawabannya sangat simple: Semakin hari semakin banyak Situs baru; yang artinya persaingan pun bertambah.

Hal itulah Rahasia terbesar yang membuat Alexa Rank semakin membengkak. Jadi, dalam pembahasan ini, sangat sulit untuk siapapun mengalahkan Angka Alexa Rank Google maupun Facebook.

***
Dengan kenyataan seperti yang saya jelaskan di atas. Jika anda adalah seorang blogger yang memiliki sedikit kesulitan dalam hal Lalu lintas harian? Maka anda sebaiknya membuat peningkatan Alexa Rank dengan cara membuat dua artikel/hari atau setidaknya satu artikel. Saya yakin, jika hal ini dilakukan dengan rutin, pasti akan membuat perubahan yang signifikan terhadap peringkat Alexa Rank Situs Anda.

Tapi saya sudah kehabisan bahan dan semuanya sudah ada di internet, apa lagi yang harus saya tulis? Jujur kepada diri sendiri adalah alasan untuk kreativitas yang mematikan. Selama kita menganggap bahwa menulis itu penting; pasti ada saja topik yang bisa kita tulis. Apa misalnya? Tidak perlu khawatir tentang material artikel, cukup hidupkan internet lalu cari artikel yang menarik. Silahkan tuliskan kembali dengan cara anda sendiri (review).

Logika yang lainnya, kita harus membuat setidaknya satu artikel tentang Alexa di dalam blog kita. Untuk apa? Anggap saja untuk membuat Pemilik Alexa merasa senang dengan keberadaan Blog kita. Hal ini juga berlaku anggapan yang sama untuk memasang toolbar Alexa dan widget Alexa di dalam Blog.

Perlu anda ketahui, dari sekian banyak penyedia layanan yang berusaha untuk memberikan peringkat terhadap Blog/Website? Tampaknya Rank Alexa masih sangat dihormati, meski tidak setinggi hormat terhadap Page Rank. Namun lihatlah? Alasan itulah yang membuat saya membahas tentang Alexa.

Nah, begitulah Kronologis Pengalaman dan pendapat saya tentang beberapa hal yang berkaitan dengan Cara merampingkan Alexa Rank. Semoga Bermanfaat!!!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

6 comments

loading...
loading...