loading...
Entah kabar baik atau mungkin kabar buruk, yang pastinya Facebook sudah semakin mengembangkan diri. Beberapa waktu lalu, Pihak Facebook resmi meluncurkan sebuah fitur yang berfungsi secara otomatis akan memberi tanda kepada anda, jika Profil anda dipalsukan oleh orang lain. Proyek ini adalah Proyek lama Facebook, yang dimana mereka mengharapkan setiap satu orang harus memiliki satu akun Facebook. Dan intinya, setiap pengguna Facebook diharapkan menggunakan nama asli mereka.

Berdasarkan laporan dari pihak PCMag, Kamis (24/3/2016) : 75% dari keseluruhan Profil Facebook yang ada, sekarang secara otomatis sudah melakukan tugasnya untuk memberitahukan pengguna jika profil-nya sudah dipalsukan.

Melaporkan Akun Palsu di Facebook


Bagaimana cara kerja Fitur Pencegahan akun palsu ini?
Jika sebuah Akun Facebook baru saja dibuat (atau mungkin sudah lama dibuat), namun memiliki data (nama/foto) yang sama dengan akun lainnya, maka sistem akan secara otomatis memberitahukan hal tersebut kepada Akun Asli (akun yang lebih tua). Akun Asli tersebut kemudian akan diminta persetujuan atas keberadaan Akun Palsu tersebut dan kemudian Tim Facebook akan menghapus akun palsu tersebut; jika memang anda mengharapkannya dan sesuai dengan kebenaran yang sudah terlebih dulu diteliti oleh Pihak Facebook.

Permasalahan akun palsu ini sebenarnya tidak terlalu sering terjadi, namun dampaknya terlalu buruk. Semisal menghilangkan martabat seseorang, atau penipuan publik, atau masih banyak lainnya. Permasalahan ini sering terjadi terhadap Akun Perempuan. Jadi dengan adanya Fitur ini, saya rasa akan sedikit menghilangkan keresahan Para Pengguna Facebook.

Hal jugalah yang disampaikan oleh Antigone Davis (Kepala Keamanan Global Facebook) kepada Mashable. "Ini adalah titik nyata perhatian bagi beberapa wanita di daerah tertentu di dunia di mana dia (si peniru) mungkin memiliki konsekuensi budaya atau sosial tertentu".

Namun meski demikian, Anda sebagai Pengguna Facebook tidak perlu menunggu Algoritma Facebook yang memberitahukan Anda. Jika Anda memang berpikir Akun Anda sedang terancam oleh peniru/penipu, Anda bisa langsung mengingatkan Tim Keamanan Facebook secara langsung.

Bagaimana Cara melaporkan Akun Palsu di Facebook?
  • Silahkan masuk ke dalam Profil Akun yang ingin anda Laporkan, kemudian KLIK bagian paling kanan yang terlihat di Profil > Pilih Laporkan (perhatikan gambar).

Melaporkan Akun Palsu di Facebook

  • Pada tahap selanjutnya silahkan memilih Pilihan Laporkan Profil ini (perhatikan gambar), jangan lupa KLIK Lanjutkan.

Melaporkan Akun Palsu di Facebook

  • Pada Tahap selanjutnya, anda akan menemukan terlalu banyak pilihan yang bisa anda pilih. Jadi, silahkan melanjutkan sendiri (saya anggap anda sudah mengerti).

Melaporkan Akun Palsu di Facebook

  • Silahkan melanjutkan sampai dengan selesai, dan selamat mencoba!

Post a Comment

  1. haha
    gambar nya bagus sekali ya
    saya sukaaaaa
    :D :D :D

    ReplyDelete

loading...
 
Top