Evaluasi Cara Mengolah Traffik (Pertimbangkan)

Cara Mendapatkan Traffic memang sudah pernah saya ungkit secara singkat dalam beberapa pembahasan sebelumnya. Namun hari ini saya memaksakan diri untuk menulisnya dengan kalimat dan penyampaian yang sempurna. Hal ini saya lakukan demi menjaga keseimbangan pemikiran teman-teman sekalian agar tidak terjadi kekurangan makna dalam intisari yang ingin saya sampaikan.

Sebagai permulaan, saya akan membuat sebuah perbandingan yang bisa saja menjadi pertimbangan untuk anda. Anda bisa saja membuat perbandingan sendiri nantinya, namun harus didasari dengan kemampuan anda dan juga kemampuan Blog Anda itu sendiri. Berikut perbandingan Traffik yang saya maksudkan (Hitungan 100%) :
  • 45% Organic (Search Engine)
  • 25% Referral Site (Dari Situs atau Blog lain)
  • 25% Direct (Datang secara langsung ke URL anda)
  • 05% Redirect (Pengalihan URL)
Untuk sedikit mempersingkat kalimat, mari kita masuk ke dalam pembahasan nyata...


EVALUASI Pembagian Traffik

#1. Traffic Organic (Pengunjung dari Search Engine)
Jangan terlalu berharap dengan sesuatu yang tidak memiliki kepastian. Intinya, tidak semua blog akan sesuai untuk mengharap traffic dari Search Engine dan tidak semua Blog sukses mengandalkan Traffik Search Engine. Misalnya saja Blog Diary, anda harus mencari traffik dengan cara yang lain. Bukan karena blog semacam ini tidak akan mendapat traffik dari Search Engine, tapi Blog semacam ini lebih cocok dengan traffik dari Sosial Media. Kenapa? Karena pengguna Search Engine 90% adalah mereka yang mencari informasi. Hal ini hanya akan dapat dibantah apabila Blog anda sudah memiliki sebuah Brand, dengan kata lain sudah memiliki nama besar. Semisal Situs Jual beli yang sekarang ini banyak menyebar, semua dari mereka kebanyakan mendapat traffik dari Aplikasi yang mereka Luncurkan.

Lalu Blog macam apa yang sesuai dengan Traffik dari Search Engine?
Sudah pasti Blog/situs yang membagikan informasi, baik itu mengenai tips ataupun yang membagikan trik.

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan Traffik dari Search Engine?
Hal pertama yang anda lakukan adalah dengan mendaftarkan blog anda ke Webmaster Google. Dengan begitu, maka blog anda dan juga setiap artikel dalam blog anda akan memiliki data di dalam SERP (harap dibaca: Hasil Pencarian Google). Dan dengan melakukan hal ini, juga berarti bahwa anda sudah melakukan tahap Seo paling dasar.

Dan untuk mendaftarkan blog anda ke semua Search Engine, anda bisa membacanya dari tulisan ini: Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke semua Search engine.

Jika anda ingin mendapatkan traffik yang lebih dari search Engine, maka anda juga harus paham dengan cara-cara menulis yang sesuai dengan ketentuan SEO, anda juga harus memperjuangkan backlink, dan beberapa ketentuan lainnya. Tidak mungkin kita bahas di sini. Anda bisa menggunakan beberapa link rujukan di bawah ini, untuk menambah pengetahuan:

#2. Traffik dari Situs atau Blog lain.
Setiap dari anda pasti dengan sendirinya akan membagikan artikel anda terhadap halaman Facebook anda. Saya tidak perlu menuduh siapapun, saya sendiri ketika pertama kali mengenal blog, langsung mengirimkan artikel pertama saya ke halaman Facebook Saya. Padahal pada saat itu, saya bahkan tidak mengenal yang namanya Traffik (tidak mengenal kepentingan traffik), karena memang saya mendaftar Blog dengan tujuan untuk Menulis Diary. Forget it...

Jangan tersinggung, saya berani menjamin setiap dari pembaca tulisan ini pasti memiliki akun Facebook, atau setidaknya pernah memiliki. Yang namun intinya, Facebook adalah kebutuhan modern yang bahkan sudah sederet atau mungkin hampir mengalahkan kadar kepentingan kebutuhan sekunder manusia. Sungguh tidak dapat dipungkiri (maaf, saya membicarakan tentang kebiasaan, bukan kepastian).

Kembali kepada pembahasan, jadi bagaimana cara mendapatkan traffik dari situs atau blog lain? Baik, kita mulai dengan beberapa tahap pembahasan.

#A. Cara Mendapat Traffik dari Facebook.
Menurut saya, cara paling efektif untuk menarik traffik dari Facebook adalah melalui Grup Facebook. Silahkan anda menjadi anggota dari setiap Grup Facebook yang memiliki Brand yang cocok/sesuai dengan topik/brand Blog anda. Usahakan jangan sampai mempromosikan ke dalam Grup yang memiliki Topik yang menyimpang, karena hal ini bisa saja menjadi masalah.

Masalah lain yang harus anda pertimbangkan di sini adalah, peraturan Grup Facebook yang anda pilih. Karena setiap Grup itu memiliki aturan, jadi silahkan patuhi agar anda aman dalam melakukan promosi. Dan satu lagi yang terpenting, usahakan jangan mempromosikan blog ke dalam Grup yang melarang keberadaan Link di dalam Kiriman. Silahkan pahami dan lakukan dengan cara yang sesuai dengan pemahaman anda (saya yakin anda lebih tau).

Dalam pembahasan ini, saya menganjurkan anda untuk membentuk sebuah Grup Facebook milik anda sendiri. Memang tidak mudah di awal cerita, namun ketika anggota Grup anda sudah pada angka yang tinggi (sekitar 1000 jika natural), maka anda hanya perlu menunggu orang yang ingin menjadi bagian dari Grup anda tersebut. Dan hal ini akan semakin efektif dari hari ke harinya.

Lalu bagaimana dengan promosi di Status Facebook?
Jangan melakukan cara ini, karena pihak Facebook membatasi (harap baca: sangat membatasi) pembaca untuk Status yang berisikan Link. Silahkan mencobanya jika anda tidak percaya.

Lalu bagaimana dengan Promosi di Fanspage?
Sama halnya dengan Grup Facebook, Fanspage akan sangat membantu. Namun semua itu harus anda perjuangkan terlebih dahulu, maksud saya memperbanyak Like Fanspage. Jadi, anda harus memulainya dari sekarang juga, jika memang ingin menikmati hasil traffik di masa mendatang.

#B. Cara mendapat Traffik dari Twitter.
Dahulu ketika saya membuat blog, Twitter hanyalah Sosial Media yang baru dikenal dikalangan anak muda Indonesia. Bahkan saya sendiri, hanya mendaftarkannya untuk meninggalkannya tanpa membukanya lagi (karena kurang suka dengan tampilannya yang lambat dan keterbatasan kata yang bisa digunakan di dalam kiriman). Namun sekarang ceritanya sudah jauh berbeda, walaupun saya tidak aktif dalam dunia Twitter, saya harus mengakui bahwa Twitter sudah menjadi saingan terbaik untuk Facebook.

Anda bisa melakukan promosi dengan cara membagikan Link anda di dalam Tweet. Namun di luar dari itu semua, menggunakan #HasTag di Twitter adalah cara paling ampuh. Hal ini harus di dongkrak dengan jumlah Follower anda dan juga tingkat populer sebuah #Hastag. Saya tidak begitu yakin anda ingin mendengar tentang hal ini lebih jauh lagi, karena saya yakin anda lebih tau. Jadi kita lanjut saja ke tahap selanjutnya.

#C. Mendapat Traffik dengan Berkomentar pada blog teman.
Berkomentar pada Blog orang lain adalah cara terbaik lainnya untuk mendapat Traffik, bahkan akan sangat ampuh apabila anda memilih Blog atau situs yang populer. Hal ini juga bisa untuk menjadi ajang mencari Backlink. Namun sebelum melakukan cara ini, ada baiknya anda membaca dahulu panduan di bawah ini :
  • Jangan berkomentar dengan hanya memakai tujuan untuk menyebar link, karena hal ini bisa saja menjadi masalah untuk anda.
  • Jangan berkomentar menggunakan Anonymous, agar pembaca nantinya tau kemana harus mencari anda.
  • Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai ketentuan Blog yang anda komentari.
  • Berkomentarlah dengan komentar yang berkualitas.
  • Jadilah orang yang pertama kali berkomentar atau setidaknya termasuk dari 5 yang pertama.
  • Anda hanya (100%) boleh menggunakan link apabila kolom komentar tersebut adalah CommentLuv atau memang pada situs/blog yang mengijinkan keberadaan link.
  • Berkomentarlah di dalam situs/Blog yang memiliki topik yang sama dengan topik Blog Anda.

Sebagai sedikit tambahan untuk mencapai target yang lebih baik. Anda juga harus benar-benar serius dengan isi komentar yang anda tuliskan. Maksud saya, jika nantinya si Admin membalas komentar anda, anda juga harus ikut membalas kembali (jika memungkinkan). Hal ini sangat membantu untuk mengikat tali silaturrahmi, yang dimana nantinya anda akan menemukan banyak teman baru dan juga sekaligus traffik baru yang permanen.

Saya menemukan banyak teman dari kalangan Blogger dengan cara yang seperti ini, bahkan beberapa di antaranya adalah mereka yang berasal dari kalangan yang sudah menjadi guru saya, dan bahkan juga ada yang sudah sampai kepada tahap saling tatap muka. Hal ini tidak pernah berarti memanfaatkan, karena pada dasarnya, memiliki teman bukanlah suatu yang merugikan (yang saling ingin merugikan itu adalah musuh, sama sekali bukan teman).

Untuk sekedar informasi tambahan (lagi), saya mengaktifkan moderasi komentar adalah, karena saya ingin mengetahui dan membalas langsung komentar yang baru saja masuk. Yang kemudian akan saya jadikan rujukan untuk menuju ke akun google+ miliknya, dan nantinya jika dia memiliki Blog, saya akan membalas kebaikannya yang telah berkomentar di dalam Blog sederhana saya ini. Jangan pernah berpikir orang seperti saya ini hanya sedikit, karena saya sudah banyak menemukan orang yang melakukan hal ini. Mereka adalah Blogger yang ingin dihargai, mereka adalah blogger yang tau terimakasih, mereka adalah blogger yang cinta dengan Dunia Blogger. Dan Blogger semacam itu masih sangat banyak.

#D. Cara mendapatkan Traffik dari Forum Diskusi.
Forum Diskusi hampir sama saja dengan Facebook, hanya saja Forum Diskusi lebih fokus membahas tentang informasi (bukan curahan hati semacam di Status Facebook). Secara pribadi, saya lebih memilih Forum dari pada Facebook; andai saja pengguna Forum setidaknya sedikit lebih banyak dari persentasi yang ada sekarang ini.

Mengapa Forum bisa mendatangkan Traffik?
Karena Forum Diskusi itu membahas sebuah topik dengan cara berdiskusi, alias mengharap tanya jawab di dalam kolom komentar. Hal itulah yang bisa anda manfaatkan untuk menjawab pertanyaan dan jika memungkinkan, ajaklah para pembaca untuk membaca langsung jawaban anda dari Blog Anda.

Dalam pembahasan ini, saya memaksudkan Forum yang mengijinkan keberadaan Signature. Jadi, anda bisa sekalian mempromosikan Blog Anda di dalam sana. Anda bisa memilih salah satu Forum Terbaik dalam tulisan ini untuk memulainya: Forum Indonesia yang menyediakan Signature. Dan usahakan untuk benar-benar mencari Forum dengan Topik yang memang sesuai dengan topik blog anda punya di dalam blog anda.

Dalam pembahasan ini, anda juga akan mendapatkan backlink. Saya menganjurkan Forum Bersosial, karena memang saya aktif di dalam sana. Berikut jumlah Backlink yang saya dapat dari sana (gambar saya ambil ketika tulisan ini dimuat):

Evaluasi Cara Mengolah Traffik
Gambar: Perhitungan Backlink berdasarkan Webmaster Google.
#3. Traffik yang datang secara langsung ke situs kita.
Jika Blog Anda sudah berteman dengan Search engine dan juga sudah sering dilihat oleh orang-orang melalui Facebook atau Forum, atau mungkin juga melalui segala macam cara anda mempromosikan Blog dahulunya, pastinya sekarang akan ada beberapa di antaranya yang akan sangat senang dengan keberadaan Blog Anda. Dan beberapa di antaranya (juga), pasti akan ada yang dengan setia menunggu pembaharuan artikel yang anda buat.

Mereka adalah bagian dari orang-orang yang akan mengetik URL Blog/Situs anda secara langsung melalui Browser yang mereka gunakan. Tidak menutup kemungkinan akan siapa saja orang yang senang dengan keberadaan Blog kita, hal itulah yang menjadikan alasan menulis dengan cara sendiri adalah hal terbaik yang harus anda usahakan. Agar Blog anda memiliki keunikan, dan juga memiliki daya tarik tersendiri, alias bukan hasil plagiator.

Traffik semacam ini hanya akan anda dapatkan, apabila anda sudah melakukan kiat Promosi yang sudah saya bahas pada pembahasan di atas. Mungkin juga beberapa di antara Traffik semacam ini adalah berasal dari kalangan teman anda sendiri (maksud saya teman dalam dunia nyata, bukan dari dunia maya).

#4. Traffik yang berasal dari Redirect.
Traffik Redirect adalah Traffik yang berasal dari pengalihan URL. Misalnya untuk Ariefsigli.com, Blog ini memiliki Traffik Redirect dari Ariefsigli.blogspot.com. Namun jangan salah, saya juga memiliki Traffik Redirect lainnya, karena saya juga memiliki cukup banyak Blog Zombie/Dummy. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Traffik semacam ini, silahkan anda menanyakan di dalam komentar atau menghubungi langsung ke akun Facebook saya, karena saya kurang bisa menjelaskan lebih lanjut lagi.

Begitulah 4 Evaluasi Traffik yang bisa saya jabarkan pada pembahasan kali ini, semoga teman-teman Ariefsigli sekalian dapat mengambil beberapa hal untuk menjadi bahan pertimbangan. Namun satu hal yang selalu saya ingatkan kepada anda, jika ingin mendapatkan Traffik yang ampuh, anda harus fokus dengan satu kiat yang memang anda kuasai. Misalkan anda ingin Fokus dengan Traffik dari Search Engine, maka anda harus fokus di sana. Jangan pernah tamak untuk mengharap Fokus dari berbagai macam Traffik, karena hal itu akan menimbulkan efek tidak maksimal.

Untuk sekedar gambaran bagi anda, berikut ini adalah gambar Situs Rujukan yang Ariefsigli dapatkan pada saat tulisan ini dimuat :

Evaluasi Cara Mengolah Traffik
Gambar: situs rujukan Blog Ariefsigli.com

Selamat Ngeblog dan sampai jumpa pada tulisan saya yang lainnya!


Disqus Comments