Evaluasi Kualitas Backlink 2016

Setiap Webmaster, Internet Marketer dan SEO pastinya sangat tahu bahwa membangun backlink adalah salah satu cara terbaik untuk menuju peringkat pertama Google.

Mesin Perayapan Google mengandalkan link untuk merangkak dari sebuah situs ke situs berikutnya. Lebih dari sekedar itu, Google juga melihat setiap link yang merujuk ke situs anda sebagai/semacam testimonial. Logikanya adalah bahwa kebanyakan situs berkualitas tinggi hampir selalu memutuskan untuk berhenti memberikan link ke situs lainnya (yang memiliki kualitas lebih rendah). Alasan yang dapat dimaklumi, hal itu akan mengurangi kualitas mereka di mata Google. Karena pada kenyataannya, situs yang terujuk selalu mendapat keuntungan yang lebih dari situs yang merujuk (hampir dalam segala hal).

Untuk mengirim Google sebuah sinyal, maka penting bahwa kualitas menjadi kata kuncinya. Hal yang kita bicarakan ini adalah apa yang anda butuhkan untuk fokus ke puncak peringkat pencarian. Jika anda ingin situs berkualitas tinggi terhubung dengan situs anda, maka situs anda juga harus berkualitas tinggi.

Melihat dari sisi lain, jika anda memiliki ribuan backlink berkualitas rendah, kemungkinan besar bahwa anda hanya melakukan aktivitas Spamming. Google telah menegaskan akan pentingnya waktu yang yang berkala (teratur) dan ini telah menjadi salah satu faktor pemersatu seluruh update yang baru-baru ini terjadi.

Kemudian lahir pertanyaan : Bagaimana anda tahu bahwa sebuah situs itu berkualitas tinggi atau tidak?
Evaluasi Kualitas Backlink 2016
Evaluasi Kualitas Backlink

Cara termudah untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi adalah dengan memulai proses eliminasi. Dengan kata lain, kita perlu menyingkirkan backlink yang berkualitas rendah. Dan untungnya, mengidentifikasi situs berkualitas rendah itu adalah hal cukup mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Bahkan, anda mungkin akan tahu dengan kenyataan ini, langsung ketika anda singgah ke dalam situs tersebut.

Situs berkualitas rendah untuk menyimpan backlink adalah:

#1. Situs dengan kualitas konten rendah
Semua dari anda pasti sangat tau dengan cara untuk membuktikan hal ini. Dan memang benar bahwa semua jenis konten memiliki daya tarik tersendiri, tapi tidak bisa dipungiri, cara seseorang menulis konten juga merupakan hal yang bisa membuktikan bahwa konten tersebut memang tidak memiliki manfaat yang layak di baca. Terkadang hal ini juga dipengaruhi oleh kalimat yang tidak teratur. Dan bahkan memberikan informasi yang bisa dikatakan omong kosong belaka, alias kebohongan yang diciptakannya sendiri.

#2. Situs yang tidak memiliki pengunjung
Bagaimana bisa sebuah situs dikatakan situs berkualitas apabila tidak ada pengunjung yang membaca setiap tulisan yang ada di dalamnya. Semua dari kita pasti sangat tau cara berasumsi dengan cara seperti ini. Dan salah satu cara terbaik untuk menilai kualitas pengunjung sebuah situs adalah dengan cara melihat Alexa Rank. Dalam pembahasan ini, Alexa Rank kecil berarti bahwa situs tersebut bagus! Dan semakin kecil angka Alexa Rank, maka akan semakin bagus lagi.

#3. Situs yang memiliki angka share dan jumlah komentar yang sedikit
Jika suatu situs memiliki angka share yang banyak, pastinya akan sedikit menjamin bahwa situs tersebut memiliki pembaca yang banyak. Baik itu karena pengunjung yang datang dari link yang di share tersebut atau memang pengunjung yang terlanjur datang yang melakukan share. Begitu juga berlaku asumsi terhadap Jumlah komentar, semakin banyak komentar, tentu saja semakin populer situs tersebut. Yang bisa juga diasumsikan bahwa semakin berkualitas situs tersebut.

#4. Situs yang memiliki link yang merujuk ke Situs Spam
Pembahasan ini agak sedikit sulit dilakukan dengan kasat mata, karena akan membutuhkan banyak waktu untuk membuktikannya. Namun hal ini mampu dilakukan dengan memanfaatkan bermacam tool yang memang sudah disediakan untuk memudahkan hal ini. Mungkin akan kita bahas dalam pembahasan selanjutnya.

#5. Situs yang tidak memiliki iklan (khususnya iklan pribadi)
Jika sebuah situs memiliki banyak pengiklan, hal ini bisa menjamin banyak hal. Karena hanya ada sedikit alasan mengapa sebuah perusahaan atau situs rela membuat iklan di dalam situs anda. Alasan yang sudah pasti menjadi tolak ukur pertama adalah kualitas situs yang tinggi, baik dalam hal konten, maupun kualitas pengunjung situs tersebut. Alasan selanjutnya hanyalah persyaratan umum yang akan berbeda jika melihat kepada jenis dan corak iklan yang ingin ditawarkan. Kita tidak sedang membicarakan iklan Google Adsense (tidak secara khusus), tapi iklan Pribadi (secara umum).

Namun demikian, tolak ukur untuk menilai suatu situs dari iklan yang ditayangkan, tentu saja akan sangat rumit. Saya hanya menganjurkan penilaian ini untuk beberapa kategori situs saja. Karena tidak semua situs pantas di nilai dengan cara seperti ini.

#6. Situs yang tidak relevan dengan materi situs anda
Relevan adalah hal yang harus anda perjuangkan untuk menjaga situs anda dalam kualitas terbaik. Hal ini sudah cukup sering dijabarkan oleh pihak google sendiri. Anda bisa langsung mengetahui akan hal ini dengan hanya melihat Home Page situs yang anda kunjungi.


#7 Situs yang terlibat dalam perdagangan link atau menjual link
Situs semacam ini, sangat harus anda hindari jika ingin membuat sebuah backlink. Karena secara langsung, google sudah menyatakan kekurangsukaan mereka terhadap situs yang hanya dipenuhi oleh link-link yang tidak memiliki kualitas rendah. Situs semacam ini biasanya akan mendapat Pinalty dari Google. Memang tidak sepenuhnya situs semacam itu terkena Pinalty, semua itu tentu saja berbicara masalah waktu.

Nah, jika situs anda memiliki kualitas backlink dari situs yang semacam di atas, maka anda perlu memulai membersihkan backlink tersebut. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan tool Disavow links yang memang disediakan oleh pihak google, atau dengan menghubungi pemilik situs sumber backlink itu sendiri untuk meminta menghapus backlink tersebut dengan cara yang baik.

Jangan terlalu berlebihan dalam melakukan penghapusan backlink. Perlu anda ingat bahwa anda juga harus menjaga beberapa backlink yang berkualitas rendah. Mengapa? Karena situs yang memiliki corak backlink yang beragam akan terlihat sehat dan alami.

Kita ungkit contoh nyata; tidak bisa diragukan lagi bahwa situs semacam Wikipedia memiliki semua jenis backlink yang menunjuk ke dalamnya, dan mereka tentu saja tidak akan memiliki waktu untuk mengelola backlink itu semua, begitu juga dengan situs anda. Jadi, menjaga keragaman backlink juga merupakan hal yang perlu dilakukan. Jadi sekali lagi, jangan membuat backlink yang anda miliki terlalu bersih.

Evaluasi Kualitas Backlink 2016

Bagaimana dengan backlink berkualitas tinggi?
Lupakan sedikit dengan backlink berkualitas rendah yang sudah terlanjur anda miliki tersebut, karena pada langkah berikutnya saya akan sedikit membantu anda memulai menemukan beberapa backlink berkualitas tinggi.

Jadi bagaimana anda tahu bahwa sebuah situs itu memiliki kualitas tinggi atau tidak?
Ada beberapa hal yang harus dicari. Namun, salah satu faktor yang paling penting adalah dengan membuat nilai kepada situs anda. Dengan kata lain, anda harus menuliskan konten dengan kualitas terbaik.

Cara membuat konten besar (konten terbaik) dapat anda lakukan dengan banyak cara yang berbeda. Mungkin anda bisa membagikan sesuatu yang lucu, sesuatu yang menarik, sesuatu yang menghibur, atau mungkin sesuatu yang memang sangat berguna. Penelitian telah membuktikan bahwa konten terbaik itu cenderung memiliki kata dengan rata-rata 1.500-1.800 kata. Mengapa? Karena dengan lebih banyak kata yang digunakan, penulis dapat memberikan sesuatu yang benar-benar berguna dengan cara yang sangat lengkap. Dengan lebih terarah, konten yang berisi saran, ide, informasi, sumber daya, tips dan beberapa contoh yang terlalu banyak jika harus disebutkan, adalah sesuatu yang akan membuat seseorang duduk manis untuk membaca tulisan tersebut dengan secangkir kopi. Alias, benar-benar ingin menikmatinya.

Google sangat fokus dengan angka Bounce-Rate sebuah situs; hal yang dimana dapat membuktikan berapa lama seseorang menghabiskan waktu di dalam sebuah situs. Untuk membuat sebuah perandaian, ketika anda berada di dalam sebuah situs, silahkan bertanya kepada diri anda sendiri, bagaimana anda menghabiskan waktu di dalam suatu halaman bacaan tersebut sebelum anda meninggalkannya. Apakah anda terlibat dengan konten? Apakah anda meninggalkan komentar terhadap situs tertentu? Pernahkah anda melihat orang membahas konten tersebut di tempat lain?

Situs yang memiliki backlink ke arah situs yang memiliki kualitas yang lebih tinggi juga merupakan hal yang baik. Tidak hanya apakah itu untuk memberikan bacaan yang lebih lanjut dan/atau untuk menjadi bahan referensi bagi pengunjung. Anda harus mengusahakan sebuah link keluar untuk tetap mengarah ke arah situs yang lebih baik.

Jika anda sudah melakukan beberapa anjuran di atas, bukan tidak mungkin berbagai situs lain akan melirik ke arah situs anda. Anda bisa melihat contoh kepada Wikipedia, atau setidaknya melihat contoh ke arah situs-situs terbaik yang memang sangat banyak menyebar (saya sedang tidak ingin memberi contoh).

Memanfaatkan hal di atas adalah cara terbaik untuk membuat backlink dengan cara yang alami. Dan juga akan memudahkan anda untuk membangun backlink ke depannya. Karena seperti kebiasaannya, anda akan mudah mendapat kerja sama dengan situs yang searah dengan situs anda, jika memang situs anda memiliki kualitas tulisan yang berkualitas.

Evaluasi Kualitas Backlink 2016
Berhati-hatilah, atau anda akan terjatuh
Pentingnya Relevansi
Hanya karena sebuah situs memiliki kualitas tinggi, tidak berarti bahwa backlink yang dihasilkan dari situs tersebut akan berkualitas tinggi juga untuk anda. Itu karena relevansi juga memainkan peran yang sangat penting. Anda perlu memastikan bahwa backlink di situs anda berasal dari halaman yang sangat relevan dengan konten yang anda bicarakan. Hal ini memiliki kepentingan karena backlink juga memberitahukan kepada Google akan bagaimana topik suatu situs.

Jika anda memiliki backlink dari Situs Indonesia.go.id, maka itu akan menunjukkan bahwa situs anda berkualitas tinggi dan dapat dipercaya. Namun jika website anda membahas tentang kelinci, maka ini tidak akan membantu anda untuk mendapatkan frase unik untuk peringkat anda. Pikirkan tentang hal ini: Google tidak bisa selalu membuat situs anda muncul dalam setiap pencarian karena google perlu/juga untuk melihat bahwa situs anda sedang direkomendasikan untuk topik tertentu.

Hal ini juga membuka hal penting lain seperti bahwa anda harus mempertimbangkan di mana dan bagaimana anda akan membuat backlink. Baik dari Domain ke Domain, halaman ke halaman, Domain ke halaman, dan sebagainya.pastikan bahwa backlink anda datang dari bagian yang paling relevan dari situs yang paling relevan dan merujuk pada halaman yang paling relevan.

Kepercayaan dan Otoritas
Salah satu hal terbesar dan faktor paling penting ketika membangun backlink berkualitas tinggi adalah kepercayaan. Karena, jika anda menetapkan diri sebagai otoritas terpercaya, maka anda akan bertahan dalam update algoritma Google di masa mendatang dan bahkan akan tahan terhadap serangan SEO negatif.

Ingat! Ketika kita mengatakan bahwa situs seperti Wikipedia memiliki banyak backlink yang berkualitas rendah? Salah satu alasan mereka bisa lolos dari hal ini hanyalah bahwa organisasi ini begitu mapan dan begitu dipercaya.

Jadi bagaimana anda tahu jika sebuah situs terpercaya atau tidak?
Beberapa indikator kunci adalah:
  • Situs tersebut adalah merek terkenal
  • Situs tersebut menggunakan Domain .gov atau .edu
  • Situs tersebut ditampilkan dalam fitur In the News Google.
Jika anda bisa mendapatkan backlink dari situs yang memenuhi 3 kriteria di atas, maka itu hampir mendapat jaminan untuk menjadi backlink berkualitas tinggi. Hal ini akan membantu anda untuk membangun otoritas dan kepercayaan terhadap situs anda sendiri. Satu-satunya masalah adalah sedikit lebih sulit untuk mendapatkan backlink dari salah satu situs tersebut.

Dan maka dari itu anda dapat bermain dengan permainan "Backlink perantara". Dalam hal ini, anda akan mencari backlink dari situs yang memiliki backlink dari jenis-jenis situs yang saya sebutkan di atas. Berikut cara merantainya :

Wikipedia > Situs lain > Situs anda.

Anda dapat memanfaatkan perantaian backlink dengan corak seperti ini.

Salah satu cara untuk menemukan peluang seperti ini adalah dengan melihat situs berkinerja tinggi di dalam topik yang sama dengan anda dan kemudian melakukan penelitian terhadap backlink mereka. Dengan cara itu, anda dapat menggali cukup banyak situs dengan kualitas tinggi, dan juga terpercaya. Dan memang situs semacam ini lebih mudah untuk ditemukan.

Pembagian Backlink yang teratur dalam versi lain
Pada akhirnya, anda juga perlu memikirkan tentang sifat dari pada backlink itu sendiri. Maksud saya:
  • Apakah itu Nofollow?
  • Apakah itu Dofollow?
  • Apakah itu Redirect?
  • Atau mungkin, letak dari pada Backlik itu sendiri?

Jangan terlalu membuang waktu anda untuk backlink sehingga melupakan keberadaan artikel blog anda. Google lebih pintar dari yang anda pikirkan dan semakin pintar dari hari ke harinya.

Dari Evaluasi Kualitas Backlink yang saya rangkum di atas. Saya harap anda sudah sedikit mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan backlink yang terbaik. Semua yang tersisa sekarang hanyalah cara anda untuk memulai membangun Backlink. Membangun Backlink berkualitas tinggi memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih banyak, tapi percayalah: hal itu sangat layak untuk anda terapkan dalam jangka waktu yang panjang dan memang dibutuhkan.


Disqus Comments