loading...
Sebagian besar dari kita sangat tahu dua hal tentang unta. Pertama Unta memiliki punuk di punggungnya dan Unta tau cara meludahi. Namun selain itu, ada berapa lagi Hal Unik dari Unta yang mungkin belum teman-teman sekalian ketahui.

Berikut Fakta Unik Tentang Unta yang berhasil saya rangkum :
  1. Gundukan-gundukan Unta (Punuk) sebenarnya tidak digunakan untuk menyimpan air. Namun untuk menyimpan lemak dan juga berfungsi untuk membuat bagian tubuh Unta yang lain tetap merasa dingin (hal itu sangat dibutuhkan, karena mereka hidup di iklim yang tropis). Namun jika diperlukan, lemak tersebut akan dikonversikan menjadi makanan atau air.
  2. Kata "Unta" dalam Bahasa Arab adalah "Jamal", yang secara harfiah bisa diartikan keindahan. Jadi, jangan pernah mengatakan bahwa Unta Jelek!
  3. Unta dapat meminum sebanyak 40 galon air sekaligus (150 liter). Mengingat itu tidak disimpan di dalam punuknya? Itu sungguh luar biasa.
  4. Unta Arab hanya memiliki satu punuk (Unta Asia memiliki dua).
  5. Meskipun Unta mungkin tampak sangat santai dan lambat, namun Unta adalah makhluk sosial. Di alam liar, Unta selalu mencari makan setidaknya bersama 30 kawanan lainnya.
  6. Unta adalah satu-satunya mamalia yang memiliki sel darah merah yang berbentuk Oval. Sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Hal itu karena Bentuk darah Oval lebih mudah untuk mengalir, sehingga lebih lama terjadinya dehidrasi.
  7. Unta merupakan mamalia yang berkuku.
  8. Selain itu, kaki Unta juga memiliki bantalan kasar sehingga memungkinkan mereka untuk berjalan di atas pasir tanpa tenggelam.
  9. Mulut Unta tidak akan terluka jika memakan ranting yang berduri dan barang-barang lainnya yang dapat menyebabkan cedera pada hewan lain.
  10. Masih tentang mulut... jika tiba musim kawin, lapisan mulut unta akan terjadi ekstrusi yang juga kadang-kadang meningkatkan efek meludah.
  11. Jika diperlukan, Unta dapat menutup hidung mereka sebagai bentuk pertahanan diri melawan angin dan pasir.
  12. Masa kehamilan Unta adalah 11-12 bulan atau bisa dikatakan 2 bulan lebih lama dari apa yang terjadi terhadap manusia biasanya.
  13. Unta baru mencapai dehidrasi jika kehilangan 25% dari cairan tubuh mereka. Sedangkan Mamalia lain, biasanya hanya bisa kehilangan 15% (termasuk manusia).
  14. Terdapat lebih dari 14 juta Unta di seluruh dunia; kebanyakan dari mereka terdapat di daerah Timur Tengah, Asia dan Australia.
  15. Unta dapat menendang ke-empat arah dengan masing-masing kaki mereka.
  16. Unta dewasa bisa mencapai tinggi sekitar 2 meter, berat 800kg, serta dapat bertahan hidup hingga 50 tahun.
  17. Di Turki, ada sebuah Acara Gulat Unta yang berlangsung setiap Januari.
  18. Unta tidak hanya meludah untuk bersenang-senang. Tapi hanya akan melakukan itu ketika mereka merasa terancam.
  19. Unta mungkin tidak tampak gesit dan tidak terlihat cocok dengan keadaan perang. Tapi kenyataannya, Unta adalah salah satu makhluk yang ada di dalam hampir semua perang di masa lalu.
  20. Unta bahkan tidak lambat seperti yang terlihat. Mereka dapat berlari hingga kecepatan 40mph. Namun, mereka tidak dapat melakukan itu untuk waktu yang lama, tapi mereka nyaman dengan kecepatan 25mph.
  21. Binatang yang paling mirip dengan Unta adalah Llamas. Perbedaan keduanya adalah, Unta setidaknya memiliki satu punuk sedangkan Llama tidak memiliki punuk. Perbedaan lainnya, Unta memiliki ukuran tubuh yang lebih besar.
  22. Al-Dhafra Camel Festival berlangsung setiap tahun di Uni Emirat Arab. Yang paling populer di dalam festival tersebut adalah kontes kecantikan.
  23. Satu-satunya saat ketika anda bisa melihat Unta tanpa punuk adalah ketika Unta baru lahir. Namun setelah Unta yang baru lahir tersebut memakan cukup banyak makanan padat, maka punuk (atau gundukan) akan mulai tumbuh.
"Fakta Unik Tentang Unta"
================================= 
"23 Fakta Unik Tentang Unta"
=================================

Post a Comment

loading...
 
Top