loading...
Anchor text adalah teks yang berada (bisa di klik) di atas Hyperlink/URL. Dalam Standar Web, biasanya Anchor Text akan berwarna biru dan memiliki garis bawah. Namun hal itu dapat diubah menggunakan kode html. Kata atau Keyword yang menjadi Anchor Text adalah salah satu dari banyaknya faktor untuk meningkatkan posisi di mesin pencarian, hal ini digunakan untuk menentukan topik dari suatu halaman situs.
Apa itu Anchor Text?
Anchor Text yang buruk: Klik di sini! Selengkapnya!

Anchor Teks juga dikenal dengan nama link title atau link label. Seperti yang sudah saya ungkit di atas, kata/keyword yang terkandung dalam anchor teks akan membantu menentukan peringkat halaman tersebut di Search Engine (Contoh: Google, Yahoo, dan Bing). Link tanpa anchor text akan disebut naked URLs (Url Telanj*ng) atau juga disebut dengan URL anchor texts (URL sebagai Anchor Text).

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda ketahui tentang Anchor Text:

Anchor Text tertarget
Ketika membangun backlink, setiap situs harus mengontrol anchor text dari link yang mereka gunakan. Hal itu sangat penting demi menjaga halaman untuk mendapat peringkat yang baik di mesin pencarian. Anchor yang tertarget adalah menggunakan kata kunci yang sesuai dengan isi topik dari halaman yang menjadi tujuan dari pada backlink itu sendiri.

Anchor Text yang bervariasi
Sebuah Anchor text yang baik adalah harus bervariasi, hal itu perlu dilakukan karena Google melakukan filter terhadap Anchor text yang sama, dan menganggapnya sebagai Spa*m. Hal itulah yang membuat setiap situs harus menggunakan kata kunci yang berbeda-beda untuk Anchor text yang mereka gunakan.

Anchor Text yang dimanipulasi
Hal yang termasuk ke dalam pembahasan manipulasi adalah masalah relevansi. Dan jika kata yang digunakan untuk Anchor Text tersebut tidak sesuai dengan Topik yang menjadi pembahasan situs, saat itulah Anchor text akan disebut dimanipulasi. Hal ini juga berlaku, untuk jangan pernah membuat Backlink pada halaman yang tidak relevan dengan situs anda. Berhati-hatilah dengan pembahasan ini, karena hal ini akan mempengaruhi peringkat situs di mesin pencarian.

Anchor Text yang berlebihan
Sama seperti ketika anda menulis artikel (tidak boleh menggunakan kata kunci yang berlebihan). Hal itu juga berlaku untuk Anchor text, anda tidak boleh memiliki terlalu banyak anchor teks pada halaman/situs yang sama. Hal ini juga termasuk ke dalam kategori Sp*m di mata google.

Begitulah hal yang bisa saya rangkum untuk pembahasan kali ini, dan jika memang kurang memenuhi kelengkapan, silahkan menggunakan kolom komentar. Hal itu sangat saya butuhkan untuk membuat halaman ini terasa lengkap! Akhir kata, semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda semua! Thanks For Reading!

Post a Comment

  1. wah nambah wawasn lagi nih kebetulan ane gak faham
    tentang Anchor tpi ada artikel ini sangat membantu sekali gan thx

    ReplyDelete
  2. kalo di laman saya, anchor textnya berwarna oranye gelap. kadang suka siwer sih, kalo gak merhatiin gak tambak kalo itu link.

    zulhaq

    ReplyDelete

loading...
 
Top