loading...

Jenis-jenis Backlink yang melanggar Pedoman Google

Ketika melakukan sesuatu demi kepentingan SEO untuk Website Anda, penting untuk mengetahui apa saja backlink yang melanggar Pedoman Webmaster Google. Backlink terkadang dapat menyebabkan efek buruk dan akhirnya sampai kepada tendangan Penalti (Upps). Pada artikel ini, saya akan berbicara tentang Backlink yang harus Anda hindari. Selamat membaca!
Backlinks yang melanggar Pedoman Google
 Jenis-Jenis Backlink yang Melanggar Pedoman Google :

1. Pertukaran Link
Pada tahun 2007, metode ini adalah cara yang sangat umum untuk membangun Backlink. Hampir semua Blogger yang ingin berkembang melakukan metode ini, dan pada akhirnya, Google pun harus mengambil tindakan terhadap metode ini. Jika Anda membuat beberapa Backlink yang Anda tujukan untuk Blog Teman Anda, Anda tidak perlu khawatir. Tapi jika anda melakukan ini terhadap Ratusan Website/Situs? Berhati-hatilah! Setidaknya, jangan sampai Google menganggap anda melakukan sesuatu yang mencurigakan.

2. Berpartisipasi dalam Blog Network (Link Farm)
Sejak tahun 2012, Google telah mulai menghukum banyak Blog/Situs yang memiliki Backlink semacam ini. Hampir setiap bulannya, Matt Cutts mengumumkan bahwa mereka telah menghukum Blog Network. Dan jika memang Blog Anda memiliki Backlink semacam ini, sebaiknya mulailah untuk memperbaikinya. Karena akhir-akhir ini, Google sering membuat hukuman mereka terasa ada.

3. Backlink dari Widget
Google menyarankan Atribut NoFollow untuk Link yang berada dalam Widget Blog anda. Salah satu Website Besar (Contoh; GoDaddy), telah dihukum karena memanfaatkan Widget sebagai metode link mereka.

4. advertorial
Untuk anda yang sering mengikuti Kontes SEO atau yang sering melakukan Review Artikel? Sebaiknya mulailah membuat Link Nofollow, karena jika anda terlalu banyak memberikan Backlink Dofollow ke situs yang tidak Relevan, Google akan menganggap Anda melanggar pedoman mereka.

5. Link Sponsor yang lulus PageRank (Dofollow)
Setiap Link (baik Link Teks atau Link Gambar) yang anda dapat dari hasil anda membayar situs lain untuk menjadi Sponsor anda? Jangan pernah lulus PageRank (Alias Dofollow). Karena Google akan menganggap semacam ini adalah link yang tidak wajar, dan merekomendasikan Anda untuk menambahkan Rel Nofollow untuk semua link yang berada di balik sponsor.

6. Pasal untuk Situs Direktori
Situs Direktori (Contoh: EzineArticles dan ArticleBase) tidak memberikan nilai yang nyata bagi pengguna/pembaca. Dan oleh karena hal itu, Google telah mendevaluasi mereka. Situs Direktori adalah situs yang menghasilkan artikel yang cukup banyak dengan topik yang tidak sama; dengan Link Dofollow di bagian bawah Konten.

7. Menyembunyikan link dalam CSS dan Javascript
Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah untuk melakukan hacking terhadap situs-situs lain untuk meninggalkan Backlink kepada Anda. Robot Mesin Pencari telah berkembang, dan mereka sekarang dapat memahami segala macam jenis Backlink. Menyembunyikan Backlink Anda di dalam situs-situs lain, atau bahkan di dalam situs Anda, itu adalah cara yang licik untuk membangun Backlink, dan sebaiknya harus Anda hindari.

8. Baclink di Sidebar dan Footer
Jika anda menggunakan Template Gratis, anda pasti akan sering menjumpai Backlink di Sidebar dan Footer. Hal itu sudah termasuk ke dalam Backlink terlarang, dan satu-satunya cara untuk menghindari Efek dari Backlink semacam ini adalah gunakan Rell Nofollow. Google telah memasukkan Link semacam ini ke dalam kasus link yang tidak relevan, dan juga termasuk cara sp*m untuk membangun Backlink. Silahkan perhatikan Template anda! Dan silahkan merubah link tersebut menjadi NoFollow.

9. Anchor Text yang berlebihan.
Tidak peduli dari mana asal dari pada Backlink itu, jika Anda membangun backlink dan mengulangi kata kunci yang sama berulang kali, kemungkinan besar Website Anda akan dikenakan sanksi. Google telah semakin baik dalam mendeteksi pola ini.

10. Backlink dari situs bahasa asing
Jika Anda memiliki Blog yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan memiliki ratusan backlink yang berasal dari situs Rusia atau India? Berhati-hatilah, karena sesuatu yang mencurigakan telah terjadi dalam situs Anda. Relevansi adalah hal yang paling diharapkan! Jadi, tinggalkan Situs berbahasa Inggris dan mulailah membangun Backlink dari Situs yang Relevan dengan Situs Anda.

11. Menyalahgunakan Aktivitas Guest Blog
Cukup banyak pendapat tentang hal ini (Guest Blog atau Menulis dalam Blog Orang). Bahkan Matt Cutts telah membuat banyak video untuk menjelaskan masalah ini. Namun intinya, jika ada yang menyalahgunakan metode ini, maka Google akan mengambil tindakan.

Walaupun di Indonesia masih belum terlihat kehidupannya, Guest Blog adalah hal yang tidak akan pernah mati dalam Dunia Blogger (hanya prediksi).

12. Backlink Otomatis
Bukan hanya sekedar tentang otomatis, tapi juga tentang membeli Backlink. Intinya adalah, Backlink yang dihasilkan secara sekaligus, tetaplah Backlink yang termasuk ke dalam Backlink yang dilarang.

13. Backlink dari Web Directory berkualitas rendah
Direktori adalah teknik yang sudah sangat lama digunakan. Tapi hari ini, metode itu sudah sangat harus anda pertimbangkan, karena semua itu bicara tentang kualitas. Baik itu Premium atau Gratis, bukanlah masalah. 

Jadi dari pada memikirkan tentang ribuan Web Directory? Sebaiknya pusatkan perhatian Anda untuk mengirimkan Website Anda ke Direktori yang paling populer saja. (Contoh : Dmoz, direktori Yahoo dan Best of web).

14. Situs Social Bookmark
Sama seperti Teknik Otomatis lainnya; Setiap situs yang dimana penggunanya dapat melakukan segalanya di dalamnya, sebaiknya anda hindari.

15. Backlink yang tidak relevan
Relevansi selalu menjadi pembahasan. Nah, jika Anda menggunakan Topik Mobil untuk Situs anda, dan memiliki Ratusan Backlink dari situs-situs dengan Topik Wisata? Itu sangat tidak masuk akal. Algoritma Google sudah dapat menentukan, apakah Backlink itu Relevan atau tidak!

16. Backlink dari situs kopi paste dan konten spinned
Google mengharapkan penerbit untuk menulis konten yang unik dan berguna (atau bermanfaat), yang di mana memberikan nilai nyata untuk pembaca/pengguna. Dan di sisi lain, ada juga yang memilih menjadikan situs mereka adalah Situs Duplikat Konten.

Situs semacam itu adalah situs yang tidak diharapkan oleh Google. Oleh karena itu, Backlink yang berasal dari situs-situs yang tidak diharapkan, juga akan membuat situs anda menjadi tidak diharapkan.

17. Backlink dari Profil
Backlink yang paling mudah dan manual untuk anda dapatkan adalah dengan membuatnya di dalam Profil Forum (Signature), Direktori Gratis, halaman wikipedia dan platform lain yang sejenis. Namun sayangnya, hal itu adalah melanggar kebijakan webmaster Google.

18. Backlink yang bertujuan untuk memanipulasi PageRank
Semua contoh di atas adalah Backlink yang bisa digolongkan ke dalam pembahasan ini. Karena pada dasarnya Google membuat hal di atas menjadi pelanggaran adalah karena mereka memiliki tujuan untuk hal ini.

*** Penutup ***
Nah, begitulah kesimpulan yang saya dapatkan dari membaca Pedoman Webmaster Google. Jika ada yang salah silahkan membuat komentar dengan jelas. Karena perdebatan sering terjadi di dalam Dunia SEO. Dan saya sangat menghargai perbedaan yang kita punya, karena hal itu lebih sering membuat kita menjadi Pribadi yang lebih baik ke depannya.
loading...


EmoticonEmoticon