loading...

Cara Menulis Artikel Blog (baik, benar, dan menarik)

Membuat sebuah Posting Blog, memang bukanlah suatu hal yang bisa dikatakan sulit. Karena pada dasarnya, semua orang bisa melakukannya. Namun konteks akan rumit, Karena jika semua yang bisa menulis, memilih untuk Menulis Blog? Apa jadinya Dunia Informasi Online?

Baik, saya tidak ingin memperpanjang mukadimah saya. Kita langsung menuju inti pembahasan. Pada pembahasan kali ini, saya ingin menjelaskan semua hal yang harus anda ketahui di dalam menulis Sebuah Postingan Blog. Mari tetap menyimak :

Bagian Pertama, Huruf dan Tanda Baca!
Kita kesampingkan dahulu HURUF KAPITAL dan huruf kecil, karena semua bentuk dan cara menulis yang benar membutuhkan tata cara meletakkan kedua huruf tersebut (termasuk dalam dunia Blogger). Namun dalam pembahasan Blogger, ada 3 Huruf yang harus menjadi pertimbangan.

1. Huruf Tebal
Mulai dari sekarang, Anda harus membiasakan diri untuk menggunakan huruf tebal. Hal ini sangat dibutuhkan, baik dalam hal SEO, maupun untuk pembaca. Untuk Huruf yang satu ini, anda bisa menggunakannya di dalam Judul dan di dalam SubJudul. Untuk selain dari itu, sebaiknya hindari.

Cara Menulis Artikel Blog yang benar
Contoh seberapa tebal bentuk huruf
2. Huruf Miring
Setelah itu, anda juga harus membiasakan diri untuk menggunakan huruf miring. Dalam konteks SEO yang baik, anda hanya perlu menggunakan huruf ini secara sewajarnya saja, yaitu untuk setiap kata yang anda anggap penting. Dan juga untuk setiap kalimat yang tidak mungkin anda tuliskan dengan Huruf Tebal. Bisa dikatakan, huruf miring adalah huruf yang berfungsi sebagai pengganti keberadaan Huruf Tebal. Ingat! Kita berbicara konteks Blogger, bukan konteks menulis di dalam Koran.

3. "Tanda Petik"
Tanda petik juga merupakan hal yang harus anda biasakan, dan selama anda meletakkannya pada tempat yang tepat. Hal itu akan sangat membantu para pembaca untuk memahami inti yang anda bicarakan.

Kesimpulan Bagian Pertama:
Tiga hal di atas adalah huruf dan tanda baca yang akan menjadi tolak ukur kadar kepentingan  kata dalam sebuah Postingan. Anda hanya perlu menulis seperti biasanya, kemudian menggunakan ketiga hal tersebut pada kata (harap baca; Keyword) yang anda anggap penting. Dan namun selalu ingat, jangan melakukan sesuatu yang berlebihan.


Bagian Kedua, Gambar
Untuk membuktikan seberapa bermanfaat-nya tulisan anda. Anda harus menyisipkan Gambar dalam tulisan yang anda tuliskan. Hal itu membuktikan bahwa tulisan yang anda tulis lengkap dengan bukti gambar (atau Video). Dan sekarang saya akan membahas beberapa hal penting yang harus anda ketahui tentang Gambar.

1. Tittle Text
Seperti penamaan-nya, Tittle Text adalah Judul untuk gambar itu sendiri. Memang tidak memiliki fungsi apapun, namun jika saja pembaca situs anda melakukan scrol terhadap situs anda. isi dari pada Tittle Text-lah yang akan ditampilkan. Hal ini bisa anda tinggalkan, namun sebaiknya jangan ditinggalkan.

2. ALT Text (Alternative Text)
ALT Text berfungsi untuk menjelaskan kepada Mesin Pencarian isi dari pada gambar itu sendiri. Bukan karena apa-apa, karena memang Mesin Pencarian tidak dapat membaca gambar, dan mereka hanya akan membaca ALT Text yang terdapat di dalam gambar. Dan terlebih, apabila jaringan Internet si pembaca situs anda sangat lambat (sehingga tidak bisa menampilkan gambar). Huruf di dalam ALT Text-lah yang akan menjelaskan isi dari pada gambar itu sendiri.


Kesimpulan Bagian Kedua:
Jadi, gunakan biasakan untuk selalu menggunakan ALT Text dan Tittle Text ketika anda menuliskan sebuah postingan/artikel. Hal ini akan membantu Mesin Pencarian dan juga membantu pembaca setia anda.

Untuk mengetahui kualitas SEO terhadap gambar di dalam Blog anda, anda bisa menggunakan halaman ini : Cara Cek SEO Gambar

Seharusnya ada bagian untuk pembahasan Video. Namun karena saya kurang suka dengan Video (alasan menyita kekuatan Loading Blog), saya menyimpulkan untuk menghilangkan bagian tersebut. Namun sebagai informasi saja, Video juga berfungsi untuk membuktikan betapa berguna tulisan yang anda tuliskan.

Bagian Ketiga, Link
Jika anda berpikir bahwa Link (Backlink) adalah hal yang tidak ada gunanya, anda salah besar! Google sudah sangat lama menerapkan perhitungan Blog berdasarkan Backlink. Jadi, mari berpikir secara benar! Untuk pembahasan ini, saya hanya ingin berbicara dengan Blogger-Blogger yang memang ingin bertahan lama dalam dunia ini. Karena membangun Blog tanpa Backlink, akan sama halnya dengan membangun rumah tanpa besi. Rumah tetap selesai, tapi anda bisa melihat sendiri bagaimana rumah itu berdiri. Karena bahkan beberapa di antaranya tidak layak disebut Rumah.

Baik untuk lebih lengkapnya tentang Link, saya akan menjelaskannya dalam pembahasan di bawah ini, silahkan menyimak :

1. Achor Text
Achor Text adalah tulisan yang berada di atas sebuah link. Anda harus membuat Ancor Text yang sesuai dengan isi dari pada tulisan di dalam halaman yang anda tuliskan tersebut. Anda bisa membacanya dalam tulisan saya yang sebelumnya. Hal yang harus anda hindari dalam pembahasan Anchor Text adalah :
  • Jangan pernah membuat Anchor Text yang sering digunakan, seperti Klik Disini.
  • Jangan pernah membuat Anchor Text yang tidak sesuai dengan isi tulisan di dalam link tersebut. Hal ini termasuk ke dalam pasal Google yang dimana anda mengelabui pembaca. Jadi, hindarilah.
2. Link Dalam Blog Anda
  • Usahakan ketika membuat tulisan untuk selalu membuat sebuah link yang menuju ke tulisan anda yang lain. Jika tidak bisa, maka usahakan untuk membuat link ke luar dari halaman anda. Hal ini sangat dibutuhkan untuk membuktikan keabsahan tulisan yang anda tuliskan.
  • Jika anda membuat link dalam tulisan anda yang mengarah ke dalam halaman anda yang lain, gunakan Rell Dofollow.
  • Jika anda membuat sebuah link yang mengarah ke luar dari Blog anda. Pastikan untuk selalu menggunakan Rell NoFollow. Hal ini harus anda pertimbangkan untuk menjaga kualitas Blog Anda. 
  • Rell NoFollow harus anda gunakan jika anda membuat link ke dalam halaman yang melanggar ketentuan Google. Karena jika tidak? Anda bisa saja mendapat hukuman dari Google.
3. Link yang masuk ke dalam Blog Anda (Backlink)
  • Hal penting dalam pembahasan Backlink adalah Natural.
  • Backlink Nofollow dan Dofollow yang anda miliki harus seimbang; jangan sampai terlihat berlebihan.
  • Usahakan untuk selalu melacak asal dari pada backlink yang anda punya. Bukan karena alasan bodoh, tapi harus anda ketahui bahwa kebanyakan alasan Blog di Blokir oleh Google adalah akibat dari pada Baklink anda.
Kesimpulan Bagian Ketiga:
Tidak banyak yang bisa saya simpulkan untuk pembahasan backlink. Namun secara luas, saya bisa mengatakan bahwa backlink adalah Tolak Ukur berkualitas tidaknya suatu tulisan yang anda tuliskan.
Untuk menambah pengetahuan anda tentang tiga hal di atas, silahkan membaca pada halaman di bawah ini :


==
=====
========
==============
====================
=========================
==============================
Jika anda sudah sampai sejauh ini, maka mari kita masuk ke dalam pembahasan yang memang menjadi kepentingan dari pada tulisan ini. Saya tidak lagi membahas bagaimana cara anda untuk menulis, melainkan hanya sekedar menjelaskan inti dari pada Form yang terdapat di dalam SETELAN ENTRI.

Cara Menulis Artikel Blog yang benar


Tahap-Tahap dalam menulis Artikel:
Perhatikan gambar di atas, karena saya akan menjelaskan berdasarkan urutan yang ada dalam gambar di atas. Untuk mempersingkat artikel yang memang sudah sangat panjang ini, mari kita langsung saja.

1. Mengisi Label atau Kategori
Google mengharapkan setiap Blog untuk memudahkan pembaca-nya di dalam hal merayap ke dalam seluruh isi dari setiap Blog itu sendiri (Harap di baca; Navigasi). Label adalah salah satu cara terbaik yang harus anda pentingkan untuk pembahasan ini. Untuk Label yang baik itu sendiri, ada baiknya di dalam hal menulis postingan anda untuk jangan membuat terlalu banyak Label (pendapat saya; jangan lebih dari 3). Hal tersebut adalah hal yang harus anda pertimbangkan, demi memilah tulisan yang ada di dalam Blog anda.

2. Menjadwalkan tanggal untuk menerbitkan Artikel
Fitur ini sangat berguna untuk pembahasan Blog Update. Karena dengan adanya Form ini, kita dapat dengan mudah menjadwalkan Tulisan yang ingin kita terbitkan. Hal yang ingin saya sampaikan di sini adalah jangan pernah melakukan sesuatu yang tidak teratur. Jadi, fungsikan Form ini untuk membuat Blog anda selalu Update setiap saat.

Maksud saya, jika hari ini anda berhasil membuat 10 postingan. Dan biasanya Blog anda hanya merilis 1 Postingan per/hari. Maka jangan Rilis keseluruhan artikel tersebut dalam satu hari, tapi silahkan untuk menjadwalkan agar diterbitkan di esoknya saja. Anjuran ini tidak berlaku untuk Blog dengan Niche Target Update terkini.

3. Membuat Tautan Permanen untuk Artikel yang anda tuliskan.
Sebelum menerbitkan Artikel, usahakan untuk mempertimbangkan mengedit bagian ini. Karena setelah anda menerbitkan Artikel, anda tidak lagi bisa mengeditnya. Dalam pembahasan ini, ada baiknya anda tidak membuat URL yang terlalu panjang untuk menjadi tautan tulisan anda. Usahakan tidak lebih dari 5 atau 6 kata.

4. Memilih Target Lokasi Pembaca untuk tulisan anda.
Pada bagian ini, silahkan anda menargetkan Lokasi yang anda targetkan untuk pembaca anda. Jika anda menulis artikel berbahasa Indonesia, sudah seharusnya anda menargetkan Lokasi Indonesia. Dan jika menulis Posting Blog berbahasa Inggris, silahkan untuk memilih Amerika Serikat. Karena menurut saya, Negara tersebut memiliki Target yang pas untuk tulisan Berbahasa Inggris. Namun, terlepas dari baik tidaknya, semua itu adalah pilihan anda.

5. Membuat Deskripsi Penelusuran.
Untuk di bawah tahun 2010, pembahasan ini sangat penting. Namun untuk sekarang ini anda bisa mengabaikan langkah ini, karena Mesin Pencarian sudah bisa memilih sendiri Deskripsi untuk Setiap tulisan yang mereka tayangkan di halaman SERP mereka. Namun jika anda kurang suka dengan Deskripsi yang mereka tampilkan, anda bisa menggunakan Form ini untuk membuat anda merasa puas.

6. Mengatur Bagian Pilihan.
Pada Form ini, anda bisa mengatur tentang ijin komentar, dan tampilan untuk HTML. Sebagai sebuah saran, ada baiknya, jangan pernah melarang pembaca untuk berkomentar. Karena Kolom tersebut sangat berfungsi untuk membuat mereka merasa dekat dengan Blog anda.

Penutup:
Sampai di sinilah tulisan ini, selamat mencoba dan jangan lupa membantu kelengkapan Artikel ini dengan mengisi komentar anda!
loading...

1 komentar:


EmoticonEmoticon