loading...

Google Semakin Aktif Memerangi SPAM

Jika anda melihat ke arah tujuan saya menulis artikel ini, mungkin anda akan merasa bahwa tulisan ini terlalu jadul. Tapi apalah artinya, selama saya berniat ingin berbagi. Jadi pembahasan kali adalah tulisan yang terinspirasi dari sebuah halaman resmi milik Google (Memerangi Spam).

Dalam Halaman tersebut, Google menyebutkan bahwa ada sekitar 0.22% Domain yang sudah ditandai untuk dihapus. Alasan yang mereka gunakan adalah SPAM. Mungkin angka tersebut terlalu kecil untuk menjadi bahan menakut-nakuti anda (dan saya pribadi). Namun jika kita menarik sebuah inti ke arah kata sudah ditandai, sudah pasti jumlah di atas akan semakin bertambah. Karena intinya; masih ada banyak Domain yang akan masuk ke dalam persentase tersebut.

Dan sebagai ajang pembuktian, Halaman tersebut juga menampilkan sebuah slide yang menampilkan contoh Situs yang sudah mereka hapus. Contoh yang mereka berikan tersebut merupakan Situs yang baru saja mereka hapus. Slide tersebut bekerja secara otomatis (tidak manual), yang artinya halaman tersebut akan setiap saatnya menyegarkan diri.

Berikut data yang mereka berikan sebagai tolak ukur untuk Domain yang melakukan Pelanggaran Spam (hitungan dari bulan ke bulan) :
Google Semakin Aktif Memerangi SPAM
Sumber gambar : http://www.google.co.id/intl/id/insidesearch/howsearchworks/fighting-spam.html
Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa Jenis Spam murni adalah hal yang paling tinggi angkanya. Spam murni adalah teknik spam agresif, contoh yang bisa saya berikan adalah sebuah halaman yang dibuat secara otomatis dan juga artikel yang dicuri dari situs lain (alias kopi paste).

Untuk pembahasan lebih lanjut, mungkin anda bisa membacanya secara langsung di halaman Pedoman Webmaster Google. Namun sebelum itu, saya ingin menjelaskan sedikit beberapa hal yang akan membuat blog anda dianggap melakukan Spam.

Contoh Praktek Spam :

1. Situs yang membuat Artikel Copy Paste.

2. Situs yang membuat Artikel yang tidak memiliki Nilai Tambah.
Pembahasan ini bersudut ke arah Situs yang membuat Artikel yang membosankan! Dan juga semisal tulisan yang terlalu pendek! Perlu anda ketahui, sekarang ini Google sudah semakin peduli dengan Angka Bounce Rate Situs! Jadi berhentilah menuliskan omong-kosong belaka (saran untuk diri saya sendiri).

3. Situs yang membuat link ke situs lain secara berlebihan.
Selain karena Profesionalisme saya yang tidak mendapat balasan, pembahasan ini juga adalah alasan saya berhenti menampilkan Halaman Partner Blog. Sebenarnya dalam pembahasan ini, Google menyerang Situs yang bekerja sebagai Penjual Backlink; yang dimana situs tersebut bertujuan untuk memanipulasi PageRank. Jadi berhati-hatilah, karena mereka tidak melihat tujuan anda, tapi mereka melihat ke arah bukti.

4. Situs yang menipu Mesin pencarian dan Pembaca.
Maksud saya adalah situs yang menampilkan halaman yang bertujuan untuk menipu Mesin Pencarian. Dimana Situs tersebut akan memperlihatkan halaman yang berbeda ke Mesin pencarian, dan berbeda lagi untuk dilihat oleh pembaca. Begitulah beberapa bentuk Spam yang sering terjadi.

*** Penutup :
Memang tidak semua mendapat hukuman dari Google, namun Situs semacam itu selalu di bayang-bayangi oleh hukuman. Google secara terang-terangan mengatakan akan memberi hukuman terhadap Situs yang melanggar. Jadi, tunggu saja waktunya atau mulailah berubah; karena Google memberi kesempatan untuk anda berubah (ceileh).

Begitulah Sobekan kisah Perang yang dilakukan Google terhadap Spam. Semoga ada beberapa petikan yang bermanfaat! Selamat Ngeblog! Dan semoga situs anda aman dari Spam! Oya lupa, dan Mari Berkomentar Ria!
loading...

2 komentar


EmoticonEmoticon