loading...

Mengapa Anda harus menjadi Blogger?

Tenang... anda tidak salah membaca Judul (Karena menjadi Blogger itu banyak baiknya). Hari ini, saya akan membagikan beberapa hal yang mungkin jarang disadari oleh Para Blogger.

Blogger yang saya maksudkan dalam Tulisan ini adalah, Blogger yang menuliskan tulisan tentang Pengalaman Pribadinya seperti Contoh : Blog Raditya Dika (Pemilik Blog sudah menjadi artis, jadi sekarang jarang/tidak menerbitkan tulisan baru) atau mungkin contoh lainnya, Blog Ghozy Haqqi (Blogger yang mungkin akan menjadi artis di masa mendatang, haha)

Dalam hidup ini, saya cukup banyak menggeluti berbagai macam jenis hobi, semisal Bermain Bola, Pemain Game Tingkat Atas, Memancing, dan banyak juga lainnya. Namun anehnya, tidak ada satupun dari hal tersebut yang membuat saya merasa puas, lebih dari Aktivitas Blogging. Saya sadar, mungkin hal itu karena hobi tersebut tidak begitu memberi dampak yang baik untuk dunia saya. Bukan hanya itu, mungkin juga karena Menulis adalah hal yang menyenangkan bagi saya.

Namun diluar dari itu semua, hari ini saya akan membagikan beberapa hal yang mungkin akan menjadi pertimbangan anda untuk memilih menjadi Seorang Blogger.

"Mengapa Anda harus menjadi Blogger"

Manfaat menjadi Blogger ke dalam dunia nyata anda:

#1. Anda akan menjadi Seorang Penulis yang (lebih) baik.
Pada dasarnya, menulis adalah komunikasi. Dimana itu adalah tentang "rekaman pemikiran" yang kita lemparkan ke atas kertas (Media Tulisan); dengan tujuan menarik perhatian orang lain untuk setuju dengan apa yang kita pikirkan/tuliskan.

Dan pada dasar yang lain, jika kita membiasakan diri di Dunia Blogger? Maka hal itu akan melatih diri kita untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik. Anda bahkan tidak harus memaksakan, karena kebiasaan akan menuntun anda dengan sendirinya. Karena memang naluriahnya, jika anda membiasakan sesuatu, maka anda pasti akan ahli di dalamnya.

#2. Anda akan menjadi Seorang Pemikir yang (lebih) baik.
Karena proses menulis termasuk merekam pengalaman di atas kertas? Maka Proses Blogging akan mendorong kita untuk berpikir lebih dalam lagi. Yang di mana akan membuat diri kita mempelajari lebih dalam akan hal-hal baru di dalam kehidupan. Dan akhirnya merubah sudut pandangan kita menjadi lebih bisa menerima apa yang orang lain katakan/pikirkan.

Anda ingin melihat sudut pandang dengan mata orang lain? Silahkan membaca Blog Teman saya yang satu ini: Dian Hendrianto (Blogger yang masih konsisten dengan tulisan pengalaman Pribadinya). Blog tersebut mungkin akan menginspirasi anda untuk menuliskan sesuatu yang anda lakukan.

#3.  Anda akan mempunyai hidup yang (lebih) terarah.
Setelah kita menulis cukup banyak tentang diri kita (pengalaman hidup), maka pemikiran kita akan membentuk siapa diri kita selanjutnya. Kita akan mulai berpikir untuk lebih terarah dengan apa yang ingin kita tinggalkan, dan apa yang ingin kita biasakan (di dalam kehidupan nyata).

#4. Anda akan lebih bisa melihat sesuatu dari bermacam sudut.
Menulis tentang pengalaman hidup? Tentu akan membuat tulisan kita menjadi cermin untuk diri kita sendiri (dan juga orang lain). Dimana terkadang, ada banyak hal yang menjadi tolak ukur di dalam kita menjalani kehidupan kita selanjutnya. Hal itu tentunya akan berdampak pada bagaimana kita melihat segala sesuatunya, semisal ketika kita melihat orang yang berkelahi. Pemikiran kita akan mengarah kepada: Mengapa? Kenapa? Untuk Apa? Dan Apa Manfaatnya?

Pemikiran semacam itu hanya akan lebih dalam, jika anda lebih dalam memikirkan tentang diri anda. Maksud saya; anda akan memikirkan bahwa anda yang sedang berkelahi, dan bukan orang yang anda lihat. Mungkin kata-kata saya terlihat dramatis, tapi itu ada benarnya. Karena anda bukan mendalami bagaimana cara mereka berkelahi, melainkan segala macam hal yang ada di dalamnya.

Ingin memiliki sudut pandang? Ini adalah sebuah Blog dengan bermacam Sudut Pandang akan dunianya: Achmad Muttohar (Pemilik Blognya dalam waktu dekat ini diprediksikan (saya prediksi) akan menjadi Artis, haha).

#5. Anda akan bertemu dengan orang-orang baru.
Apakah itu melalui Komentar? Email? atau Media Sosial? Anda mungkin akan terkejut betapa cepat anda bisa bertemu dengan orang baru di Dunia Blogger (Atau Dunia Online secara khususnya). Kebanyakan Blogger memanfaatkan hal ini untuk saling menjadi Partner, Teman Sharing atau mungkin manfaat lainnya. Hal itu tidak mungkin kita bahas di sini (karena memang terlalu sering menjadi pembahasan).

Contoh orang yang saya temui di dalam Dunia Maya cukup banyak. Sebagai contoh, beberapa link rujukan di dalam Halaman ini adalah contoh yang nyata. Tanyakan mereka! Kalau mereka tidak mengaku sebagai teman saya? Saya akan hapus URL mereka di dalam halaman ini (haha, ngancam).

#6. Menghasilkan uang.
Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk menjadi Seorang Blogger. Bahkan terkadang Blogging sendiri yang akan memberikan uang kepada anda. Lihatlah betapa banyak sekarang ini yang memilih Dunia Blogger karena iming-iming Uang? (Ups... keluar konteks)

Tidak banyak Hobi yang Gratis, tapi Blogger malah menghasilkan anda uang. Jadi, saya rasa hal ini adalah alasan yang kuat mengapa anda harus memilih Hobi menjadi Seorang Blogger.

Dan untuk pembahasan ini, saya akan mengarahkan sebuah contoh kepada salah seorang yang merupakan guru saya di dalam Dunia Blogger. Beliau juga merupakan seorang Pengangguran yang sukses (Alias Blogger Berpenghasilan tetap). Nama Beliau adalah ***** biasa di panggil RDK... Dan salah satu dari sekian Blog milik Beliau adalah, Emosianisme (sungguh disayangkan, Blog tersebut sedang bermasalah dengan Domain-nya, mungkin akan tiada di peredaran dalam beberapa waktu ke depan).

"Mengapa Anda harus menjadi Blogger"

#7. Anda akan menginspirasi orang lain.
Seorang Penulis tidak hanya akan memberi dampak kepada dirinya sendiri, tapi juga kepada setiap pembaca setianya. Dalam Dunia Blogger, Para Pembaca tidak harus membayar untuk membaca tulisan anda, hal itu akan membuat anda menjadi orang yang Tanpa Pamrih (Ups, Dramatis lagi). Namun yang pastinya, setiap pengalaman yang anda tuliskan? Tentu akan menjadi Inspirasi bagi orang lain. Hal ini perlu anda catat (Maksud catat : Ingat).

#8. Memiliki Riwayat Hidup.
Urutan ini seperti sebuah kesimpulan untuk beberapa pembahasan di atas. Dimana setiap tanggal di dalam (saat) anda membuat posting, pastinya akan mengingatkan anda pada sesuatu yang terjadi pada hari/saat itu. Saya memiliki banyak kenangan itu di dalam Puisi yang saya tuliskan.

#9. Anda akan terbebas dari Beban Pikiran.
Meluangkan segala yang kita pikirkan ke dalam kertas (atau ke Media apa saja), apalagi mendapat masukan dari orang lain? Tentu akan membuat diri kita merasa tenang dengan apa yang kita alami. Hal itu akan berefek baik terhadap kesehatan pikiran kita (Survey membuktikan).

"Mengapa Anda harus menjadi Blogger?"

#10. Anda akan lebih percaya diri.
Hal ini sangat terasa bagi saya pribadi. Karena pada hakikatnya, saya merupakan seorang yang terlahir (dan terdidik) sebagai pribadi yang tidak percaya diri. Namun itu dulu; ketika saya tidak tau caranya memandang sesuatu. Karena seperti yang saya bahas di atas... Para Blogger akan bisa memandang sesuatu dari (sisi) mata orang lain. Dan hal itulah yang membuat saya merasa percaya diri. Dimana saya berpikir bahwa, menjadi diri sendiri itu adalah hal yang tidak perlu ditakutkan...

Dan pun, tidak ada alasan untuk takut dengan apa adanya diri kita, kecuali anda bukan tipe orang yang bersyukur. Saya yakin, beberapa dari anda pasti mengerti bahwa kebanyakan pendiam di dunia nyata, akan lebih sering membuat pendapat di dunia maya (lihat saja di Facebook). Itu adalah kesimpulan yang saya buat setelah sekian lama melihat sesuatu dari sisi Online dan Dunia Nyata.


Peringatan! Dunia Online adalah dunia bebas berpendapat (selama hal itu tidak menyangkut atau menyudutkan Parlemen atau Pribadi Orang Lain).

#11. Seperti biasa, saya selalu menyisakan sebuah urutan untuk para pembaca setia saya. Jadi, saya harapkan untuk anda pembaca setia saya (ceileh) agar setidaknya mengisikan urutan ini di dalam kolom komentar di bawah halaman ini.

Kesimpulan :
Anda tidak harus menjadikan Dunia Blogger sebagai Dunia Penghasil Uang. Karena dengan memetik beberapa manfaatnya saja, saya rasa itu sudah sangat cukup untuk membuat anda merasa bangga dengan diri anda sendiri.

Penutup :
Saya mendoakan untuk teman-teman sekalian yang mencintai Dunia Blogger, agar mampu setidaknya memetik semua manfaat di atas. Dan selebihnya, saya mengharapkan Blogger Indonesia agar selalu lebih baik ke depannya, dan mendapat perhatian dari Dunia Pendidikan. Salam Blogger! Salam Perubahan!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

6 comments

loading...
loading...