loading...
Tasikmalaya, salah satu kota yang mempunyai motto Kota Resik ini mempunyai kekhasan tersendiri dalam hal budaya dan aneka kuliner-nya. Sebagai daerah yang masuk ke dalam kota terbesar ke-4 di Provinsi Jawa Barat ini, Tasikmalaya dikenal dengan pesona obyek wisata alam dan kerajinan tangannya. Selain itu, Tasikmalaya menghadirkan pilihan menarik untuk berwisata kuliner, mencicipi keragaman cita rasa khas Sunda.

Obyek wisata kulinernya cukup mudah ditemukan karena sebagian besar berada di lokasi yang strategis. Wisata kuliner khas kota Tasikmalaya ini juga tak jauh dari area pusat kota. Sehingga bagi anda yang berasal dari luar kota dapat berkunjung mencicipi aneka kuliner ini di dekat lokasi hotel atau tempat anda menginap.

Jika anda belum pernah ke Tasikmalaya, anda dapat menggunakan jasa travel terkemuka yang dapat membantu perjalanan wisata anda semakin mudah dan menyenangkan seperti Traveloka. Berikut adalah beberapa ragam kuliner khas Tasikmalaya yang perlu anda coba:

Nasi Cikur Khas Tasikmalaya
Nasi Cikur Khas Tasikmalaya ini hanya dijual di satu warung yang berada di jalan Panyerutan-Jalan Tentara Pelajar. Warung ini cukup sederhana, namun cita rasa masakan di warung ini sudah tidak diragukan lagi, apalagi harga yang ditawarkan sangat terjangkau yaitu Rp5.000 saja setiap porsi-nya.
"Nasi Cikur Khas Tasikmalaya"
Sumber: Blogspot.co.id
Soto Ayam Pataruman Tasikmalaya
Soto adalah salah satu makanan favorit di daerah Tasik Malaya. Makanan berkuah ini tidak berbeda dengan jenis soto lainnya yang ada di sebagian besar daerah di Indonesia. Soto ini mempunyai kekhasan berupa banyaknya sayur yang dicampurkan dan rasa bumbu yang tetap terjaga dari awal berdirinya usaha kuliner ini yaitu sejak tahun 60-an. Warung makan soto ayam Bu Rina dapat anda kunjungi untuk mencicipi lezatnya jenis makanan ini. Warung makan yang telah melegenda  ini terletak di jalan Pataruman No. 23 Tasikmalaya. Harga tiap porsi makanan ini berkisar antara  Rp14.500 sampai dengan Rp24.000 saja.

Kupat Tahu Tasikmalaya
Tasikmalaya juga dikenal dengan menu khas berupa Kupat Tahu. Kupat Tahu ini dapat anda jumpai di Jalan Raya Mangunreja, Singaparna. Jenis makanan ini tidak berbeda dengan Kupat Tahu yang anda kenal. Namun bumbu dan rasa di warung makan ini cukup membuat selera makan meningkat. Kupat Tahu dijual dengan harga cukup terjangkau, yaitu Rp10.00 untuk setiap porsinya.
"Kupat Tahu Tasikmalaya"
Sumber: Blogspot.com

Mie Kocok Legendaris
Mie kocok adalah salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan dasar utama berupa mie. Sajian kuliner yang berada di perempatan Nagarawangi kota Tasikmalaya ini terdiri dari terdiri mie, potongan dengkul dari sapai atau kambing ditambah dengan kuah kaldu beraroma aneka rempah yang gurih dan nikmat. Anda juga dapat menambahkan sambal untuk rasa yang lebih pedas.

Usaha mie kocok yang telah berdiri lama hingga saat ini dipegang oleh generasi ke 3 yaitu Pak Hasan Putra. Meskipun sudah mencapai generasi ke tiga, cita rasa khas masakan ini tidak banyak berubah, tetap terjaga kekhasan rasa dari sejak berdirinya usaha kuliner ini dengan bumbu andalan keluarga mereka. Porsi yang disajikan di setiap mangkuk-nya cukup besar dengan potongan-potongan daging atau dengkul yang cukup besar pula. Mie Kocok Legendaries buka setiap hari dari pukul 17.00 WIB sampai tengah malam, namun jika persediaan sudah habis maka akan tutup saat masih sore. Jadi jangan sampai kehabisan untuk mencoba menu makanan khas satu ini.

Soto Empangsari
Soto ayam dengan kuah santan yang segar dan gurih ini mempunyai cita rasa yang cukup digemari para pengunjung. Warung makan ini terletak di Jalan Empangsari No.35, Tasikmalaya. Warung makan ini buka dari pukul 04.30 WIB sampai jam 14.00 WIB saja. Jadi pastikan anda memesan sebelum kehabisan karena warung akan tutup lebih awal dan seringnya warung ini ramai saat jam makan siang. Usaha kuliner yang saat ini dikelola oleh Ibu Hetty Agustina ini telah memasuki generasi ke-2 dari awal berdirinya. Meskipun sudah cukup melegenda dan menjadi favorit, warung makan ini menjual menu andalan mereka dengan harga cukup terjangkau yaitu antara Rp12.000 untuk setengah porsi sampai dengan Rp20.000 saja.

Bubur ayam Flamboyan
Bubur ayam flamboyan memiliki cita rasa unik dengan campuran irisan daging ayam, cakwe, daun bawang, tongcai dan bawang daun dengan kuah yang harum dan gurih. Jika menginginkan rasa pedas, anda dapat menambahkan sambal cabai.

Bubur ayam Flamboyan merupakan tempat kuliner yang sederhana yang dapat anda temukan di sekitar jalan Gunung Galunggung. Untuk dapat menikmati se-porsi hangat bubur ayam ini, anda dapat membelinya dengan harga Rp8.000 saja. Jika anda menambahkan dengan ati ampela maka harganya menjadi Rp 10.000. Bubur ayam flamboyan ini terkesan unik karena hanya buka di jam tertentu antara pukul 4 sore hingga pukul 9 malam. Jadi pastikan anda membelinya tidak melewati jam 9 malam.
"Bubur ayam Flamboyan"
Sumber: Kulinertasik

Post a Comment

loading...
 
Top