loading...

8 Jenis Kamera CCTV yang Digunakan di Seluruh Dunia

Closed Circuit Television atau CCTV saat ini sangat populer digunakan di seluruh dunia dengan tujuan yang beragam. Ada yang menggunakannya untuk mendukung sistem keamanan, ada yang digunakan untuk memantau kinerja karyawan, ada pula yang digunakan untuk mengawasi anak di rumah. Tidak heran jika saat ini menjamur tempat-tempat jual CCTV yang menawarkan beragam jenis CCTV dengan kualitasnya masing-masing.

"Jenis Kamera CCTV yang Digunakan di Seluruh Dunia"

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut perbedaan antara kamera CCTV yang satu dengan yang lainnya, berikut jenis-jenis kamera CCTV yang umumnya ditemukan di seluruh dunia:

1. Dome Camera
Dome Camera merupakan salah satu jenis kamera CCTV yang hanya dapat mengontrol ke satu arah saja. Kamera ini berbentuk bulat dan sekilas tidak tampak seperti kamera CCTV. Harga dome camera juga lebih mahal dibandingkan dengan tipe kamera CCTV yang lain.

2. PTZ Camera
PTZ Camera atau Pan Tilt Zoom Camera adalah kamera CCTV yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah serta ke kiri dan ke kanan. Kamera ini memiliki cakupan pengawasan yang lebih luas dibandingkan dome camera karena dapat mengontrol pada hampir semua sudut.

Keunggulannya, PTZ Camera ini memiliki fitur zoom otomatis yang dapat diperbesar berkali-kali lipat tanpa membuat obyek menjadi buram atau blur. PTZ Camera banyak ditawarkan di toko jual CCTV dan sangat efektif digunakan di area luas agar dapat menjangkau semua aktivitas di sana.

3. Bullet Camera
Bullet Camera adalah jenis kamera CCTV yang digunakan di dalam ruangan. Kamera ini tidak dapat berputar seperti PTZ Camera dan hanya berfokus pada satu arah saja. Penggunaan paling umum untuk jenis CCTV ini adalah di supermarket, rumah-rumah pribadi, dan pusat-pusat perbelanjaan.

4. Spy Camera
Sesuai dengan namanya, Spy Camera adalah jenis kamera CCTV yang sering digunakan untuk memata-matai seseorang atau obyek tertentu. Umumnya berbentuk pulpen, jam, kacamata, dan lain sebagainya. Harga Spy Camera sangat terjangkau dibanding jenis kamera CCTV lainnya.

5. Day/Night Camera
Day/Night Camera merupakan kamera CCTV yang digunakan di luar ruangan. Kamera ini dapat menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan, baik siang maupun malam. Jenis kamera yang biasanya digunakan di jalan raya ini banyak ditawarkan di toko jual CCTV yang ada di sekitar Anda.

6. HD Camera
HD Camera adalah kamera CCTV yang memiliki resolusi sangat besar dibandingkan kamera CCTV lainnya. Kamera ini memiliki kualitas High Definition (HD) dan fitur pembesar (zoomer). Spesifikasi ini membuat jenis kamera ini mampu melihat gambar dengan lebih jelas.

7. IP Camera/Network Camera
IP Camera merupakan salah satu kamera CCTV yang beresolusi tinggi. Kamera ini memiliki dua jenis yaitu berjenis wireless dan menggunakan kabel. Kamera jenis wireless memerlukan koneksi internet jika ingin digunakan. Sementara kamera yang menggunakan kabel biasanya membutuhkan kabel berjenis UTP dengan panjang kurang lebih 100 meter. IP Camera/Network Camera ini juga membutuhkan Hard Drive yang besar dengan harga yang relatif lebih mahal.

8. Outdoor Camera
Outdoor camera adalah jenis kamera CCTV yang memang dirancang khusus untuk mengamati obyek di luar ruangan. Kelebihannya, kamera ini bisa dipasang dalam cuaca apapun. Meski saat hujan badai atau siang yang terik, kualitas gambar kamera ini bisa tetap stabil.

Jadi, sebelum Anda membeli kamera CCTV, pastikan Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis kamera CCTV agar dapat menentukan mana yang paling tepat untuk kebutuhan Anda. Dan jangan lupa untuk menyesuaikan budget dengan harga jual CCTV yang anda inginkan. Semoga bermanfaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
loading...
loading...