loading...
"Fakta Tentang Cicak"
Fakta Unik Tentang Cicak

1. Tidak Ada Cicak yang Berwarna Putih
Pada dasarnya, warna cicak adalah cenderung ke arah warna coklat, rata-ratanya berwarna abu-abu, hitam dan coklat (atau transparan). Dan jika anda pernah melihat cicak yang berwarna putih? Hal tersebut biasanya terjadi karena pantulan dari sinar matahari.

2. Cicak adalah Hewan yang Bisa Berenang
Hal yang sama-sama kita ketahui adalah cicak sangat pandai dalam hal merayap, hal tersebut didukung oleh kakinya yang memiliki cairan lengket. Namun di luar dari pada itu, taukah anda ternyata cicak juga memiliki selaput di kaki yang membuat cicak bisa berenang? Memang jarang kita melihat cicak berenang, hal tersebut karena (kebanyakan) cicak menjalani hidup di darat. Namun fakta ini adalah benar adanya.

3. Jika Terlalu Lama Disentuh, Cicak akan Melemah.
Cicak adalah hewan yang tidak bisa disentuh oleh tangan manusia dalam jangka waktu yang lama. Dan jika hal tersebut terjadi, tubuh cicak akan melemah (penurunan kinerja organ vital).

4. Fakta tentang Cicak yang Memutuskan Ekor.
Cicak adalah hewan yang memiliki Modulla Spinalis, yakni bagian utama saraf pusat cicak memanjang dari kepalanya hingga ke ekornya. Itu adalah alasan mengapa cicak bisa memutuskan ekor. Dan disaat ekor cicak tersebut lepas/putus, Modulla Spinalis cicak akan mengalami sedikit kerusakan, tapi hal ini tidak sampai mempengaruhi saraf pusat cicak.

Terlebih lagi, pada bagian ekor cicak terdapat juga saraf tidak sadar yang membuat cicak tetap bisa dan mampu bergerak walaupun ekornya telah terlepas/putus dari tubuhnya. Fakta Unik lainnya adalah, ekor cicak yang putus tersebut memang akan tumbuh kembali, namun panjangnya tidaklah sama dengan ekor sebelumnya, ekor baru cenderung lebih pendek.

5. Pembentukan Sel Cicak Kurang Sempurna
Pembahasan ini dapat kita lihat dari ekor cicak yang terkadang ditemukan bercabang. Hal tersebut adalah sebab dari perilaku autotomi (pemutusan ekor) pada cicak yang mempengaruhi pembentukan sel pada pertumbuhan ekor baru.

6. Cicak adalah Hewan Insectivora
Mengapa Cicak adalah Hewan Insectivora? Iya, karena cicak adalah pemangsa serangga.

7. Cicak adalah Hewan yang Memiliki Tulang Belakang
Meskipun bagian belakang cicak terasa lunak saat kita menyentuhnya; seakan tidak memiliki tulang belakang. Namun demikian, cicak ternyata adalah hewan yang memiliki tulang belakang.

8. Fakta tentang Kotoran Cicak
Cicak adalah hewan yang mengolah terlebih dulu makanan yang ia makan sebelum menjadi kotoran. Olahan tersebut terjadi sebanyak 4 sampai 5 kali. Dan setelah diolah, kotoran tersebut akan mengandung tambahan sisa urin (garam amoniak). Hal tersebutlah yang membuat kotoran cicak berbentuk padat dan memiliki bau yang menyengat.

9. Fakta tentang Cicak dan Obat Asma
Beberapa daerah tertentu dari cicak ternyata bisa digunakan untuk membuat obat terhadap penyakit asma (gangguan paru-paru). Spesies atau jenis ciak yang sering digunakan adalah cicak tembok dan cicak gula.

10. Fakta tentang Suara Cicak
Cicak adalah hewan yang memiliki suara yang termasuk nyaring; terkadang bisa terdengar di telinga manusia. Suara tersebut terdengar seperti dengusan, dan memiliki banyak tujuan.

11. Cicak adalah Hewan Nokturnal
Kerena cicak cenderung melakukan aktifitas di malam hari, maka cicak adalah termasuk hewan nokturnal. Memang terkadang kita menjumpai cicak beraktifitas di siang hari. Tapi fakta lain membuktikan bahwa indera penglihatan cicak tidak berfungsi dengan baik di siang hari.

Post a Comment

loading...
 
Top