10+ Fakta Unik tentang Cicak

Pada dasarnya, warna cicak adalah cenderung ke arah warna coklat, rata-rata berwarna abu-abu, hitam dan coklat (atau transparan). Dan jika anda .....
Cicak, makhluk kecil yang sering kita temui di sekitar rumah atau lingkungan sekitar, menyimpan sejumlah fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Selain warnanya yang biasanya cenderung ke arah coklat, abu-abu, dan hitam, keunikan lain dari cicak adalah kemampuannya untuk berenang.

Meskipun kebanyakan dari kita lebih mengenal cicak sebagai hewan yang pandai merayap, ternyata cicak juga dilengkapi dengan selaput di kakinya yang memungkinkannya untuk meluncur di perairan.

Namun, ada fakta menarik lainnya yang mengungkap bahwa cicak rentan melemah jika disentuh terlalu lama oleh manusia. Ketidakmampuan untuk disentuh dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan penurunan kinerja organ vital pada tubuh cicak. Lebih mengejutkan lagi, cicak memiliki kemampuan untuk memutuskan ekornya sebagai tindakan pertahanan diri. Meskipun ekornya dapat tumbuh kembali, panjangnya tidak selalu sama seperti sebelumnya, dan pembentukan sel pada ekor baru cicak bisa tidak sempurna, seringkali menghasilkan ekor yang bercabang.

Dengan seluruh kompleksitasnya, cicak tidak hanya menarik dalam penampilan fisiknya, tetapi juga dalam beragam adaptasi dan perilaku unik yang memperkaya keanekaragaman dunia hewan.

Fakta Unik tentang Cicak

1. Tidak Ada Cicak yang Berwarna Putih

Pada dasarnya, warna cicak adalah cenderung ke arah warna coklat, rata-rata berwarna abu-abu, hitam dan coklat (atau transparan). Dan jika anda pernah melihat cicak yang berwarna putih? Hal tersebut biasanya terjadi karena pantulan dari sinar matahari.

2. Cicak adalah Hewan yang Bisa Berenang

Hal yang sama-sama kita ketahui adalah cicak sangat pandai dalam hal merayap, hal tersebut didukung oleh kakinya yang memiliki cairan lengket. Namun di luar dari pada itu, tahukah anda ternyata cicak juga memiliki selaput di kaki yang membuat cicak bisa berenang? Memang jarang kita melihat cicak berenang, hal tersebut karena (kebanyakan) cicak menjalani hidup di darat. Namun fakta ini adalah benar adanya.

3. Jika Terlalu Lama Disentuh, Cicak akan Melemah

Cicak adalah hewan yang tidak bisa disentuh oleh tangan manusia dalam jangka waktu yang lama. Dan jika hal tersebut terjadi, tubuh cicak akan melemah (penurunan kinerja organ vital).

4. Fakta tentang Cicak yang Memutuskan Ekor

Cicak adalah hewan yang memiliki Modulla Spinalis, yakni bagian utama saraf pusat cicak memanjang dari kepalanya hingga ke ekornya. Itu adalah alasan mengapa cicak bisa memutuskan ekor. Dan disaat ekor cicak tersebut lepas/putus, Modulla Spinalis cicak akan mengalami sedikit kerusakan, tapi hal ini tidak sampai mempengaruhi saraf pusat cicak.

Fakta Unik tentang Cicak

Terlebih lagi, pada bagian ekor cicak terdapat juga saraf tidak sadar yang membuat cicak tetap bisa dan mampu bergerak walaupun ekornya telah terlepas/putus dari tubuhnya. Fakta Unik lainnya adalah, ekor cicak yang putus tersebut memang akan tumbuh kembali, namun panjangnya tidaklah sama dengan ekor sebelumnya, ekor baru cenderung lebih pendek.

5. Pembentukan Sel Cicak Kurang Sempurna

Pembahasan ini dapat kita lihat dari ekor cicak yang terkadang ditemukan bercabang. Hal tersebut adalah sebab dari perilaku autotomi (pemutusan ekor) pada cicak yang mempengaruhi pembentukan sel pada pertumbuhan ekor baru.

6. Cicak adalah Hewan Insectivora

Mengapa Cicak adalah Hewan Insectivora? Iya, karena cicak adalah pemangsa serangga.

7. Cicak adalah Hewan yang Memiliki Tulang Belakang

Meskipun bagian belakang cicak terasa lunak saat kita menyentuhnya; seakan tidak memiliki tulang belakang. Namun demikian, cicak ternyata adalah hewan yang memiliki tulang belakang.

8. Fakta tentang Kotoran Cicak

Cicak adalah hewan yang mengolah terlebih dulu makanan yang ia makan sebelum menjadi kotoran. Olahan tersebut terjadi sebanyak 4 sampai 5 kali. Dan setelah diolah, kotoran tersebut akan mengandung tambahan sisa urin (garam amoniak). Hal tersebutlah yang membuat kotoran cicak berbentuk padat dan memiliki bau yang menyengat.

9. Fakta tentang Cicak dan Obat Asma

Beberapa daerah tertentu dari cicak ternyata bisa digunakan untuk membuat obat terhadap penyakit asma (gangguan paru-paru). Spesies atau jenis ciak yang sering digunakan adalah cicak tembok dan cicak gula.

10. Fakta tentang Suara Cicak

Cicak adalah hewan yang memiliki suara yang termasuk nyaring; terkadang bisa terdengar di telinga manusia. Suara tersebut terdengar seperti dengusan, dan memiliki banyak tujuan.

11. Cicak adalah Hewan Nokturnal

Karena cicak cenderung melakukan aktivitas di malam hari, maka cicak adalah termasuk hewan nokturnal. Memang terkadang kita menjumpai cicak di siang hari. Tapi fakta lain membuktikan bahwa indera penglihatan cicak tidak berfungsi dengan baik di siang hari.

Dari keunikan warnanya hingga kemampuannya dalam berenang, cicak terbukti menjadi subjek yang menarik untuk diteliti. Selain memiliki sifat yang menarik seperti pemutusan ekor sebagai mekanisme pertahanan, cicak juga mampu beradaptasi dengan kondisi yang beragam. Bahkan setelah kehilangan ekornya, cicak masih mampu bergerak dengan bantuan saraf tidak sadar pada bagian ekornya yang terputus.

Selain itu, fakta bahwa cicak mampu membentuk kembali ekornya meskipun dengan panjang yang berbeda menunjukkan kemampuan regeneratif yang menakjubkan. Meskipun terkadang ekor baru tersebut mungkin tidak sempurna, hal ini memberikan wawasan baru tentang kemampuan regeneratif pada hewan.

Dengan demikian, pengetahuan tentang cicak tidak hanya memperkaya pemahaman kita tentang dunia hewan, tetapi juga menginspirasi penelitian lebih lanjut tentang adaptasi dan proses biologis yang menarik.
© Sepenuhnya. All rights reserved.