Apa itu Tanda Tangan?

Kebetulan waktu itu aku murid kelas 6 SD, dan kebetulan juga aku tidak tau apa itu tanda tangan? Jadi sepulang sekolah (di rumah) aku bertanya pada ayahku, "Ayah, tanda tangan itu apa?".

"Apa itu Tanda Tangan?"

Sepintas aku merasakan ayahku menahan tawa, namun seketika itu ayahku mengajakku ke meja tamu. Ayahku mengeluarkan pulpen dan secarik kertas dari saku bajunya. Beliau tidak mengatakan apapun, hanya membuat sebuah ukiran dengan pulpen di atas kertas. Baru setelah itu beliau mengatakan, "Anakku, ini adalah tanda tangan".

Lalu ayahku meninggalkanku bersama pulpen dan kertas itu.

Tidak ada yang bertanya padaku apa kau sudah mengerti? Jadi aku mengambil pulpen dan mulai meniru hasil coretan ayahku tersebut. Hasilnya tidak begitu bagus memang, tapi setidaknya hampir memiliki kemiripan. Dan sekarang aku sangat senang, karena sebagai anak yang tidak tau apa-apa, hari ini aku sudah punya tanda tangan.

Waktu berjalan mengiringi sejarah yang melekat di dalamnya. Hingga kemudian saat SMP akupun menyadari, ternyata semua orang memiliki tanda tangan yang berbeda-beda. Di sini aku menarik kesimpulan, mungkin hanya aku yang tidak memiliki tanda tangan (alias meniru tanda tangan ayahku).

Aku tidak mengatakan pada siapapun tentang hal ini, karena aku tau ini akan terdengar memalukan, dan aku pun tau mereka pasti akan menertawakan. Nah, entah kenapa aku menuliskan di sini, ya sudahlah! 😂


Disqus Comments