loading...
Sejak kemunculan instant messenger (IM), pengguna mobile mulai mengurangi pemakaian layanan SMS. Menurut studi eMarketer, lebih dari 72 juta orang mengandalkan aplikasi ini untuk berkirim pesan. Sekitar 45% dari jumlah tersebut mengemukakan alasan beralih ke IM karena bebas biaya pulsa. Sebagai gantinya, ponsel harus terisi kuota data. Bagi Anda yang biasa membeli pulsa Simpati, bisa menukarnya dengan paket internet.

Lalu, instant messenger seperti apa yang bisa digunakan? Saat ini, WhatsApp merupakan aplikasi paling populer di dunia. Namun, ternyata tak hanya WhatsApp yang memiliki fitur yang mumpuni. Aplikasi karya Indonesia ini pun layak dioperasikan. Apa saja?

1. liteBIG Messenger
"liteBIG Messenger Aplikasi Instant Messenger Terbaik Buatan Indonesia"
liteBIG Messenger - jurnalapps.co.id
Aplikasi liteBIG Messenger tersedia di Google PlayStore sejak tahun 2014. Meski begitu, belum banyak yang menggunakannya. Padahal, fitur yang ditawarkan tidak kalah canggih dibandingkan WhatsApp. Misalnya, fitur bebas salah ketik, chat grup dengan 1.000 anggota, layanan kirim berbagai jenis dokumen, serta update otomatis.

Anda bisa mengunduh liteBIG Messenger secara gratis melalui Google PlayStore. Pengiriman pesan lewat aplikasi ini pun tidak dipungut biaya. Namun, khusus chat lintas negara, dikenai biaya internet yang nominalnya kecil.

2. OY!
"OY! Aplikasi Instant Messenger Terbaik Buatan Indonesia"
OY! - assets.jalantikus.com
OY! merupakan instant messenger buatan Jesayas Ferdinandus. Aplikasi ini diluncurkan pada tanggal 27 September 2017. Salah satu keunggulan OY! adalah menghemat penyimpanan data. Pasalnya, Anda bisa memenuhi berbagai kebutuhan hanya dengan satu aplikasi. Mulai dari mengirim pesan, memesan makanan, hingga meng-unduh lagu favorit.

Untuk mendukung aplikasi tersebut, Anda harus mengisi kuota data. Misalnya, dengan membeli pulsa Simpati di link ini: https://www.traveloka.com/connectivity/pulsa/simpati, lalu ditukar paket internet. Setelah kuota tersedia, unduh OY! Messenger di Google PlayStore atau AppStore. Pendaftarannya cukup menggunakan nomor telepon. Tertarik?

3. Yogrt
"Yogrt Aplikasi Instant Messenger Terbaik Buatan Indonesia"
Yogrt - sinyal.co.id
Yogrt merupakan aplikasi instant mesengger yang bisa digunakan untuk chatting dan main game. Segmentasi pasar utamanya adalah pengguna ponsel usia 13 sampai 30 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan dipakai oleh semua kalangan.

Aplikasi ini dirilis pertama kali pada tahun 2014. Jumlah pengguna aktifnya sudah lebih dari 10.000 orang. Salah satu fitur terbaik dalam Yogrt adalah livecontent. Layanannya mirip YouTube sehingga Anda bisa meng-unggah video berdurasi panjang. Selain itu, Yogrt juga menyediakan fitur pencarian teman satu wilayah dan virtual gift.

4. StealthChat
"StealthChat Aplikasi Instant Messenger Terbaik Buatan Indonesia"
StealthChat - static.arenalte.com
StealthChat diklaim sebagai aplikasi chat paling aman di dunia. Pasalnya, Rocklife, pembuat StealthChat, membenamkan fitur 'anti sadap' dalam layanan ini. Namun, StealthChat hanya support dengan platform Android.

Aplikasi ini dibekali beberapa fitur canggih, antara lain screen lock, peer to peer encryption, dan screen shoot proof. Ada pula notrace; salah satu program keamanan yang ditawarkan StealthChat. Dengan adanya notrace, chathistory Anda tidak bisa dibaca siapa pun. Bahkan, pembuat StealthChat pun tak dapat melihatnya.

5. iMes
"iMes Aplikasi Instant Messenger Terbaik Buatan Indonesia"
iMes - sarangsemut.my.id
iMes merupakan aplikasi besutan PT. Gobsindo Utama yang dipasarkan sejak tahun 2015. Anda dapat mengunduh iMes melalui Google PlayStore dengan dukungan koneksi jaringan minimal 3G. Supaya bisa menggunakan iMes, pengguna harus mendaftarkan nomor ponselnya. Setelah itu, mengisi beberapa data terkait user name, kata kunci, dan alamat surat elektronik.

Aplikasi iMes memiliki enam fitur unggulan, yaitu super grup dengan 2.000 anggota, penerjemah bahasa, broad cast message, chat back ground, stiker, dan channel discovery. Selain itu, tersedia fitur ringtone yang memungkinkan pengguna untuk mengganti indikator pesan. Tak ketinggalan, fasilitas transfer data disediakan hingga 250 MB tanpa membebani kinerja ponsel.

6. IyAA Messenger
"IyAA Messenger Aplikasi Instant Messenger Terbaik Buatan Indonesia"
IyAA Messenger - ic.pics.livejournal.com
IyAA Messenger menawarkan konsep chatting dengan menampilkan berbagai karakter. Bahkan, Anda bisa membuat avatar yang terkirim langsung di chat. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google PlayStore maupun iOS. Supaya proses pemasangannya lancar, segera isi pulsa di SIM Card lewat konter online, seperti Traveloka. Kemudian, tukarkan dengan kuota data 3G atau 4G LTE.

7. PeSankita
"PeSankita Aplikasi Instant Messenger Terbaik Buatan Indonesia"
PeSankita - lh3.googleusercontent.com
PeSankita (PS) diluncurkan pada tahun 2005 silam oleh Xecure IT. Tampilan PS mirip dengan WhatsApp. Bedanya, PS memiliki warna dasar merah, hitam, dan putih. Layanan ini sudah tersedia di Google Play Store. Anda bisa mengunduhnya untuk dipasang dalam OS Android maupun iOS.

8. Catfiz Messenger
"Catfiz Messenger Aplikasi Instant Messenger Terbaik Buatan Indonesia"
Catfiz Messenger - masbocah.com
Aplikasi Catfiz yang dirilis tahun 2012 ini digunakan oleh 70 negara di dunia. Salah satu keunggulan Catfiz, yaitu mampu mengunggah 50 MB data. Kapasitas ini lebih besar dibandingkan yang disediakan BBM ataupun Line. Sampai saat ini, pengguna aktif Catfiz mencapai angka 2,2 juta. 



Itulah 8 aplikasi instant messenger buatan Indonesia. Untuk menikmati layanannya, Anda mesti mengisi kuota data. Misalnya, dengan cara membeli paket internet dari pulsa Simpati. Bagaimana, mudah, kan?

Post a Comment

loading...
 
Top