Perkembangan dunia yang semakin pesat juga berpengaruh pada dunia musik. Sebelum anda mengenal Music Player Modern seperti sekarang ini, pernahkah anda mendengar Pemutar Music Klasik berikut:

"Teknologi Music Player"
1. Piringan hitam
Dulu Piringan Hitam sangat popular terutama tahun-tahun awal abad ke-20. Penemu pertamanya adalah Kevin Gerald yang menggunakan Pemutar Piringan Hitam (Phonograph) sebagai alat untuk membunyikan musik. Sebenarnya Piringan Hitam sudah ditemukan sebelumnya oleh Charless Cros pada tahun 1887. Tapi dia tidak bisa membunyikannya dengan sempurna karena hanya menggunakan pena saja. Di tahun berikutnya, Piringan Hitam jenis baru yang lebih sempurna ditemukan oleh Emlie Barliner, tepatnya pada tahun 1888. Lalu ia memberi hak paten untuk label Barliner Gramaphone. Sejak masa itu hingga pertengahan abad 20, Teknologi Pemutar Musik Piringan Hitam meluas ke seluruh dunia. Namun karena harga pemutar dan piringannya cukup mahal, yang memilikinya hanya orang kelas menengah ke atas saja.

"Teknologi Music Player"
2. Kaset Pita
Alat ini diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963 sebagai Media Penyimpanan dan Pemutar Musik. Dua tahun setelahnya, Compact Audio Cassette diproduksi secara masal. Sejak tahun 70-an Produsen Tape dari berbagai negara mulai membuat Alat Pemutar Kaset yang kita kenal dengan Tape Recorder atau Mini Compo. Pada tahun 1980-an, Sony menciptakan Walkman sebagai alat Pemutar Musik Portable. Keunggulan kaset daripada piringan hitam adalah bentuknya yang lebih ringkas dan juga pemutarnya yang bisa dibawa kemana-mana. Tapi, keawetan kaset pita ini tidak lebih lama dari piringan hitam. Terkadang kaset pita ini juga dapat kusut sehingga akan mengurangi kualitas lagu yang sedang diputar. Seiring dengan waktu akibat penggunaan, kualitas suara akan berkurang dan harus diganti dengan kaset baru.

"Teknologi Music Player"
3. CD Player
Teknologi Pemutar Musik Digital Audio Tape mulai diperkenalkan sejak tahun 90-an. Penyimpanan audionya ada 2 versi, yakni menggunakan Compact Disk (CD) dan sejenis pita kaset yang berukuran lebih kecil dari pita kaset pada umumnya. Bentuknya lebih kecil dari Piringan Hitam dan kapasitas penyimpanannya lebih besar daripada kaset pita.

Post a Comment

loading...
 
Top