Ayam adalah unggas yang biasa dipelihara orang-orang untuk dimanfaatkan sesuai keperluan hidup pemeliharanya. Ayam merupakan keturunan langsung dari salah satu Sub-Spesies Ayam Hutan yang dikenal dengan Ayam Hutan Merah atau Ayam Bangkiwa.

Perkawinan silang antara jenis ayam yang berbeda-beda telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan berbagai macam fungsi; sebut saja ayam potong dan ayam petelur. Membahasnya tentu akan sangat menyita waktu, namun sekarang kita akan membahas sedikit tentang beberapa fakta yang mengikat kehidupan ayam.

"Fakta tentang Ayam"
22 Fakta Menarik tentang Ayam

1. Ayam Termasuk Golongan Burung
Ayam memiliki sayap, paruh dan juga dua kaki selayaknya burung. Namun hal tersebut ternyata tidak membuat ayam bisa terbang tinggi layaknya burung biasanya. Hal tersebut dikarenakan struktur sayap ayam berbeda dengan struktur sayap burung, yaitu daya angkat sayap ayam lebih kecil daripada berat badan ayam sehingga tidak dapat mengangkatnya untuk terbang tinggi. Dan meski sangat jarang terbang, ayam tetap termasuk Kelompok Burung (Aves).

2. Ayam adalah Hewan Berdarah Panas
Fakta unik ini membuat ayam mampu bertahan hidup dalam kondisi udara yang cukup dingin. Karena suhu tubuh hewan berdarah panas tidak akan mudah berubah mengikuti suhu lingkungan.

3. Rentang Usia Hidup Ayam adalah 10-12 Tahun
Terlepas dari terkena penyakit atau kecelakaan atau hal-hal yang menyebabkan hilang nyawa, fakta ini juga harus didukung dengan keadaan lingkungan. Namun berdasarkan penelitian, ayam memiliki ketahanan tubuh yang cukup baik dan dapat bertahan hidup hingga usia 10-12 tahun.

4. Ayam adalah Hewan Diurnal
Ayam adalah hewan yang sering melakukan aktivitas di siang hari, saat malam hari ayam umumnya tidak akan banyak bergerak. Sebab itu ayam digolongkan ke dalam golongan hewan diurnal.

5. Ayam memiliki Dimorfisme Seksual
Dimorfisme Seksual adalah perbedaan sistematik luar antar-individu yang berbeda jenis kelamin dalam spesies yang sama. Tentu saja ayam memiliki dimorfisme seksual.
  • Ayam Jantan: ukuran dan berat tubuhnya lebih besar dari betina, memiliki jengger di atas kepala yang lebih besar dari betina, memiliki jalu di bagian kaki yang lebih panjang dari betina, memiliki warna bulu lebih gelap, bulu ekornya panjang menjuntai.
  • Ayam betina: bentuk tubuhnya lebih kecil dari jantan, jalu nyaris tidak terlihat, memiliki jengger yang lebih kecil dari jantan, bulu ekor sangat pendek dibanding dengan yang jantan.


6. Ayam Jantan Memiliki Pial yang Besar
Pial ayam jantan memang besar, namun pial tersebut lunak. Hal ini karena pial ayam berisi pembuluh darah dan saraf; yang pastinya akan berakibat fatal jika pial tersebut dilukai.

"Fakta Menarik tentang Ayam"

7. Ayam adalah Hewan yang Mudah Beradaptasi
Ayam termasuk hewan yang sangat adaptif; yang bisa beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan hidup. Anda bisa membawanya ke berbagai tempat, ayam mampu beradaptasi dengan lingkungan untuk kelangsungan hidupnya.

8. Ayam memiliki Daya Ingat yang Cukup Bagus
Ayam mampu mengingat setidaknya 100 wajah orang yang pernah dilihatnya. Daya ingat ayam akan semakin tajam pada orang yang terbiasa memegang atau mengelusnya.

9. Ayam adalah Hewan yang Suka Minum
Untuk bertahan hidup, ayam membutuhkan air dengan kapasitas 210-400 ml/hari. Namun demikian, hal tersebut tidak berlaku untuk semua jenis ayam.

10. Ayam adalah Hewan Omnivora
Ayam tidak hanya memakan biji-bijian, ayam juga memakan serangga-serangga kecil, cacing-cacing. Bahkan ayam juga memakan hampir semua jenis makanan yang bisa ditemuinya.

11. Ayam Memiliki 4 Varian Fungsi
Jika dilihat dari fungsinya, ayam dapat dibedakan menjadi 4 kelompok: Ayam Pedaging (atau Ayam Potong), Ayam hias, Ayam Aduan (atau Ayam Sabung), dan Ayam Petelur.

12. Ayam bisa dikawinkan dengan Kalkun
Ayam bisa saja dikawinkan dengan Kalkun. Perkawinan ini akan menghasilkan keturunan baru yang disebut Turkin (Turken).

13. Ayam adalah Hewan yang Memiliki Perasaan
Untuk membuktikan hal ini, anda bisa mengganggu induk ayam yang sedang mengawasi anaknya.

14. Ayam adalah Hewan yang Makan Kerikil
Ketika ayam mengais tanah untuk mencari makanan, terkadang ayam juga makan kerikil-kerikil yang berukuran sangat kecil. Hal tersebut berfungsi untuk membantu pencernaannya.

15. Ayam Cemani adalah Ayam Serba Hitam
Ayam Cemani adalah ayam yang seluruh tubuh dan anggota badannya berwarna hitam; bahkan lidah, daging, dan juga darahnya. Ayam Cemani yang kita bicarakan ini adalah Ayam Cemani Asli, bukan Ayam Cemani yang garis keturunannya sudah bercampur dengan Ayam jenis lain.

"Fakta Unik tentang Ayam"

16. Ayam Petelur adalah Ayam yang Mudah Kaget
Fakta ini mungkin sudah sering kita dengar, dan memang benar; Ayam Petelur memang sangat sensitif, mudah kaget dan mudah stres. Bahkan suara petir saja bisa membuat ayam yang satu ini berkurang telurnya.

17. Ayam Semakin Tua, Semakin Besar Ukuran Telurnya
Khusus untuk ayam betina, semakin tua umurnya, maka semakin besar ukuran telurnya.

"Fakta Menarik tentang Ayam"

18. Ayam adalah Hewan yang Suka Mandi
Sama seperti manusia, ayam juga suka mandi. Namun Ayam suka mandi dengan pasir, bukan dengan air.

19. Ada Jenis Ayam yang Telurnya Berwarna Hijau
Ya, ada jenis ayam yang memang telurnya berwarna hijau kebiruan, ini tidak umum terjadi. Telur ini dihasilkan dari ayam jenis Easter Eggers dan Oliver Eggers. Namun demikian, kuning telurnya tetap berwarna kuning.

"Fakta-Fakta Menarik tentang Ayam"

20. Di Gainesville, Georgia, sebuah peraturan lokal melarang penduduknya untuk makan ayam dengan garpu. Di tempat tersebut, ayam hanya boleh dimakan dengan menggunakan tangan.

21. Rekor jarak terbang atau loncatan ayam terjauh yang pernah tercatat adalah 301,5 meter.

22. Rekor telur yang dikeluarkan satu ekor ayam dalam sehari yang tercatat adalah 7 butir telur.

Post a Comment

loading...
 
Top