Saat ini,  memiliki komputer atau laptop sendiri di rumah bukan lagi menjadi sesuatu yang spesial. Apalagi bagi kalangan pelajar maupun pekerjaan kantoran dimana komputer atau laptop itu sendiri bahkan menjadi suatu benda yang wajib dimiliki (baca juga: Daftar Laptop Murah).

Berbicara tentang komputer, ada beberapa benda yang memiliki pengaruh berarti dalam penggunaan komputer, yaitu meja komputer. Melengkapi penggunaan komputer dengan meja komputer yang baik sangat mendukung kenyamanan dan meningkatkan produktivitas kerja.

"Tips Membeli Meja komputer"

Mengingat hal itu, maka pengetahuan yang baik tentang bagaimana caranya memilih meja komputer yang pas untuk anda gunakan bersama komputer kesayangan di rumah merupakan hal yang wajib anda miliki. Berikut ini beberapa tips terbaik yang harus anda tahu sebelum membeli meja komputer:

1. Merencanakan Tata Letak Meja Komputer
Ketika anda ingin membeli peralatan yang berbau furniture, hal pertama yang perlu anda pertimbangkan salah satunya mengenai segi estetika penempatan furniture tersebut dalam ruangan. Apakah akan diletakkan pada sudut sisi ataukah lebih pantas diletakkan di tengah ruangan dan sebagainya.

Sebab, tidak semua furniture memiliki sifat fleksibel yang cocok dan pantas diletakkan dimana saja. Beberapa peralatan furniture tertentu hanya cocok diletakkan pada lokasi-lokasi tertentu, seperti meja komputer ini; tentunya meja komputer tidak bisa anda letakkan di sembarang tempat mengingat pemakaian komputer itu sendiri memerlukan ruang yang tenang dan nyaman agar dapat fokus dan maksimal dalam kerjanya.

Sehingga sebaiknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu pada sisi mana meja komputer yang akan dibeli nantinya diletakkan. Dengan mempersiapkan perencanaan tata letak ini anda sudah secara matang dan jelas untuk segera meletakkannya setelah meja komputer terbeli.

2. Rincikan Benda-Benda yang Akan Diletakkan di atas Meja Komputer
Hal kedua adalah melakukan perincian daftar barang apa saja yang nantinya akan anda letakkan di atas meja komputer tersebut. Pasalnya pemakaian perangkat komputer memiliki seperangkat kelengkapan lain yang dapat menunjang kenyamanan dan kemudahan daya guna seperti kelengkapan mouse, speaker, scanner dan sebagainya.

Sehingga selain akan meletakkan monitor komputer di atas meja, mungkin anda juga akan melengkapinya dengan seperangkat peralatan lain yang telah disebutkan. Merencanakan daftar benda yang akan anda letakkan di atas meja komputer memang terdengar sepele, tetapi hal ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Pasalnya, melakukan perincian daftar barang dengan jelas dapat menjadi pertimbangan anda dalam menentukan ukuran meja komputer yang akan anda beli yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan peletakan daftar perangkat lain tersebut.

3. Meja Komputer dengan Laci Keyboard atau Tidak
Jika anda membeli meja komputer untuk dijadikan meja laptop tentunya anda memerlukan meja komputer tanpa laci keyboard. Namun jika anda berniat membeli komputer, secara otomatis meja komputer yang anda butuhkan adalah meja komputer yang memiliki ruang laci keyboard-nya.

Meskipun keyboard ini bisa diletakkan di atas meja saja atau tidak pada meja komputer pada ruang khusus laci keyboard, namun akan lebih ringkas dan nyaman jika anda memilih meja komputer yang disertai laci keyboard-nya. Hal ini karena adanya laci khusus untuk keyboard dapat mengurangi ukuran daun meja.

Dengan demikian dapat menghemat luas ruangan anda sebab meja ini tidak terlalu memakan tempat. Bukan hanya itu saja, penggunaan meja komputer dengan laci keyboard juga dapat menjadi pilihan model meja komputer yang ergonomis. Dari segi pemakaian juga relatif lebih nyaman jika dibandingkan meletakkan keyboard di atas meja komputer tanpa ruangan khusus untuk keyboard itu sendiri.

4. Pahami Kebutuhan untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja Anda
Untuk meningkatkan kemaksimalan kinerja dan produktivitas anda dalam penggunaan komputer, sering kali dibutuhkan beberapa benda atau piranti lain sebagai sarana pendukung yang anda gunakan selama bekerja, seperti map-map arsip, CD, buku dan lainnya.

Dengan memahami atau merencanakan beberapa benda lain yang kiranya anda butuhkan untuk menunjang kenyamanan dan kemaksimalan kerja, anda dapat mempertimbangkan tentang fitur apa saja yang dibutuhkan dalam meja komputer tersebut.

Misalnya saja meja komputer yang sudah dilengkapi dengan laci untuk menyimpan CD, lemari sebagai tempat meletakkan arsip-arsip penting, rak untuk meletakkan buku dan sebagainya.

Dengan penyesuaian yang baik tentang benda-benda lain sebagai penunjang dengan keadaan meja komputer anda tentunya sangat berguna sekali bagi kenyamanan kerja di depan komputer. Selain itu juga akan menjadikan beberapa benda pendukung ini terlihat rapi pada tempatnya. Bayangkan saja, jika semua benda ini hanya tersebar di atas meja komputer tentunya akan mengurangi estetika meja kerja anda.

Peralatan terlihat berantakan dan kurang tertata. Tentunya hal ini selain tidak sedap dipandang mata juga dapat mengganggu proses kerja anda. Kerja menjadi kurang fokus dan nyaman dengan peralatan yang berantakan dan tidak rapi pada tempat yang seharusnya.

5. Mengukur Ruangan yang Tersedia
Selanjutnya, hal yang perlu anda lakukan sebelum membeli meja komputer adalah mengukur luas ruangan yang akan anda jadikan peletakan meja komputer itu. Dengan mengetahui ukuran ruangan yang tersedia, anda tidak akan membeli meja komputer dengan ukuran yang salah baik terlalu kecil ataupun meja komputer dengan ukuran terlalu besar dan tidak sesuai dengan luas ruangan.

6. Memilih Model yang Ergonomis
Selain kelima tips yang telah disebutkan, anda juga perlu memperhatikan kesehatan anda sebagai pengguna dari komputer atau meja komputer itu sendiri. Sebaiknya anda memilih meja komputer yang memiliki desain yang ergonomis yang dapat menunjang kenyamanan pemakaian bagi keadaan tubuh anda.

Hal yang perlu diperhatikan misalnya tinggi tempat keyboard dan kursi yang akan anda jadikan sebagai pasangan meja komputer. Sebaiknya keyboard diletakkan dengan ketinggian yang disesuaikan dengan keadaan lengan dari pengguna.

7. Perhatikan Kualitas Bahan dengan Keadaan Kantong
Tentunya anda sudah paham bahwa kualitas mutu suatu benda juga disesuaikan dengan tinggi rendahnya benda tersebut. Meja komputer berbahan kayu merupakan pemilihan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun harganya biasanya relatif lebih mahal. Jika anda menginginkan yang lebih murah, anda bisa memilih meja komputer yang dibuat dengan bahan logam.

Meski dari segi harga meja komputer berbahan logam memiliki harga yang lebih murah daripada desain meja komputer berbahan kayu, namun meja komputer logam memiliki penampilan yang lebih modern dan terlihat kokoh. Jika masih mencari dengan harga yang lebih murah lagi masih ada meja komputer dengan bahan plastik dan serbuk kayu yang merupakan meja komputer dengan bandrolan harga termurah dibandingkan lainnya.

8. Pilih Sesuai Selera Anda
Yang terakhir, jangan lupa untuk menghargai selera anda sendiri. Setiap orang pastilah memiliki seleranya masing-masing, tidak terkecuali dalam memilih meja komputer yang akan anda gunakan. Perpadukan ketujuh pertimbangan di atas namun jangan lupakan juga dengan selera dan ketertarikan anda yang sebenarnya.

Nah, itulah 8 tips yang bisa anda pertimbangkan ketika ingin membeli meja komputer atau laptop. Pastikan anda tidak salah pilih dan penggunaan meja komputer dapat memberikan kenyamanan dan peningkatan kinerja anda di depan layar.


Post a Comment

loading...
 
Top