Salah satu warisan dari kebudayaan Indonesia adalah batik dan hal tersebut merupakan suatu kebanggaan jika kita sebagai anak bangsa menggunakannya juga dalam sehari-hari. Memang tidak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari, namun jenis baju ini bisa anda gunakan untuk beberapa keperluan tertentu saja, misalnya bekerja, mengunjungi acara bertajuk formal, dan lain sebagainya.

"Adele dan Batik"
Adele dan Batik

Sekarang ini, model baju batik juga sudah bermacam-macam dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan dunia fashion. Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah, yaitu dengan belanja online pada situs jual beli online terpercaya yang bisa diakses hanya dengan menggunakan gadget anda saja. Membelinya memang gampang, namun mencari yang paling sesuai dan pas untuk Anda memang sedikit lebih sulit. Untuk itu, jika anda ingin mendapatkan yang benar-benar cocok untuk anda, maka perhatikanlah beberapa hal ini:

1. Ukuran
Ketika membeli pakaian, hal yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah ukurannya. Jika baju batik anda memiliki ukuran yang pas dengan anda, yakni tidak terlalu kebesaran dan juga tidak terlalu sempit, maka pastinya baju tersebut akan terasa sangat nyaman ketika digunakan dan pastinya anda akan merasa puas karena mendapatkan batik yang paling sesuai dengan anda. Jika membelinya secara langsung, anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Namun, jika anda membelinya melalui situs belanja online, maka anda bisa membaca detil ukuran produk yang tertera pada deskripsinya.

2. Bahan Pembuat
Baju batik memang memiliki corak yang bervariasi, namun selain itu bahan yang digunakan untuk membuat pakaian tentunya berbeda-beda. Jika Anda ingin menggunakan jenis pakaian yang bisa membuat terlihat mewah, maka anda bisa menggunakan batik yang berbahan sutra. Jika untuk sehari-hari saja agar terlihat formal, maka anda bisa memilih yang terbuat dari katun. Bahan tersebut sangat terkenal nyaman untuk digunakan karena dapat menyerap keringat dengan sangat baik dan memiliki model baju batik yang terlihat sederhana dan santai.

3. Budget
Hal lainnya yang membuat kenyamanan anda menjadi lebih sempurna adalah dengan membeli batik yang benar-benar sesuai dengan budget anda. Jangan karena anda ingin membeli baju batik yang memiliki merk terkenal, anda harus merogoh kocek yang sangat dalam dan di luar kemampuan anda. Pastikan untuk membeli baju batik yang memiliki harga biasa-biasa saja, yaitu yang bisa anda beli tanpa nantinya menyiksa anda. Jika ingin mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau, anda bisa mencarinya pada toko online atau pun menggunakan aplikasi jual beli online terpercaya.

4. Motif
Salah satu hal terpenting yang membuat Anda merasa nyaman dan mendapatkan batik yang sesuai dengan anda adalah memperhatikan motifnya. Sering kali ada beberapa motif yang menggunakan warna dasar yang tidak sesuai dengan warna kulit anda. Pastikan untuk mencari batik dengan warna dan juga motif yang senada dengan kulit anda serta kalau bisa memilih yang sesuai juga dengan porsi tubuh anda. Misalnya, dengan memilih batik dengan motif geometris agar tubuh terlihat proporsional.


Itulah beberapa tips yang harus sekali anda terapkan serta perhatikan jika menginginkan model baju batik yang paling tepat untuk anda kenakan. Memang beberapa di antaranya terlihat sangat sepele dan jarang diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Namun, semua hal di atas tentunya sangat penting demi memberikan anda rasa nyaman ketika mengenakannya, serta membuat anda juga merasa percaya diri saat menggunakan baju batik yang merupakan hasil warisan bangsa Indonesia.

Post a Comment

loading...
 
Top