Puisi: Kenangan (Karya Dimas Indiana Senja)

Puisi "Kenangan" karya Dimas Indiana Senja menggambarkan perjuangan internal seseorang untuk melepaskan diri dari beban masa lalu dan mencari ...
Kenangan

Aku ingin belajar melupakan
meluapkan segala yang terendap
terendam dalam kenangan

agar tak lagi ada sesal
sesak yang timbun
dan rimbun di ingatan

tentang janji yang belum tuntas
tunas-tunas harapan yang dulu
kau siram dengan rindu dan sendu.

Paguyangan, 2017

Analisis Puisi:

Puisi "Kenangan" karya Dimas Indiana Senja adalah refleksi yang dalam tentang perjuangan untuk melupakan kenangan yang menyakitkan dan membebaskan diri dari beban masa lalu.

Kesulitan Melupakan: Puisi dimulai dengan pengakuan bahwa penulis ingin belajar melupakan. Ini menggambarkan perjuangan yang dialami seseorang ketika mencoba untuk melepaskan diri dari kenangan yang menyakitkan.

Penumpukan Kenangan: Puisi menggambarkan bagaimana kenangan terendap dan terendam dalam ingatan, menciptakan beban emosional yang menyulitkan untuk dilupakan. Kata-kata seperti "sesal", "sesak", dan "rimbun" menggambarkan kekacauan yang disebabkan oleh kenangan yang tidak diinginkan.

Harapan yang Tidak Tuntas: Penyair merenungkan tentang janji yang belum tuntas dan harapan-harapan yang belum terwujud, yang disiram dengan rindu dan kesedihan. Ini menciptakan gambaran tentang kekecewaan dan penyesalan terhadap masa lalu.

Proses Penyembuhan: Meskipun puisi ini penuh dengan kesulitan, ada juga upaya untuk membebaskan diri dari beban masa lalu. Dengan mengungkapkan keinginan untuk melupakan dan melepaskan diri dari kenangan yang menyakitkan, penulis mencoba untuk memulai proses penyembuhan dan pemulihan diri.

Simbolisme dan Makna Mendalam: Kenangan dalam puisi ini mewakili beban emosional dan psikologis yang membebani pikiran seseorang. Melalui upaya untuk melupakan, penulis berusaha untuk membebaskan diri dari pengaruh negatif kenangan masa lalu dan mencari kedamaian batin.

Puisi "Kenangan" adalah puisi yang menyentuh yang menggambarkan perjuangan internal seseorang untuk melepaskan diri dari beban masa lalu dan mencari kedamaian dalam menghadapi kenangan yang menyakitkan. Ini adalah pengingat akan pentingnya membebaskan diri dari pengaruh negatif masa lalu dan merangkul proses penyembuhan dan pertumbuhan pribadi.

"Dimas Indiana Senja"
Puisi: Kenangan
Karya: Dimas Indiana Senja
© Sepenuhnya. All rights reserved.