loading...

Sepatu yang menarik menjadi salah satu fashion item penting bagi wanita modern. Apalagi bila Anda termasuk wanita modern yang aktif berkarier. Penampilan Anda harus ditunjang oleh penggunaan sepatu yang berkualitas dan modis.

"Kiat Praktis Merawat Sepatu Wanita Berbahan Suede"

Salah satu jenis sepatu wanita terbaru yang disukai adalah sepatu berbahan suede. Masih banyak orang menganggap bahan suede dan beludru sama. Padahal, keduanya terbuat dari material berbeda. Suede dibuat dari lapisan dalam kulit sapi. Sedangkan beludru asli terbuat dari serat sutra. Karena serat sutra semakin sulit diperoleh, kini beludru sering terbuat dari bahan nylon, polyester, atau rayon.

Selain membedakan suede dengan beludru, Anda juga harus memahami cara merawat sepatu berbahan suede. Supaya sepatu kesayangan Anda selalu bersih dan tampak seperti baru. Yuk, simak ulasan kiat berikut ini agar Anda mahir merawat sepatu suede:

Menyiapkan Produk Pelapis Khusus
Hal pertama yang wajib Anda lakukan bila membeli sepatu wanita terbaru berbahan suede adalah melindunginya dengan produk pelapis khusus. Ada produk pelapis berbentuk spray yang tinggal disemprotkan pada seluruh permukaan sepatu suede. Lapisan yang terbentuk dari spray tersebut akan melindungi permukaan sepatu suede selama beberapa bulan. Sehingga tekstur suede tidak mudah menyerap kotoran dan warnanya akan tampak seperti baru. Anda bisa mengulangi penggunaan produk pelapis tersebut bila manfaatnya mulai berkurang.

Menjauhkan Sepatu Suede dari Air
Sepatu berbahan kanvas memang bisa dibersihkan dengan air. Namun, tidak demikian halnya dengan sepatu suede. Bahan sepatu wanita terbaru ini justru tidak boleh terkena air secara langsung. Jangan sampai air bersih atau air hujan malah merusak tekstur sepatu suede Anda.

Kalau sepatu Anda terkena lumpur atau jenis kotoran lainnya, biarkan kotoran tersebut mengering dengan sendirinya. Kotoran pada permukaan suede akan lebih mudah mengelupas saat sepatu dalam keadaan kering.

Jangan Mencuci Sepatu Suede dengan Deterjen
Deterjen juga menjadi musuh utama sepatu suede. Kandungan deterjen berisiko merusak warna dan tekstur sepatu suede. Jadi, jangan sampai Anda mencuci sepatu suede dengan deterjen. Deterjen bubuk dan deterjen cair sama-sama bisa berdampak buruk bagi sepatu kesayangan Anda.

Menyikat secara Lembut
Menggunakan sikat berbulu kasar dan menyikat secara kencang juga berisiko merusak suede. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sikat berbulu lembut seperti sikat gigi bekas. Gunakan sikat berbulu lembut untuk menyikat sepatu suede dengan gerakan searah. Cara menyikat yang benar akan membantu membersihkan sepatu suede secara maksimal.

Membersihkan Noda dengan Cuka Putih
Noda pada permukaan sepatu suede kesayangan pasti membuat sepatu tersebut tampak kusam. Anda harus segera mengatasinya agar noda tersebut tidak melekat kuat. Gunakan sedikit cuka putih pada bagian sepatu yang bernoda. Lalu gosok dengan gerakan searah menggunakan handuk bersih. Lakukan hal tersebut terus-menerus sampai nodanya memudar dan sepatu suede Anda tampak kembali bersih.

Mengeringkan Sepatu Suede dengan Benar
Jangan panik jika sepatu suede Anda terkena tumpahan Air. Tepuk-tepuklah permukaan suede dengan handuk kering secara perlahan-lahan. Lalu taburkan tepung maizena atau bedak bayi pada bagian sepatu yang basah. Angin-anginkan sepatu suede di tempat teduh hingga semalaman. Keesokan harinya, Anda tinggal menggunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan sisa tepung atau bedak bayi pada sepatu tersebut.

Wah, ternyata merawat sepatu suede tak serumit yang Anda bayangkan, ya! Anda pasti tak ragu lagi memiliki sepatu wanita terbaru berbahan suede untuk menyempurnakan penampilan. Pilihlah sepatu suede dengan model favorit Anda agar nanti Anda makin percaya diri saat menggunakannya.

Post a Comment

loading...
 
Top