loading...

Sebagai orangtua, tentu saja sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang perkembangan si kecil dalam setiap usianya. Pasalnya, setiap usianya itu memiliki kemajuan dan perkembangan yang berbeda-beda.

"Tahap-tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi dari Usia 1-8 Bulan"

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang perkembangan dan pertumbuhan bayi, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini:

1. Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi pada Usia 1 Bulan
Di usianya yang 1 bulan, si kecil sudah bisa menggerakkan kepalanya ke arah kanan dan kiri dalam posisi tengkurap. Selain itu, ia juga sudah bisa menggenggam sesuatu objek dengan kuat, serta menatap apa saja yang dilihatnya. Dan yang lebih menggemaskannya lagi, ternyata si kecil dapat mengikuti pergerakan sesuatunya dengan mata loh.

2. Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi pada Usia 2 Bulan
Memasuki usia 2 bulan, si kecil sudah bisa menahan berat beban kepala dan leher dalam posisi terlungkup. Tak hanya itu, buah hati bunda juga sudah dapat mengoperasikan jari-jari tangannya dengan maksimal sehingga ia akan memukul-mukul tanpa arah. Saat sedang menginginkan sesuatu, misalnya ingin digendong, maka ia akan mengekspresikannya dengan cara menangis. Si kecil juga dapat tersenyum respontif yang disertai dengan kontak mata. 

3. Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi pada Usia 3 Bulan
Di usianya yang ke 3 bulan, si kecil sudah bisa menegakkan kepalanya saat digendong serta sudah bisa merasakan beban pada bagian kakinya. Saat bunda memberikan contoh gerakan tangan, maka si kecil juga akan menirukan gerakan tersebut. Ia juga sudah bisa menggenggam sesuatunya dengan kuat, dan sering menghisap ibu jarinya.

4. Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi pada Usia 4 Bulan
Inilah tahap-tahap yang paling menggemaskan, dimana si kecil sudah bisa tertawa dengan lepas serta sudah bisa mendorong badannya ke atas dalam posisi terlungkup. Dan yang lebih hebatnya lagi, si kecil sudah dapat duduk dengan tumpuan tangannya loh.

5. Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi pada Usia 5 Bulan
Ketika memasuki usia ke 5 bulan, si kecil sangat hobi mengguling-gulingkan tubuhnya ke arah kanan maupun ke kiri. Ia juga dapat memindahkan suatu benda dari tangan kanan ke tangan kirinya, serta sudah bisa berbicara meski belum jelas seperti "kakaka, tetete, bububu, nanana, lalala". Pada saat bunda akan pergi ke luar rumah, maka si kecil akan menangis (yang artinya dia ingin ikut).

6. Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi pada Usia 6 Bulan
Memasuki usia ke 6 bulan, buah hati bunda sudah dapat mengenali wajah orang-orang yang selalu dekat dengannya. Itu sebabnya, mengapa si kecil akan menangis jika berhadapan dengan orang yang tidak dikenalinya. Saat melihat sesuatu benda yang menurutnya menarik, maka ia akan meraihnya dengan menggunakan tangan. Selain itu, si kecil sangat senang apabila ada orang terdekatnya mengajak bermain.

7.  Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi pada Usia 7 Bulan
Si kecil sudah mampu duduk sendiri tanpa bertumpu pada benda apapun, serta dapat bergerak bertahap dengan cara merangkak. Ia juga sudah bisa berbicara secara kompleks, serta akan merespon semua ekspresi dan emosi dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

8. Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi pada Usia 8 Bulan
Si kecil akan menolehkan kepala saat ada yang memanggil namanya, serta sudah dapat merespon semua kata-kata yang didengarnya. Perlu bunda ketahui juga, bahwa di usianya yang ke 8 bulan ini si kecil sangat menyukai permainan yang interaktif.

Itulah beberapa tahap mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi dari usia 1-8 bulan.

Post a Comment

loading...
 
Top