Puisi: Nak, Tak Ada yang Bisa Mengubahmu (Karya D. Kemalawati)

Puisi "Nak, Tak Ada yang Bisa Mengubahmu" karya D. Kemalawati adalah sebuah ungkapan cinta dan penerimaan seorang ibu terhadap anaknya. Puisi .....
Nak, Tak Ada yang Bisa Mengubahmu
(19 Tahun Fathurrahman Helmi)

Nak, sejak dalam rahim
Ibu tak ingin menduga-duga 
lelaki atau perempuankah
hitam atau putihkah
satu, dua atau berapakah
 engkau di dalam sana

Nak, sejak engkau lahir
Ibu berjanji
tak akan mengubah apapun darimu
kecuali memotong kuku panjangmu
karena akan mencakar wajahmu sendiri
ibu tak ingin darah menitis
dari tajam kukumu itu

Nak, sejak engkau sudah mampu
membedakan pahit, manis, pedas
dan asam di lidahmu
Ibu berusaha memasak makanan seleramu
tak memaksa apapun
yang engkau tak mau

Nak, sejak engkau sudah memilih
jalan yang kau tuju
Ibu tak menghalangi
kemana langkah membawamu pergi
karena ibu yakin
tak akan mengubah apapun darimu
selain apa yang Tuhan mau.

Banda Aceh, 21 Juni 2014

Analisis Puisi:
Puisi "Nak, Tak Ada yang Bisa Mengubahmu" karya D. Kemalawati adalah sebuah ungkapan cinta dan penerimaan seorang ibu terhadap anaknya. Puisi ini menggambarkan kesetiaan seorang ibu untuk menerima anaknya apa adanya, tanpa mencoba mengubahnya, serta memberikan kasih sayang yang tak terbatas.

Sejak dalam Rahim: Puisi ini dimulai dengan menggambarkan komitmen ibu sejak anak tersebut masih dalam kandungan, di mana ibu tidak ingin menduga-duga atau mencari tahu apakah anaknya lelaki atau perempuan, dan berapa banyak mereka di dalam kandungan. Ini menunjukkan bahwa kasih sayang seorang ibu telah hadir bahkan sebelum anak tersebut lahir ke dunia.

Tidak Mengubah Apapun darimu: Penyair menyatakan dengan jelas bahwa ibu tidak akan mengubah apapun dari anaknya, kecuali memotong kuku panjang anak itu agar tidak mencakar wajahnya sendiri. Ini mencerminkan perasaan ibu yang ingin melindungi anaknya dari bahaya dan menjaga kebersihan serta kesehatannya. Selain itu, penekanan bahwa ibu tidak ingin mengubah apapun dari anaknya menunjukkan penerimaan kasih ibu yang mendalam atas kepribadian dan sifat anaknya.

Memberikan Kebebasan dan Pilihan: Puisi ini juga menunjukkan bagaimana ibu memberikan kebebasan dan pilihan kepada anaknya. Ketika anak sudah mampu membedakan rasa makanan, ibu berusaha memasak makanan yang sesuai dengan selera anak, tanpa memaksa atau memaksakan apapun yang anak tidak mau. Ini menunjukkan perhatian ibu terhadap keinginan dan kebutuhan anaknya.

Tidak Menghalangi Langkah Perjalanan Hidup: Puisi ini menyatakan bahwa ibu tidak akan menghalangi langkah perjalanan hidup anaknya. Ibu mendukung anak dalam memilih jalan hidupnya sendiri dan percaya bahwa tak ada yang bisa mengubah anak kecuali kehendak Tuhan. Pesan ini menunjukkan keyakinan ibu pada potensi dan kemampuan anaknya serta cinta kasih yang tidak membatasi pilihan hidupnya.

Puisi "Nak, Tak Ada yang Bisa Mengubahmu" karya D. Kemalawati adalah sebuah ungkapan cinta dan penerimaan seorang ibu terhadap anaknya. Puisi ini menyampaikan bahwa sejak dalam rahim, ibu telah menerima anaknya apa adanya dan tidak akan mengubahnya kecuali untuk melindunginya. Ibu memberikan kebebasan, pilihan, dan dukungan dalam perjalanan hidup anaknya serta percaya bahwa tak ada yang bisa mengubah anak kecuali kehendak Tuhan. Pesan kasih sayang dalam puisi ini memberikan inspirasi tentang arti kasih ibu yang tulus dan tak terbatas.

Puisi
Puisi: Nak, Tak Ada yang Bisa Mengubahmu
Karya: D. Kemalawati
© Sepenuhnya. All rights reserved.