Koperasi simpan pinjam merupakan solusi Anda yang membutuhkan pinjaman dana untuk pembangun dan mengembangkan usaha. Cukup dengan menjadi anggota koperasi Anda sudah bisa mengajukan pinjaman dana ke koperasi dengan proses yang lebih mudah dari pada bank. Pertanyaannya apakah hal tersebut aman? Berikut ini beberapa alasan kenapa meminjam dana ke koperasi lebih aman dari pada bank.

Meminjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam

Alasan Meminjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam Lebih Aman

1. Manajemen Baik
Di era modern seperti sekarang fungsi koperasi tidak hanya fokus untuk menyalurkan dana kepada anggotanya saja, namun harus bisa membantu pengaturan penggunaan dana tersebut. Untuk orang yang baru ingin memulai sebuah usaha tentu masih ada kesulitan untuk menggunakan pinjaman dana secara maksimal. Di sinilah kemudian peran koperasi untuk membantu mereka agar mampu memanajemen anggarannya dengan baik. Jadi mereka yang meminjam dana dapat terhindar dari masalah yang sering terjadi seperti terjerat hutang atau usaha yang bangkrut.

2. Suku Bunga Rendah
Setiap koperasi simpan pinjam mungkin memiliki sistem suku bunga yang berbeda-beda. Namun yang pasti koperasi memiliki tingkat suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan bank atau perusahaan multifinance lainnya. Hal ini sesuai dengan fungsi utama dari koperasi yaitu mensejahterakan anggotanya. Dengan sistem nilai bunga flat, bunga menurun, bunga menurun efektif, dan bunga anuitas sehingga Anda lebih nyaman saat melakukan pinjaman. Selain itu pembayaran kreditnya juga menjadi lebih mudah karena Anda tidak akan terbebani oleh tagihan bunganya. 

3. Tanpa Jaminan
Meskipun tidak semua mempraktekkannya, untuk pinjaman dengan nominal tertentu ada beberapa koperasi yang bahkan akan memberikannya tanpa membutuhkan jaminan. Apalagi jika Anda memiliki track record yang sangat bagus, manajemen koperasi akan lebih percaya untuk memberikan pinjaman meskipun tanpa jaminan sekalipun. Selain syaratnya yang sama-sama mudah, dengan tanpa adanya jaminan tentu sangat membantu Anda yang memang sedang menghadapi masalah finansial.

4. Dijalankan Sesuai Syariah
Untuk hal ini juga tidak semua koperasi simpan pinjam memakainya sebagai dasar operasinya. Namun untuk koperasi tertentu seperti Pracico memiliki produk pinjaman yang berdasarkan ekonomi syariah. Tentu akan menenangkan bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman dana namun ragu karena kemungkinan ada unsur riba. Produk pinjaman koperasi yang sesuai prinsip syariah akan dikelola dengan baik mulai dari transparansi perjanjian, penempatan dana, dan penyaluran dana. 

5. Saling Menguntungkan
Prinsip saling menguntungkan merupakan hal penting dalam melakukan transaksi tertentu. Dengan prinsip tersebut maka pihak peminjam dan pemilik dana harus bisa saling menjaga kepercayaan sehingga tidak ada unsur paksaan di dalamnya. Tanpa adanya paksaan membuat mekanisme bertransaksi menjadi lebih amanah dan berintegritas.

6. Terhindar Dari Praktek Rentenir
Rentenir merupakan musuh terbesar bagi mereka yang tidak bisa menggunakan dana pinjaman dengan baik. Meminjam dana dari koperasi simpan pinjam yang memiliki manajemen baik dan modern akan menghindarkan Anda dari praktek rentenir. Alasannya adalah terdapat transparasi mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku maupun informasi tambahan kedepannya sehingga Anda bisa mengatur dana pinjaman secara efisien.

Itu tadi jawaban untuk Anda yang masih bertanya-tanya soal aman atau tidaknya meminjam uang di koperasi simpan pinjam. Salah satu koperasi yang bisa Anda jadikan referensi adalah koperasi Pracico. Dengan manajemen yang berkualitas serta modern Pracico siap memberikan solusi untuk masalah keuangan Anda.
Loading...

Post A Comment:

0 comments: